PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MASYARAKAT KURANG MAMPU DI KABUPATEN LOMBOK BARAT PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT

Authors

  • Lukman Lukman Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Asbah Asbah Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Hijril Hijril Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ramlah Ramlah Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurdin Nurdin Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.17

Keywords:

Motivasi, MTs, SMK, Strategi

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan motivasi, rangsangan dan latihan Bahasa Inggris bagi masyarakat kurang mampu khususnya siswa-siswi yang sedang belajar di sekolah menengah pertama dan madrasyah Ibtidaiyah serta sekolah menengah kejuruan. Khalayak sasaran strategis dari kegiatan ini adalah siswa-siswi yang ada di lingkungan Desa Kekeri Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 40 orang yang diambil secara acak dari semua siswa-siswi yang ada di daerah itu. Kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Mataram yang tergabung dalam tim penyuluhan. Materi penyuluhan meliputi cara menggunakan tata bahasa yang benar (grammar), pidato (speech), Berbicara (speaking) and Membaca (reading) sebagai bagian yang terpenting dalam pelajaran bahasa Inggris. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode gambar tentang strategi belajar bahasa Inggris menggunakan 5 materi diatas. Berdasarkan pengamatan dan tanya jawab pada saat kegiatan dilaksanakan dan setelah kegiatan dilaksanakan, siswa khalayak sasaran sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti semua proses kegiatan mulai dari ceramah, tanya jawab serta latihan. Bahkan setelah kegiatan dilaksanakan beberapa siswa mengungkapkan keinginannya untuk mendaftarkan diri mereka pada Universitas Muhammadiyah Mataram untuk belajar dan akan tetap menjadikan pelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa dunia.

References

Anonim, Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Black, mary. S 3000. the geography of conection: bringing the world to students. In social Education; 64.4. Wilson Education Abstract. pp.354-358.

Leith, william. D. 1979. Advanced french conversation throught popular music and pictures. The french review 52: pp. 537-551.

Prevos, Andre, J. M. 1993, The new french popular music in the foreign language classroom, Conversation, culture, Americanisation in dimension: Language 92-93. pp. 25 – 41.

Rivers, wilga, M. 1989. Communicating naturally in a second language. Cambridge teaching Library.

Willis, Arlette, I. 3000. Keeping in real Teaching and learning about culture, literacy, and respect. In English Education; 42,4. Wilson Education Abstracts. pp. 267-277.

Downloads

Published

2017-12-01

Issue

Section

Articles