PENDAMPINGAN BIDAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT EDUKASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17045Keywords:
Augmented Reality, Midwives, Educational Media.Abstract
Abstrak: Upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan dan faktor resiko berbagai penyakit dan kondisi yang ada di masyarakat adalah dengan melakukan edukasi menggunakan media interaktif. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk melakukan pelatihan kepada bidan sebagai Upaya meningkatkan kemampuan bidan dalam mendesain media edukasi dengan teknologi Augmented Reality. Pelaksanaan Kegiatan dilakukan secara hybrid, dimana peserta mengikuti secara online sebanyak 40 peserta dan yang mengikuti secara online sebanyak 260 peserta. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan simulasi. Pelaksaan kegiatan ini bermitra dengan Pengurus Daerah IBI Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil yang didapatkan menunjukkan peserta yang mengisi postes sebanyak 252 orang, dimana 73.01% peserta telah memiliki pengetahuan yang baik. Kegiatan terlaksanan dengan tertib sesuai rencana kegiatan.
Abstract: Efforts to increase knowledge about prevention and risk factors for various diseases and conditions that exist in the community are by conducting education using interactive media. This service activity is carried out to conduct training for midwives as an effort to improve the ability of midwives in designing educational media with Augmented Reality technology. The implementation of the activity was carried out in a hybrid manner, where as many as 40 participants took part online and 260 participants took part online. The methods used are lectures, discussions and simulations. The implementation of this activity partnered with the IBI Regional Management of South Sulawesi Province. The results obtained showed that there were 252 participants who filled out the posttest, of which 73.01% of the participants had good knowledge. Activities carried out in an orderly manner according to the activity plan.
References
Giyaningtyas, I. J., Hamid, A. Y. S., & Daulima, N. H. C. (2019). Holistic response of mother as caregiver in treating stunting children. Pakistan Journal of Medical and Health Sciences, 13(3), 928–932.
Kusniyanto, R. E., Sampara, N., & Sudirman, J. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Ilustrasi Family Planning Terhadap Pengetahuan Akseptor KB Sebagai Upaya Pencegahan Baby Boom di Masa Pandemi Covid-19. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(3), 223–228. https://doi.org/10.33860/jik.v15i3.496
Lumbanraja, S. N., & Aryanti, C. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan , Masa Kerja , dan dan Edukasi dalam Pelayanan Antenatal. Cermin Dunia Kedokteran, 43(11), 807–810.
Marbun, R., Widi, W., & Dea, V. (2021). Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Kesehatan Mata Pada Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(4), 907–913. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i4.4033
Naba, C., Akbar, M. A., & Supianto, A. A. (2022). Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Senyawa Hidrokarbon bagi Siswa Sekolah Menengan Atas (SMA). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(3), 631. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022935743
Nadhifah, N., & Kuncorowati, P. W. (2022). Upaya Preventif dan Promotif Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kesengsem dalam Pencegahan Pernikahan Dini di Kabupaten Sleman. Indonesia E-Journal Student-E-CIVICS: Jurnal Kajian Mahasiswa PPKn, 11(01), 123–134.
Nurrokhmawati, Y. (2022). Edukasi Kesehatan Telinga dan Pendengaran melalui Media Sosial. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2). https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.159
Rahem, A., Nur Fadhilah, A. A., & Azwa, F. (2022). Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Generasi Muda Di Media Sosial Terkait Peran Essential Oil Sebagai Upaya Preventif Covid-19. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 5(1), 43–55. https://doi.org/10.36387/jifi.v5i1.910
Rohmatin, E., Mulyani, N., Astiriyani, E., Kebidanan, J., & Kemenkes, P. (2022). Pelatihan Bidan Dalam Penggunaan Media Putar Taksiran Berat Badan Janin ( Di Wilayah Kerja Puskesmas Kahuripan Kota Tasikmalaya ). 4(1), 53–58.
Safitra, L., Yuliani, F., & Tofandi, A. (2021). Stunting Prevention Program in North Bengkulu Regency. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 10(2), 119–129. https://doi.org/10.22202/mamangan.v10i2.4942
Sari, D. P., Fanny, N., & Pradany, A. L. (2020). Pengaruh Edukasi Pencegahan Stunting Tentang Satu Pilar Akses Pangan Bergizi Dengan Metode Brainstorming Terhadap Pengetahuan Ibu Baduta Di Taman Sari Timur. Jurnal Kebidanan Indonesia, 11(2), 21. https://doi.org/10.36419/jkebin.v11i2.369
Sofingi, I. (2018). Pengaruh pelatihan terhadap pengetahuan tentang gizi buruk dan inter-profesional collaboration. Jurnal Gizi Indonesia, 11(1), 61–71.
Sudirman, J., & Usman, S. (2023). Efektifitas Edukasi Maternal Mental Health terhadap Kesehatan Mental Ibu Selama Masa Kehamilan. 317–322.
Telaumbanua, A. S., & Absah, Y. (2021). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi Bidan: Studi Kuantitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 142–147. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.103
Wardani, Z., Sukandar, D., Baliwati, Y. F., & Riyadi, H. (2021). Intervention Strategies for Stunting Based on Analytic Network Process in Bangka Belitung Province of Indonesia. African Journal of Food, Agriculture, Nutrition and Development, 21(3), 17656–17668. https://doi.org/10.18697/ajfand.98.19395
Winatra, A., Sunardi, S., Khair, R., Idris, I., & Santosa, A. (2019). Aplikasi Augmented Reality (Ar) Sebagai Media Edukasi Pengenalan Bentuk Dan Bagian Pesawat Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 212. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1217
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).