PELATIHAN PEMBUKUAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM BINAAN LAZISMU KOTA MEDAN

Authors

  • Isra Hayati Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Syahrul Amsari Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ahmad Afandi Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16907

Keywords:

MSMEs, Lazismu, Warung Books, Digital Marketing, Community Service.

Abstract

Abstrak: Penggunaan aplikasi mobile dalam pencatatan keuangan digital berbasis mobil dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas UMKM. Dengan aplikasi pencatatatan keuangan dengan aplikasi mobile memberikan beberapa manfaat bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam kegiatan ini dilakukan pelatihan terhadap 30 pelaku UMKM Binaan Lazismu Kota Medan, terkait manajemen pembukuan keuangan dan pemasaran digital. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan tentang pembukuan keuangan melalui Aplikasi BukuWarung dan pemasaran digital untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam memasarkan usahanya melalui media digital. Metode yang digunakan mencakup tahap pra-kegiatan, pelatihan dan pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Hasilnya sebesar 63% peserta merasakan dampak pelatihan ini terhadap peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta dalam pengelolaan pembukuan dan strategi pemasaran digital.

Abstract: Using mobile applications in car-based digital financial recording can increase the efficiency and effectiveness of MSMEs. The financial record application, with a mobile application, provides several benefits for micro, small, and medium enterprises (MSMEs). In this activity, training was carried out on 30 MSME actors assisted by Lazismu Medan City, related to financial bookkeeping management and digital marketing. This service aims to provide training on financial bookkeeping through the BukuWarung Application and digital marketing to improve their skills in marketing their business through digital media. The methods used include the pre-activity stage, training and mentoring, and monitoring and evaluation. The result was that 63% of participants felt the impact of this training on increasing participants' knowledge and understanding of bookkeeping management and digital marketing strategies.

References

Afandi, A., & Mursyid, F. H. (2022). Training for improving employee work ethics after the Covid-19 pandemic at the Faculty of Dentistry, University of North Sumatra. Community Empowerment, 7(5), 818–822. https://doi.org/10.31603/ce.7041

Amsari, S., Hayati, I., & Afandi, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Ekonomi Mustahik Melalui Program Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pasca Pandemi Covid-19 Pada Lazismu Kota Medan. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 974–981. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i3.974-981

Anwar, A. S. H., Amalia, F. A., & Oktavendi, T. W. (2021). Automasi Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 2(1), 77–81. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i1.13247

Aryanto, A., & Farida, I. (2021). Persepsi Pengguna Aplikasi Pencatatan Keuangan Berbasis Android pada UMKM di Kota Tegal. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, Vol. 14 No. 2 (2021), 281–290. https://doi.org/10.35143/jakb.v14i2.4713

Atmaja, H., Jalunggono, G., & Verawati, D. M. (2021). Pelatihan Laporan Keuangan Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v1i1.209

Damayanti, A., Nelyumna, Widyaningsih Azizah, & Bella Rusania Tisan Lie. (2021). Pembukuan Keuangan UMKM Binaan Posdaya Cempaka. SULUH: Jurnal Abdimas, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.35814/suluh.v3i1.2427

Danford, S., Kasubi, J., & Kisumbe, L. (2014). A Challenge of Business Record Keeping for Tanzania Small and Medium Enterprises (SMEs): A Case of Madukani Ward-Dodoma Region. European Journal of Business and Management, 6(38), 82–88. www.iiste.org

Hassan, R., Syahrin, M., Rahaman, A., Rosmadi Mokhtar, M., & Aman, A. (2013). Mobile Accounting Version 1 Design of Mobile Costing Application for MSMEs Using Android.

Iriyadi, I., Maulana, M. A., & Yayuk, N. (2018). Financial Reporting for Micro Small and Medium Enterprises Towards Industrial Revolution Era 4.0. 32–38.

Kurniawan, A., & Asharudin, M. (2018). Small And Medium Enterprises (SMES) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 1(2), 115–120. https://doi.org/10.23917/mijeb.v1i2.9367

M, N., & OH, B. (2017). An Analysis of Bookkeeping Practises of Micro-Entrepreneurs in the Retail Clothing Industry in Cape Town, South Africa. Journal of Entrepreneurship & Organization Management, 06(02). https://doi.org/10.4172/2169-026X.1000216

Maharani, B., Saputri, A. Y., Wardani, A. K., Astuti, W. W., A’idah, W. L., & Pangestu, F. A. (2022). Penyuluhan Dan Pelatihan Pemasaran Digital, Adminitrasi Keuangan Dan Hak Kekayaan Intelektual Bagi Pelaku Umkm Di Desa Madyocondro. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60–68. https://doi.org/10.52266/taroa.v1i1.768

Muhtadin, Bahruddin, I., Rizki, M., Qurratul, R., & Wiwik Rahayu, A. (2021). Sosialisasi Manajemen Bisnis Syariah Dan Pendampingan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bukuwarung Pada Warung/Toko Di Kelurahan/Desa Kecamatan Senyerang. www.ejornal.an-nadwah.ac.id

Mutoharoh, Winarsih, & Zahrah Buyong, S. (2020). Digitalization Of Accounting Information Impact On MSMEs’ Profitability And Productivity. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 5(2), 867. https://doi.org/10.31093/jraba.v5i2.233

Nikunen, T., Saarela, M., Oikarinen, E.-L., Muhos, M., & Isohella, L. (2017). Micro-Enterprises’ Digital Marketing Tools for Building Customer Relationships. Management, 171–188. https://doi.org/10.26493/1854-4231.12.171-188

Rusmianto. (2011). Studi Pendahuluan Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah ESAI, 5(1).

Suliswanto, M. S. W., & Rofik, M. (2019). Digitalization Of Micro, Small &Amp; Medium Enterprises (MSMEs) In East Java, Indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.23917/mijeb.v2i1.9380

Susilowati, S., & Sigit, A. R. (2020). Design and Build Daily Android-Based Financial Applications. International Journal of Information System & Technology Akreditasi, 3(2), 159–165.

Tamiru Tefera, K. (2018). Perceptions of Financial Records Keeping and Reporting Practices Among Micro and Small Enterprises’. In Research Journal of Finance and Accounting www.iiste.org ISSN (Vol. 9, Issue 23). Online. www.iiste.org

Yusanto, Y. (2022). Sosialisasi Pembukuan Keuangan Menggunakan Aplikasi BukuWarung bagi Pelaku Usaha Warung Sembako di Desa Cisitu Kabupaten Serang Banten. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(1), 69. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.4844

Published

2023-09-21

Issue

Section

Articles