PENINGKATAN KAPASITAS WARGA SEKOLAH DI KAWASAN RAWAN BENCANA DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA GUNUNG API

Authors

  • Agung Nugroho Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Muryaningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aji Heru Muslim Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Irawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16963

Keywords:

Empowerment, School Citizens, Disaster Risk Area.

Abstract

Abstrak: Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langusng dengan Gunung Slamet sebagai salah satu gunung api aktif di Pulau Jawa. Oleh karenanya pengetahuan kebencanaan menjadi kebutuhan mutlak bagi seluruh lapisan masyarakat yang berada di daerah rawan bencana termasuk siswa sebagai calon generasi penerus dalam rangka mengurangi resiko dampak dari bencana tersebut. Permasalahan yang dialami mitra yaitu belum terlaksananya pelatihan mitigasi bencana secara rutin dalam menghadapi potensi bencana gunung meletus. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan kebencanaan dan keterampilan warga dalam menghadapi potensi bencana gunung api. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di MI Muhammadiyah Gandatapa, Banyumas yang berada di kawasan resiko bencana. Jumlah peserta sebanyak 22 orang. Kegiatan dilaksankan dengan dua tahapan, tahap pertama berupa workshop atau pemaparan dari dua narasumber yang memang mendalami kajian mitigasi. Tahap kedua berupa praktek mitigasi yang diikuti oleh siswa sebagai peserta dalam pelatihan ini. Evaluasi kegiatan berupa pemberian angket setelah kegiatan selesai. Rangkaian kegiatan berjalan baik dan hasil dari pengisian angket peserta dapat disimpulkan bahwa respon peserta kegiatan sangat baik. Ada peningkatan dari pemahaman mitigasi bencana gunung meletus serta pengalaman praktek simulasi yang awalnya hanya 11% dari peserta pernah ikut simulasi menjadi 100%.

Abstract: Banyumas is one of the regencies directly adjacent to Mount Slamet, one of the active volcanoes on the island of Java. Therefore disaster knowledge is an absolute necessity for all levels of society who are in disaster-prone areas, including students as candidates for the next generation in order to reduce the risk of the impact of the disaster. The problem experienced by partners is that they have not carried out routine disaster mitigation training in dealing with potential volcanic eruption disasters. Service activities are carried out through disaster mitigation training to provide disaster knowledge for residents of MI Muhammadiyah Gandatapa, Banyumas who are in disaster risk areas. The number of participants was 22 people. The activity was carried out in two stages, the first stage was in the form of a workshop or presentations from two resource persons who really studied mitigation studies. The second stage is in the form of mitigation practices followed by students as participants in this training. Evaluation of activities in the form of giving questionnaires after the activity is complete. The results of filling out the participants' questionnaire can be concluded that the understanding of volcanic eruption disaster mitigation after the participants attended the training was in the good category.

References

Alim, A. N. A. H., Rahmayanti, H., Achmad, H., Ichsan, I. Z., Giry, M., Mashudi, A., Susilo, Babu, R. U. M., & Rahman, M. M. (2020). Environmental Disaster Education at University : An Overview in New Normal of COVID-19. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(8), 714–719.

Asgarizadeh Lamjiry, Z., & Gifford, R. (2022). Earthquake Threat! Understanding the Intention to Prepare for the Big One. Risk Analysis, 42(3), 487–505. https://doi.org/10.1111/risa.13775

Asiah, S., Asofi, T. S., Setyowati, D. L., Suharini, E., Hashim, M., & Nayan, N. (2023). Earthquake Disaster Education to Students of Senior High School Using Role Playing Learning Model. International Journal of Social Learning (IJSL), 3(2), 173–187. https://doi.org/10.47134/ijsl.v3i2.108

Bashori, I. (2013). Peran Guru Terhadap Kesiapsiagaan Sekolah Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Askah Publikasi Karya Ilmiah; Universtas Muhammadiyah Surakarta.

Budiarti, S. H., & Rahmasari, A. (2018). Trauma Healing Bagi Masyarakat Lombok Pasca Musibah Gempa Pulau Seribu Masjid. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 171. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1342

Casman, C., Mahanani, D., Dewi, N. A., Budianto, E. T., Lisnadiyanti, L., Rakhmawati, N. E., Fatimah, G. N., Muzaki, A., Adriansyah, M., & Usemahu, Y. F. (2023). Gambaran Kesehatan Dan Trauma Healing Guna Mengurangi Kecemasan Pada Anak Pasca Gempa Bumi Cianjur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 722. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12635

Damanik, I. I., Setiawan, B., Roychansyah, M. S., Arsitektur, P., Arsitektur, F., Kristen, U., Wacana, D., Arsitektur, D., Teknik, F., Mada, U. G., Sosiologi, P., Ilmu, F., Politik, I., & Mada, U. G. (2019). Community ’ s Perception about Disaster in Urban Kampung Environment of Yogyakarta. Permukiman, 14(1), 35–44.

Harahap, A. (2019). Peran Sekolah untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Alam Gunung Meletus pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo. Skripsi; Universitas SUmatera Utara.

Ina, A. S., Yulifah, R., & Susmini. (2018). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Erupsi Gunung Kelud Pada Fase Mitigasi. Nursing News, 3, 758–765.

Jati, W. R. (2013). Analisis Penanggulangan Bencana Berbasis Perspektif Cultural Theory. Dialog Penanggulangan Bencana, 4(1), 1–12.

Leutualy, V., Sumah, D. F., Tasijawa, F. A., Tubalawony, S. L., Sopacua, D. T., Yeslin, V., Herwawan, J. H., Manuhutu, F., & Thenu, A. A. (2023). Gempa Bumi Dan Tsunami. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1847–1856.

Liesnoor Setyowati, D., Surya Pratiwi, E., Dese Imanuel Adi Papa Yohanes, K., Rahma, A., & Studi Geografi, P. (2021). Assistance of Disaster Preparedness Village Through Landslide Disaster Education. Journal of Character Education Society, 4(1), 573–582. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Mubarak, A. F., Amiruddin, R., & Gaus, S. (2019). The effectiveness of disaster prevention and mitigation training for the students in disaster prone areas. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 235(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/235/1/012055

Nirwansyah, A. W., & Nugroho, A. (2015). Pengembangan model pembelajaran mitigasi bencana gunung api selamet bagi siswa MI Muhammadiyah Singasari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2015, 36–40.

Nugroho, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus Di Sekolah Dasar Lereng Gunung Slamet. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 131–137. https://doi.org/10.36341/jpm.v1i2.413

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90–100. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2304

Nugroho, A., Hawanti, S., & Pamungkas, B. T. (2021). Kontribusi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1690–1699. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.969

Ong, A. K. S., Prasetyo, Y. T., Lagura, F. C., Ramos, R. N., Sigua, K. M., Villas, J. A., Young, M. N., Diaz, J. F. T., Persada, S. F., & Redi, A. A. N. P. (2021). Factors affecting intention to prepare for mitigation of “the big one†earthquake in the Philippines: Integrating protection motivation theory and extended theory of planned behavior. International Journal of Disaster Risk Reduction, 63(July), 102467. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102467

Pawestriana, F. (2016). Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Letusan Gunungapi Slamet di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng. Community Knowledge in Disaster Mitigation the Eruption of Slamet Volcano in Melung Village, Kedungbanteng District, Banyumas Regency, 5(2), 17–24. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/article/view/1907/0

Pradana, E. W., Sangadji, S., Rifai, M., & ... (2021). Mewujudkan resiliensi masyarakat terhadap bencana gempa bumi melalui edukasi hunian tahan gempa. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(6), 4–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5522%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5522/pdf

Saito, M., Ohara, M., Tsukada, Y., Abdula, M., & Das, S. (2017). Development of Community-based Disaster Prevention and Mitigation Program for Volunteer Leaders of Villages in Disaster-prone Area of Bangladesh. International Journal of Nursing & Clinical Practices, 4(1). https://doi.org/10.15344/2394-4978/2017/240

Setyari, F. I. (2012). Pemahaman Masyarakat Terhadap Tingkat Kerentanan Bencana Tanah Longsor Di Desa Tieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. In Skripsi; Universitas Ngeri Yogyakarta.

Shiwaku, K. (2014). Comparative study on teacher training for school disaster management in Armenia and Japan. Disaster Prevention and Management: An International Journal, 23(2), 197–211. https://doi.org/10.1108/DPM-12-2012-0144

Siti Sarah, F. W. (2019). Kesiapsiagaan Guru Dalam Implementasi Psikologis Siswa Akibat Bencana Alam. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(01), 85–92.

Suhardjo, D. (2015). Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana Dalam Mengurangi Resiko Bencana. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 174–188. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4226

Suku, Y. L., Wora, M., Radja, V. M., A. S, T. A., Nissanson, M. Y., Siso, S. M., & Ari, E. A. (2022). Optimalisasi Mitigasi Bahaya Gempa Bumi Melalui Penyuluhan Rumah Tahan Gempa Di Kelurahan Rewarangga Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1030. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6970

Supartini, E., Kumalasari, N., Andry, D., Susilastuti, Fitrianasari, I., Tarigan, J., Haryanta, A. A., & Nugi, R. (2017). Buku Pedoman latihan kesipasiagaan bencana “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana". In Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan. https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6031

Syamsidik, Oktari, R. S., Nugroho, A., Fahmi, M., Suppasri, A., Munadi, K., & Amra, R. (2021). Fifteen years of the 2004 Indian Ocean Tsunami in Aceh-Indonesia: Mitigation, preparedness and challenges for a long-term disaster recovery process. International Journal of Disaster Risk Reduction, 54(November 2020), 102052. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102052

Wicaksono, R. D., & Pangestuti, E. (2019). Analisis Mitigasi Bencana Dalam Meminimalisir Risiko Bencana. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 71(1), 8–17.

Wirmando, W., Patarru’, F., & Saranga’, J. L. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Melalui Edukasi Dan Simulasi Menggunakan Tabletop Disasster Exercise. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2166. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8244

Yustisia, N., APRILATUTINI, T., & UTAMA, T. A. (2019). Pengaruh Simulasi Menghadapi Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Sdn 86 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 32–38. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.888

Zahara, S. (2019). Peran sekolah dalam pendidikan migitasi bencana di sekolah menengah atas. Jurnal Pencerahan, 13(2), 144–155. http://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/download/5/5

Zulfa, A., & Firmansyah, N. A. (2019). Tingkat Pengetahuan Mitigasi Bencana ( Hidrologis dan Geologi ) dalam Lingkup Masyarakat di Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional GEOTIK, 264–268.

Published

2023-09-21

Issue

Section

Articles