EDUKASI PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA UNTUK PENCEGAHAN TRANSMISI PENYAKIT

Authors

  • Grace Tedy Tulak Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Syahrul Ramadhan STIKES Kurnia Jaya Persada Palopo
  • Alimatul Musrifah STIKES Kurnia Jaya Persada Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1702

Keywords:

Education, Handwashing behavior with soap, Disease prevention

Abstract

Abstrak: Anak usia sekolah mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perilaku mencuci tangan terutama di lingkungan sekolah. Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) masih menjadi perhatian dunia karena masih ditemukan masyarakat yang melupakan perilaku mencuci tangan. Fokus kegiatan CTPS adalah anak usia sekolah yang menjadi “Agen Perubahan†pada masa depan. Dalam kegiatan ini akan dilakukan edukasi cuci tangan pakai sabun kepada siswa MI As’adiyah dalam bentuk penyuluhan di kelas dan dilanjutkan dengan simulasi di lapangan dengan berpedoman pada 6 langkah cuci tangan. Sebelum melakukan kegiatan ini siswa MI As’adiyah belum mengetahui cara mencuci tangan pakai sabun sehingga kegiatan ini dinggap berhasil 100% berhasil karena semua siswa dapat mempraktekkan mencucuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar.

 

Abstract:  School-age children have a habit of not paying attention to handwashing behavior, especially in the school environment. Handwashing with soap habit is still the world’s attention because it is still found that people still forget to do handwashing behavior. The focus of CTPS activities is school children as “agents of change†in the future. In this activity, education will be carried out washing hands with soap to MI As'adiyah students in the form of counseling in class and followed by simulation in the field guided by the 6 steps of handwashing. Before doing this activity MI As'adiyah students did not know how to wash their hands use the soap so this activity could be 100% successful because all students could practice washing hands with soap properly and correctly.

Author Biography

Grace Tedy Tulak, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Fakultas Sains dan Teknologi

References

Apriany, D. (2012). Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Soedirman Journal of Nursing, 7(2), 60–66.

Berot, F. H. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Sehat Rumah Tangga Di Kelurahan Kubu Dalam 2016. UNES Journal of Social And Economics Research, 2(2), 195. https://doi.org/10.31933/ujser.2.2.195-207.2017

Depkes RI. (2008). No Title. (Rumah Tangga Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. (2013). Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(2), 75–82. https://doi.org/10.12928/kesmas.v7i2.1041

Diah Nur Anisa. (2012). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun pada anak usia sekolah di SD 2 Jambidan Banguntapan Bantul. 6–15.

Juliawan, D. G., Mirayanti, N. K. A., & Parwati, N. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.124

Khumayra, Z. H., & Sulisno, M. (2012). Perbedaan Pengetahuan Dan Sikap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Antara Santri Putra Dan Santri Putri. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 197–204.

Mardhianti, R. (2013). Pesan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(3). https://doi.org/10.35952/jik.v2i3.71

Nurochim, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Rural Melalui Pendidikan (Pelatihan Aplikasi Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013 ABAD 21). JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 126. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1344

Pauzan, P., & Fatih, H. Al. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cicadas 2 Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.31311/.V5I1.1458

Purwandari, R., Ardiana, A., & Wantiyah. (2013). Hubungan antara perilaku mencuci tangan dengan insiden diare pada anak usia sekolah di kabupaten jember. Jurnal Keperawatan, 4, 122–130.

Rifai, R., Wahab, A., & Prabandari, Y. S. (2016). Kebiasaan cuci tangan ibu dan kejadian diare anak : studi di Kutai Kartanegara. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(11), 409–414.

Rindafit, R. (2015). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Praktik Cuci Tangan Pada Anak Prasekolah Di Paud Darunnajah Tamansari Wuluhan Jember. KTI D3 KEPERAWATAN.

Sugiarto, S., Berliana, N., Yenni, M., & Wuni, C. (2019). Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang Cuci Tangan yang Baik dan Benar di SDN 37/I Kecamatan Bajubang. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), 1(2), 59. https://doi.org/10.30644/jphi.v1i2.266

Wati, R. (2011). Pengaruh pemberian Penyuluhan PHBS Tentang Mencuci Tangan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mencuci Tangan Pada Siswa Kelas V Di SDN Bulukantil Surakarta. In Perpustakaan UNS.

Published

2020-03-02

Issue

Section

Articles