EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA MELALUI DIKLAT BIDANG PELAYANAN PUBLIK DI SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17042Keywords:
Effectiveness, Government, Training, Public Service.Abstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa melalui diklat bidang pelayanan publik di Desa Mandalle Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan adalah “Ceramahâ€, yaitu Tim Pelaksana menyampaikan materi diklat bidang pelayanan publik yang terkait dengan prinsip partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Sumber data dan informasi yang diperoleh dari Aparat Desa Mitra sebanyak 10 orang. Hasil pengabdian ini menegaskan bahwa efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance, terutama prinsip partisipasi, telah mencapai tingkat optimal. Keberhasilan ini dicapai melalui berbagai kebijakan yang dirancang untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Meskipun beberapa kebijakan mungkin tidak selalu mendapatkan persetujuan dari semua pihak dan kadang-kadang berpotensi merugikan, namun secara keseluruhan, kebijakan-kebijakan ini memberikan manfaat yang lebih besar untuk kepentingan publik. Prinsip transparansi dalam pelayanan publik juga ditegakkan dengan usaha pemerintah dan aparatnya untuk beroperasi secara terbuka dan sesuai dengan aspirasi masyarakat, sementara prinsip akuntabilitas menjadi patokan sejauh mana pelayanan publik sesuai dengan standar nilai yang dijunjung tinggi. Hasil persentase kegiatan Diklat Bidang Pelayanan Publik mengalami peningkatan hingga mencapai 100%.
Abstract: This community service activity aims to improve the effectiveness of village governance through training in the field of public services in Mandalle Village, West Bajeng District, Gowa Regency. The method used was "Lecture", in which the Implementation Team delivered training materials in the field of public services related to the principles of participation, transparency and accountability. The source of data and information obtained from the Partner Village Officials as many as 10 people. The results of this service confirm that the effectiveness of village governance in applying the principles of good governance, especially the principle of participation, has reached an optimal level. This success is achieved through various policies designed to encourage active community participation in decision-making that has an impact on improving welfare. Although some policies may not always get approval from all parties and are sometimes potentially harmful, overall, these policies provide greater benefits for the public interest. The principle of transparency in public services is also upheld by the efforts of the government and its officials to operate openly and in accordance with the aspirations of the community, while the principle of accountability is a benchmark for the extent to which public services are in accordance with the standards of values upheld. The percentage results of Public Service Training activities have increased to 100%.
References
Aang, O. :, Program, K., & Publik, S. A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.
Andana, O., Kusuma, A., Wasistiono, S., Pitono, A., Pemerintah, P., Jambi, P., Pemerintahan, I., & Negeri, D. (2021). Penerapan Egovernment Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Www.Liputan6.Com/Tekno/Read/2499161/
Atika, N., Ati, N. U., & Hayat, D. (2018). Peningkatan Kinerja Aparatur Desa Dalam Melaksanakan Tugas Administrasi Desa Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Improvement Of The Village Apparatus Performance In Carrying Out Administration Assignments Through Education And Training.
Carlitz, R. (2013). Improving Transparency And Accountability In The Budget Process: An Assessment Of Recent Initiatives. Www.Internationalbudget.Org.
Ganda, D. N., Liando, D. M., & Kumayas, N. (2017). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Eksekutif, 1 No. 1.
Garvera, R. R. (2018). Kinerja Aparat Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Moderat :Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4 No. 1(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO97811074 15324.004
Indrawati, W., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2017). Efektivitas Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Di Desa Tanggulangin. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO97811074 15324.004.
Irawan, B. (2017). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma (JP), 2(1): 174-201.
Kusnendar, A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Dinamika, 5 No. 3, 1–8.
Kusuma, A. A. (2021) Penerapan E- government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Jurnal Visioner, 13(2): 145-157.
Muslim, N., & Nasution, I. (2014). Kinerja Aparat Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Desa Pantai Labu Pekan. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 2(2), 99–110.
Natalia Ganda, D., Markus Liando, D., & Kumayas, N. (2017). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Di Desa Watudambo Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara).
Nur’aini, M., & Irwan, N. (2014). Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Desa Pantai Labu Pekan. In Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik (Vol. 2, Issue 2). Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jppuma.
Rumimpunu, S. R., Tampi, J. R., & Londa, V. Y. (2021). Penerapan E-Government Dalam Mendukung Transparansi dan Keterbukaan Informasi Publik (Studi Kasus Website Resmi Pemerintah Kota Manado). Agri-Sosioekonomi, 17(2): 691-702.
Shafira, A., & Kurniasiwi, A. (2021). Implementasi E-Government Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Berbasis Online Di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Caraka Prabu, 5(1): 52-68.
Weni, I., Irawan, S., & Yunisca, N. (2017). Efektivitas Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Di Desa Tanggulangin.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).