PELATIHAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN GUNA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI SEBAGAI USAHA RANTING AISYIYAH MARELAN-I

Authors

  • Linzzy Pratami Putri Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irma Christiana Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Sri Endang Rahayu Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17358

Keywords:

Aisyiyah, MSMEs, Entrepreneurship Training.

Abstract

Abstrak: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) dari tahun ke tahun. Anggota Aisyiyah Ranting Marelan - I, 80% nya adalah Ibu rumah tangga yang tidak memiliki kesibukan lain yang dapat meningkatkan keahlian dan membantu perekonomian keluarga, Ranting Aisyiyah Marelan–I belum memiliki permasalahan terkait dengan kemandirian ekonomi diantaranya Mitra belum mengetahui secara keseluruhan terhadap kewiruasahaan, pemasaran dan pengelolaan keuangan. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan keterampilan secara hardskill dan softskill, yaitu pelatihan dibidang kewirausahaan, setelah pelatihan diharapkan anggota Aisyiyah mampu menghasilkan beberapa produk seperti salad buah, dan meningkatkan kualitas produk yang sudah ada sebelumnya agar memiliki nilai jual yang tinggi dan mengembangkan beberapa usaha baru yang lain dan memiliki sebuah usaha yakni Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Metode pelaksanaan kegiatan PKPM ini dilakukan dengan pelatihan langsung yang terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu: Metode pelaksanaan dalam bidang manajemen kewirausahaan, Metode pelaksanaan pemasaran produk. Mitra dalam kegiatan ini adalah anggota Ranting Aisyiyah yang berjumlah 40 orang dengan evaluasi menggunakan wawancara dan kuesioner yang menyatakan bahwa 95% peserta kegiatan memahami pelatihan yang diberikan dan Ranting Aisyiyah sudah memiliki logo sendiri untuk setiap produk yang dihasilkan.

Abstract: Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) continue to contribute to gross domestic product (GDP) from year to year. Members of Aisyiyah Ranting Marelan - I, 80% of whom are housewives who do not have other activities that can improve their skills and help the family's economy. and financial management. The aim of this service is to provide skills in hard skills and soft skills, namely training in the field of entrepreneurship. After the training, it is hoped that Aisyiyah members will be able to produce several products such as fruit salad, and improve the quality of existing products so that they have high selling value and develop several other new businesses. and has a business, namely Aisyiyah Family Economic Business Development (BUEKA) and Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM). The method for implementing PKPM activities is carried out through direct training which consists of several activities, namely: Implementation methods in the field of entrepreneurial management, Methods for implementing product marketing. The partners in this activity were members of Ranting Aisyiyah, totaling 40 people, with evaluation using interviews and questionnaires which stated that 95% of activity participants understood the training provided and Ranting Aisyiyah already had its own logo for each product produced.

References

Alhempi, R. R., Anggraini, N., & Ulfah, M. (2019). Pemberdayaan Kewirausahaan Bagi Ibu Rumah Tangga. Prosding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 42, 59–66.

Amrina, D. E., Barlian, I., Fatimah, S., Hasmidyani, D., & Mardetini, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Iklan Digital Dengan Aplikasi. 7(4), 1–7.

Andriani, S., Fietroh, M. N., & Oktapiani, S. (2023). Peningkatan nilai umkm melalui branding produk. 7(4), 3399–3406.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Harjito, B., Apriyani, P., & Jannah, W. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Camilan “YAYANT†di Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen pada Masa Pandemi Covid-19. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 70. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.55176

Jayani, D. H. (2021). Kontribusi UMKM terhadap Ekonomi Terus Meningkat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/13/kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-terus-meningkat

Lanamana, W., Djou, L. D. G., Pande, Y., & Fowo, K. Y. (2022). Pendampingan Umkm Penjual Kripik Kremes Dan Wingko Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui Merk, Label Dan Kemasan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 5–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10046

Latief, F., Rahman, K. G., Dirwan, D., & R., M. R. G. (2022). Peningkatan Umkm Bidang Pemasaran Dan Keuangan Menyongsong Indonesia Emas 2045. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4072–4083. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10654

Mukharomah, W., Wardana, C. K., Abas, N. I., Ulynnuha, O. I., & Fatchan, F. H. (2023). Aktivasi branding pada minimarket lokal. 7(4), 3–7.

Nindiasari, A. D. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Di Masa Pandemi Covid-19. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 109. https://doi.org/10.32529/tano.v4i2.1025

Prasetyo, I., Saddewisasi, W., Riptek, J., Kunci, K., & Korespondensi penulis, P. (2020). Jurnal Riptek Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Untuk Berwirausaha Membuat Kue Sus Guna Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Untuk Berwirausaha Membuat Kue Sus Guna Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang Kota Semarang, 14 No. 1(1), 60–64. http://riptek.semarangkota.go.id

Purnama, N. I., Putri, L. P., & Bahagia, R. (2021). Analisis E-commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi E-commerce Analysis in Helping MSME Sales in the middle of a pandemic. 194–200.

Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jutnal EKBIS, 20 (2), 1280–1289.

Reswita, Y., & Adha, H. V. (2022). Pelatihan E-Commerce Untuk Pengusaha Pemula di Kota Padang. 1(1), 31–34.

Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., & Setioningsih, R. (2022). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.4

Sobar, A., Permadi, I., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan kualitas produk dan layanan umkm untuk meningkatkan daya saing. 7(4), 3782–3793.

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., & Sugianto, R. (2021). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Penerima BPUM Sebagai Dampak Covid-19 Di Desa Jenggik Kecamatan Terara. Nusantara, 3(2), 258–266.

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles