PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERKAIT GIZI KEBUGARAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA

Authors

  • Desiani Rizki Purwaningtyas Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Anna Fitriani Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Widya Asih Lestari Program Studi Gizi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17389

Keywords:

fitness nutrition, orphanage, Snakes and ladders.

Abstract

Abstrak: Tingginya prevalensi obesitas dan aktivitas fisik yang rendah berkaitan dengan kebugaran anak. Hanya 11,6% siswa SD di Jawa Barat yang memiliki kebugaran dalam kategori baik. Beberapa anak di Panti Asuhan Darushsholihin Kota Bogor mengalami kelebihan berat badan bahkan obesitas dan sebagian tergolong sangat kurus. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap terkait gizi kebugaran melalui permainan ular tangga. Kegiatan ini diikuti oleh 50 anak asuh dan pengurus Panti Asuhan Darushsholihin. Kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan terkait gizi kebugaran menggunakan media poster, praktek bermain ular tangga gizi anak bugar, dan senam aerobik. Evaluasi kegiatan ini mencakup pengetahuan dan sikap peserta terkait gizi kebugaran yang diukur menggunakan kuesioner. Setelah mengikuti kegiatan ini, terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap peserta terkait gizi olahraga. Sebanyak 33,3% peserta pengetahuannya meningkat menjadi pengetahuan baik. Sikap peserta juga meningkat sebanyak 25% peserta sikapnya meningkat menjadi positif.

Abstract: The high prevalence of obesity and low physical activity are related to children's fitness. Only 11.6% of elementary school students in West Java have good fitness. Several children at the Darushsholihin Orphanage in Bogor City are overweight and even obese and some are classified as very thin. This service activity aims to increase knowledge and attitudes related to fitness nutrition through snakes and ladders game. This activity was attended by 50 foster children and administrators of the Darushsholihin Orphanage. Activities carried out in the form of counseling related to fitness nutrition using poster media, practice of playing snakes and ladders for fit children's nutrition, and aerobics. The evaluation of this activity included knowledge and attitude of participants towards fitness nutrition which were measured used questionnaire. After participating in this activity, there was an increase in participants' knowledge and attitudes related to sports nutrition. as many as 33.3% of the knowledge participants increased to good knowledge. The attitude of the participants also increased by 25% of the participants whose attitude increased to be positive.

 

 

References

Adiba, T. R., Supriyadi, & Katmawanti, S. (2020). Pengantar Gizi Seimbang Masyarakat Edisi Pertama. Preventia: Indonesian Journal of Public Health, 5(1), 1–7.

Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak-Anak Di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati, 4(1), 65–70. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Balitbangkes. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. In Lembaga Penerbit Badan Litbang Kesehatan. https://litbang.kemkes.go.id.

Balitbangkes. (2019a). Laporan Riskesdas Provinsi Jawa Barat. In Lembaga Penerbit Badan Litbang Kesehatan. https://litbang.kemkes.go.id

Balitbangkes. (2019b). Laporan Nasional Riskesdas. In Lembaga Penerbit Badan Litbang Kesehatan. https://litbang.kemkes.go.id

Bezold, C. P., Konty, K. J., Day, S. E., Berger, M., Harr, L., Larkin, M., Napier, M. D., Nonas, C., Saha, S., Harris, T. G., & Stark, J. H. (2014). The effects of changes in physical fitness on academic performance among New York City youth. Journal of Adolescent Health, 55(6), 774–781. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.06.006

Budiono, I., Putriningtyas, N. D., Indrawati, F., Kasman, K., & Kurniawan, F. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Edukasi dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat: Pengmaskesmas, 2(2), 87–95.

Farradika, Y., Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., & Jannah, M. (2019). Perilaku Aktivitas Fisik dan Determinannya pada Mahasiswa Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 134–142. https://doi.org/10.22236/arkesmas.v4i1.3548

Fitriani, A., Setyowati, Y. D., & Arumsari, I. (2020). The Elevation of Physical Activity Knowledge and Behaviour Among Elementary School Children Following Practice Based Health Education. Journal of Independent Community, 4(4), 560–569.

Hidayah, N., Jauhari, M. T., & Al fariki, M. Z. (2021). Pengaruh Penyuluhan Makanan Bergizi Dengan Metode Ular Tangga Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak-Anak. Jurnal Gizi Prima (Prime Nutrition Journal), 6(1), 61. https://doi.org/10.32807/jgp.v6i1.249

Khomsan, A. (2022). Teknik pengukuran pengetahuan gizi (Vol. 1) PT Penerbit IPB Press.

Kohl, H. W., & Cook, H. D. (2013). Educating the student body. In Educating the Student Body. Washington: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/18314

Nugroho, A. (2018). Pengaruh Media Pendidikan Gizi (Komik) terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Berat Badan pada Anak Sekolah Dasar dengan Obesitas. Jurnal Kesehatan, 9(1), 57. https://doi.org/10.26630/jk.v9i1.746

Pratiwi, D. Y. W., Marliyati, S. A., Dewi, M., & Utami, D. W. (2021). Hubungan Status Anemia dan Status Gizi dengan Tingkat Kebugaran Remaja Putri Pesantren Al-Falak Bogor. Indonesian Journal of Human Nutrition, 8(2), 97–107. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2021.008.02.1

Rosita, A., Dahrizal, D., & Lestari, W. (2021). Metode Emo Demo Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Raflesia, 3(2), 11–22. https://doi.org/10.33088/jkr.v3i2.690

Siregar, P. ., Harahap, R. A., & Aidha, Z. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi. Prenada Media.

Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran jasmani siswa pendidikan dasar dan menengah di Jawa Barat (Basic and secondary education students physical fitness in West Java). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 223–233. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/140/130

Swamilaksita, P. D., Sari, I. P., & Ronitawati, P. (2021). Media Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Keamanan Makanan Jajanan Anak Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2), 138-143. https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3963

WHO. (2021). Obesity and overweight: key facts. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight#

Yulia, C., Khomsan, A., Sukandar, D., & Riyadi, H. (2018). Nutritional Status, Physical Activity, Sedentary Activity of School Children in Urban area, West Java, Indonesia. Jurnal Gizi Dan Pangan, 13(3), 123–130. https://doi.org/10.25182/jgp.2018.13.3.123-130

Yunitasari, A. R., Sinaga, T., & Nurdiani, R. (2019). Asupan Gizi, Aktivitas Fisik, Pengetahuan Gizi, Status Gizi Dan Kebugaran Jasmani Guru Olahraga Sekolah Dasar
[Nutritient Intake, Physical Activity, Nutrition Knowledge, Nutritional Status, and Physical Fitness of Elementary School Sport Teacher]. Media Gizi Indonesia, 14(2), 197. https://doi.org/10.20473/mgi.v14i2.197-206

Zamzani, M., Hadi, H., & Astiti, D. (2017). Aktivitas fisik berhubungan dengan kejadian obesitas pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 4(3), 123. https://doi.org/10.21927/ijnd.2016.4(3).123-128

Published

2023-10-02

Issue

Section

Articles