SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN DAN INVESTASI BAGI GEN Z

Authors

  • Fajra Octrina Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Nora Amelda Rizal Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Astrie Krisnawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Ratih Hendayani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16751

Keywords:

Generation Z, Investment, Financial Literacy.

Abstract

Abstrak: Sebagai generasi internet, sudah seharusnya Generasi Z memiliki pengetahuan tentang literasi keuangan dan investasi, dengan begitu mereka akan mampu membuat keputusan keuangan yang baik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan literasi keuangan dan investasi bagi Generasi Z. Kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab serta pengisian kuesiner. Peserta kegiatan merupakan siswa SMK di daerah Sumedang Jawa Barat, dengan jumlah peserta sebanyak 26 orang. Berdasarkan hasil kuesioner diperoleh hasil bahwa masih banyak siswa yang belum pernah mngetahui atau mencari tahu tentang literasi keuangan, dan investasi. Secara keseluruhan sosialisasi ini telah meningkatkan pengetahuan peserta dan 65.38% peserta merasa pengetahuanya sangat bertambah.

Abstract: As the internet generation, Generation Z should have knowledge about financial literacy and investment, so they will be able to make good financial decisions. This Community Service activity aims to socialize financial and investment literacy for Generation Z. The training is carried out using the socialization method, followed by discussion and question and answer as well as filling out a questionnaire. The activity participants were SMK students in the Sumedang area, with 26 participants. Based on the results of the questionnaire, it was found that there were still many students who had never known or found out about financial literacy and investment. Overall this socialization has increased the participants' knowledge and 65.38% of the participants felt that their knowledge had greatly increased.

 

References

Alamsyah, V. U., Tannia, T., Alexander, O., & Phuanerys, E. C. (2021). Pelatihan dan Edukasi Manajemen Keuangan dan Investasi di SMA Strada Bhakti Wiyata. Jurnal Abdimas PHB, 4(1).

Amari, M., Salhi, B., & Jarboui, A. (2020). Evaluating the Effects of Sociodemographic Characteristics and Financial Education on Saving Behavior. International Journal of Sociology and Social Policy, 40(11/12), 1423–1438. https://doi.org/10.1108/IJSSP-03-2020-0048

Ariska, S. N., Jusman, J., & Asriany, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Tekhnologi dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Owner, 7(3), 2662–2673. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1472

Aziz, I., Ardaninggar, S. S., Martono, A., Damayanti, R., Tri, B. S., Rahmi, A., Putri, D. N., Nuraeni, I., Gustriani, R. I., & Pambudi, K. (2022). Manajemem Keuangan dan Investasi Sejak Dini Bagi Pelajar SMK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) – Aphelion, 2(2).

Csobanka, Z. E. (2016). The Z Generation. Acta Technologica Dubnicae, 6(2), 63–76. https://doi.org/10.1515/atd-2016-0012

Dieguez-Soto, J., Martınez-Romero, M. J., Corten, M., & Michiels, A. (2021). The Impact of The CEO’s Financial Literacy on Family SMES’ Growth: The Moderating Role of Generational Stage. 17(1), 89–106. https://doi.org/10.1108/BJM-01-2021-0003

Dirman, A., Hakim, A., & Setiany, E. (2022). Edukasi dan Pelatihan Investasi Keuangan Untuk Pelajar Sebagai Investor Pemula di SMK Al-Ihsan Jakarta Barat. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 73–77. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15442

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies.

Krystianti, L., Nurfadila, A., & Dianita, R. (2022). Pentingnya Edukasi Untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Pada Remaja Guna Mengatur Keuangan Pribadi Serta Investasi di Masa Yang Akan Datang.

KSEI. (2023). Statistik Pasar Modal Indonesia. Kustodian Sentral Efek Indonesia. https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_-_Juni_2023_v4.pdf

Kunaifi, A., & Akbar, A. N. F. (2019). Financial Knowledge and Millennials Investing Behaviors in Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora, 0(01), 26. https://doi.org/10.12962/j24433527.v0i01.5768

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 2(1), 49. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v2i1.1524

Liu, L., & Hua. (2021). Financial Literacy, Self-efficacy and Risky Credit Behavior among College Students: Evidence from Online Consumer Credit. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 32. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2021.100569

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Perwitasari, A. W., Cahyono, H., Risfanasari, L., & Salsabila, R. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Pasar Modal bagi Siswa SMA/SMK di Gresik. Jurnal Abdidas, 4(1), 108–113. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i1.762

Philippas, N. D., & Avdoulas, C. (2020). Financial literacy and financial well-being among generation-Z university students: Evidence from Greece. The European Journal of Finance, 26(4–5). https://doi.org/10.1080/1351847X.2019.1701512

Rosdiana, R. (2020). Investment Behavior In Generation Z And Millennial Generation. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(5), 766–780. https://doi.org/10.38035/dijefa.v1i5.595

Safii, M. A., Pratama, V. Y., & Devy, H. S. (2022). New Investor Literation Program Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Investasi Pasar Modal Siswa SMA Negeri 2 Pemalang. Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 310–318. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.96

snki.go.id. (2022, Oktober). SNLIK OJK 2022: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat. https://snki.go.id/snlik-ojk-2022-indeks-literasi-dan-inklusi-keuangan-masyarakat-meningkat/

Stillman, D., & Stillman, J. (2017). Gen Z @ Work: How the Next Generation Is Transforming the Workplace. Harper Business, an imprint of Harper Collins Publishers.

Stolper, O. A., & Walter, A. (2017). Financial Literacy, Financial Advice, and Financial Behavior. Journal of Business Economics, 87(5), 581–643. https://doi.org/10.1007/s11573-017-0853-9

tribunnews.com. (2023, July 16). Hingga Juni 2023, Kota Bandung Posisi Pertama Sebaran Investor Pasar Modal di Jawa Barat. https://jabar.tribunnews.com/2023/07/16/hingga-juni-2023-kota-bandung-posisi-pertama-sebaran-investor-pasar-modal-di-jawa-barat

Published

2023-09-21

Issue

Section

Articles