PENERAPAN METODE BEST PRACTICE VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTETIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA AKAN STRUKTUR ANATOMY-PHYSIOLOGY SEBAGAI BASIC LABORATORY SKILLS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17327Keywords:
Anatomy-Physiology, Basic Laboratory Skills, Best Practice VAK, Empowerment, Student.Abstract
Abstrak: Masalah yang dialami oleh mahasiswa peternakan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng adalah pemahaman yang masih rendah tetang struktur anatomy-physiology sebagai basic laboratory skills. Tujuan dilakukan kegiatan PkM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa struktur anatomi dan fisiologi sebagai basic laboratory skills. Metode yang diagunakan dalam PkM ini adalah metode best practice VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik). Kelompok sasaran yang digunakan dalam kegietan PkM ini adalah mahasiswa peternakan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng yang berjumlah 60 orang. Hasil kegiatan PkM ini melaporkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang struktur anatomy-physiology sebagai basic laboratory skills mengalami peningkatan dari 40% sebelum menerapkan metode best practice VAK menjadi 86,67% setelah menerapkan metode best practice VAK. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode best practice VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang struktur anatomy-physiology sebagai basic laboratory skills.
Abstract: The problem experienced by students under the care of the Indonesian Catholic University of Santu Paulus Ruteng is the low understanding of the anatomical-physiological structure as a basic laboratory skill. The purpose of this community sevice activity is to increase students' knowledge of the structure of anatomy and physiology as a basis for laboratory skills. The method used in this community service is the VAK best practice method (Visual, Auditory, and Kinesthetic). The target group used in this communty sevice activity were 60 students at the Indonesian Catholic University Santu Paulus Ruteng orphanage. The results of this community sevice activity reported that students' understanding of anatomical-physiological structures as basic laboratory skills had increased from 40% before applying the VAK best practice method to 86.67% after applying the VAK best practice method. Based on the results of this study it can be concluded that the application of VAK best practice methods (Visual, Auditory, and Kinesthetic) is able to increase students' understanding of anatomical-physiological structures as basic laboratory skills.
References
Andea, N., Lichteria, P. R., & Maulana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Visual,Auditorial, Dan Kinestetik Untuk Meningkatkanhasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 431–440.
Angganata, I. P., Hudiah, A., & Sulfiati, S. (2023). Best Practice Penggunaan Project Based Learning Dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 327–332. https://doi.org/10.51878/learning.v2i4.1796
Behrendt, M., Foster, J., & Machtmes, K. (2020). Student Perception of How to Succeed in a Pre-Nursing Anatomy and Physiology Course. HAPS Educator, 24(2), 5–20. https://doi.org/10.21692/haps.2020.014
Bramasta, D., & Irawan, D. (2021). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Masyarakat dan Budaya dengan Metode Field Trip. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pegembangan Sekolah Dasar), 9(1), 1–15.
Burrows, N. L., Nowak, M. K., & Mooring, S. R. (2017). Students’ perceptions of a project-based Organic Chemistry laboratory environment: A phenomenographic approach. Chemistry Education Research and Practice, 18(4), 811–824. https://doi.org/10.1039/c7rp00064b
Dilly, M., Tipold, A., Schaper, E., & Ehlers, J. P. (2014). Setting up a veterinary medicine skills lab in Germany. GMS Zeitschrift Fur Medizinische Ausbildung, 31(2), 1–13. https://doi.org/10.3205/zma000912
Fajarianingtyas, D. A., & Herowati, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa Pada Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Ipa Di Kampus Cemara. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 82–85. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i2.40
Gordon-Ross, P. N., Kovacs, S. J., Halsey, R. L., West, A. B., & Smith, M. H. (2020). Veterinary educatorteaching and scholarship (VETS): A case study of a multi-institutional faculty development program to advance teaching and learning. Journal of Veterinary Medical Education, 47(5), 632–646. https://doi.org/10.3138/JVME-2019-0089
Gummery, E., Cobb, K. A., Mossop, L. H., & Cobb, M. A. (2018). Student perceptions of veterinary anatomy practical classes: A longitudinal study. Journal of Veterinary Medical Education, 45(2), 163–176. https://doi.org/10.3138/jvme.0816-132r1
Handayani, R. N. (2017). Tingkat Pengetahuan Anatomi Fisiologi Pada Program Studi Keperawatan Dan Kebidanan Di Stikes Harapan Bangsa Purwokerto. Viva Medika, 10(18), 33–38.
Harman, G., Cokelez, A., Dal, B., & Alper, U. (2016). Pre-service Science Teachers’ Views on Laboratory Applications in Science Education: The Effect of a Two-semester Course. Universal Journal of Educational Research, 4(1), 12–25. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040103
Hasbullah. (2021). Kurikulum Pendidikan Guru : Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 155–162.
Hull, K., Wilson, S., Hopp, R., Schaefer, A., & Jackson, J. (2016). Determinants of Student Success in Anatomy and Physiology: Do Prerequisite Courses Matter? Journal of the Human Anatomy and Physiology Society, 20(2), 38–45. https://doi.org/10.21692/haps.2016.005
Lestari, M. A., Santoso, M. B., & Mulyana, N. (2021). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (Pra) Dalam Menangani Permasalahan Sampah. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 513. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.29752
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76
Muah, T. (2022). Penerapan Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Viii F Di Smp Negeri 2 …. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 429. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2980%0Ahttps://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/download/2980/1745
Murti, S., Muhibbuddi, & Nurmaliah, C. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi, 6(1), 1–8. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/2268
Nafasati P, F., & Indudewi, D. (2019). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Pengantar Akuntansi Dengan Strategi Peninjauan Kembali Melalui Permainan Dalam Kelas. Majalah Ilmiah Solusi, 17(4), 221–234. https://doi.org/10.26623/slsi.v17i4.1781
Nur Al Marwah Asrul. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Anatomi dan Fisiologi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Angkatan XVI UIN Alauddin Makassar. Jurnal Kesehatan Pertiwi, 3(01), 179–184. http://journals.poltekesbph.ac.id/index.php/pertiwi/article/view/48
Ras, A. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan. Socius, 14, 56–63. https://doi.org/10.21154/cendekia.v11i2.278
Rinca, K. F., Gultom, R., Maria, Y., Bollyn, F., Luju, M. T., Achmadi, P. C., Peternakan, P. S., Katolik, U., Santu, I., & Ruteng, P. (2023). Pelatihan Pembuatan Silase Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa Menyediakan Pakan Hijauan Saat Musim Kemarau Bagi Ternak Ruminansia. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2246–2256.
Sadjati, I. M., & Pertiwi, P. R. (2013). Persepsi Mahasiswa Tentang Penyelenggaraan Praktikum Pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (Kasus: Program Studi Agribisnis Fmipa Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 14(1), 45–56. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JPTJJ/article/view/128/103
Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 1–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).