PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MASYARAKAT KURANG MAMPU DI KABUPATEN LOMBOK BARAT PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.17Keywords:
Motivasi, MTs, SMK, StrategiAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan motivasi, rangsangan dan latihan Bahasa Inggris bagi masyarakat kurang mampu khususnya siswa-siswi yang sedang belajar di sekolah menengah pertama dan madrasyah Ibtidaiyah serta sekolah menengah kejuruan. Khalayak sasaran strategis dari kegiatan ini adalah siswa-siswi yang ada di lingkungan Desa Kekeri Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 40 orang yang diambil secara acak dari semua siswa-siswi yang ada di daerah itu. Kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Mataram yang tergabung dalam tim penyuluhan. Materi penyuluhan meliputi cara menggunakan tata bahasa yang benar (grammar), pidato (speech), Berbicara (speaking) and Membaca (reading) sebagai bagian yang terpenting dalam pelajaran bahasa Inggris. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode gambar tentang strategi belajar bahasa Inggris menggunakan 5 materi diatas. Berdasarkan pengamatan dan tanya jawab pada saat kegiatan dilaksanakan dan setelah kegiatan dilaksanakan, siswa khalayak sasaran sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti semua proses kegiatan mulai dari ceramah, tanya jawab serta latihan. Bahkan setelah kegiatan dilaksanakan beberapa siswa mengungkapkan keinginannya untuk mendaftarkan diri mereka pada Universitas Muhammadiyah Mataram untuk belajar dan akan tetap menjadikan pelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa dunia.References
Anonim, Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Black, mary. S 3000. the geography of conection: bringing the world to students. In social Education; 64.4. Wilson Education Abstract. pp.354-358.
Leith, william. D. 1979. Advanced french conversation throught popular music and pictures. The french review 52: pp. 537-551.
Prevos, Andre, J. M. 1993, The new french popular music in the foreign language classroom, Conversation, culture, Americanisation in dimension: Language 92-93. pp. 25 – 41.
Rivers, wilga, M. 1989. Communicating naturally in a second language. Cambridge teaching Library.
Willis, Arlette, I. 3000. Keeping in real Teaching and learning about culture, literacy, and respect. In English Education; 42,4. Wilson Education Abstracts. pp. 267-277.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).