OPTIMASI ASPEK LEGAL SERTIFIKASI HALAL UMKM

Authors

  • Muhammad Khairul Amal Manajemen Retail, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alhidayatullah Alhidayatullah Manajemen Retail, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nurni Arrina Lestari Manajemen Retail, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17436

Keywords:

NIB, Optimization of Legal Aspects, Halal Certification, Sihalal.

Abstract

Abstrak: Optimasi aspek legal sertifikasi halal UMKM merupakan salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, yaitu belum memiliki NIB dan Sertifikat Halal dampak dari tidak pahamnya dalam pembuatan legal tersbut. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendampingan proses pembuatan NIB dan pengajuan sertifikasi halal. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah melakukan pendampingan kepada UMKM di 7 Desa Kecamatan Cisaat dengan total 700 UMKM. Mitra dalam kegiatan pendampingan ini adalah UMKM Binaan Kecamatan Cisaat. Evaluasi capain dilihat dari banyaknya NIB yang terbuat dan data yang telah diajukan proses sertifikasi halal ke akun ptsp.halal.go.id. Hasil capaian kegiatan ini adalah pembuatan NIB UMKM mencapai 68,4%, sedangkan data yang telah diajukan proses sertifikasi halal di akun sihalal sebesar 26,4%. Rendahnya capaian pengajuan sertifikasi halal disebabkan oleh sering errornya akun sihalal pada saat proses pengajuan sertifikasi halal.

Abstract:  Optimization of the legal aspects of MSME halal certification is one solution to the problems faced by MSME actors, namely not having NIB and Halal Certificates as a result of not understanding the legal making. The purpose of this activity is to provide assistance in the process of making NIB and applying for halal certification. The method of implementing this activity is to provide assistance to MSMEs in 7 villages of Cisaat District with a total of 700 MSMEs. Partners in this mentoring activity are MSMEs assisted by Cisaat District. The evaluation is seen from the number of NIBs made and the data that has been submitted by the halal certification process to ptsp.halal.go.id account. The result of this activity is the creation of MSME NIB reaching 68.4%, while the data that has been submitted for the halal certification process in the sihalal account is 26.4%. The low achievement of applying for halal certification is caused by frequent errors in the sihalal account during the halal certification application process.

 

References

Asrida, W., Hariyanti, D., Musaid, S. A., & Hariyati, T. R. (2020). Pelatihan Sertifikasi Halal Produk dan Pengelolaan Keuangan Usaha Bagi Kelompok Usaha Sagu Tumbu di Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Jamak, (Vol. 6, Issue 2), 161-176.

Brillinger, A. S., Els, C., Schäfer, B., & Bender, B. (2020). Business model risk and uncertainty factors: Toward building and maintaining profitable and sustainable business models. Business Horizons, 63(1), 121–130. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2019.09.009

Djakfar, I., & Isnaliana, I. (2021). Model Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Produk Makanan Halal bagi UMKM dalam Mendukung Banda Aceh Menjadi Kota Wisata Halal. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2742

Efendy, D. K., Yuniardi, D., Amanda, F., Hatari, M. M., Risky, R., Putri, S. S., & Rijal, S. (2022). Sosialisasi Dan PendampinganSertifikasiHalal Menggunakan Aplikasi SiHalalPada UMKM Di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 3(2), 1106–1114.

Fariez Kurniawan, M., Septiawan, D., Anggraini, D., Khoirun Nisa, A., Sahira, S. T., Andrian, Z., Rizqi, A., Asyidiq, M. kemal, Widyastuti, W., & Pratama, Z. F. (2022). Pendampingan Perizinan Pirt dan Sertifikasi Halal Produk Bakpia dan Makanan Ringan Pelaku UMKM Dusun Lopati, Trimurti, Srandakan, Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 6(2), 181–192.

Frastiawan, D., & Sup, A. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal (Pph) Dalam Program Sehati (Sertifikasi Halal Gratis) Pada Produk Dapoer Nyo-Nya Penulis: Sejarah Artikel: Abstrak. Jurnal Aksi Afirmasi, 4(1), 14–29. https://doi.org/10.21927/jesi.2020.10(1).36

Ilham, B. U. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal Self Declare pada Usaha Mikro dan Kecil Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Sulawesi Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(1), 20-25. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1753

Kurnia, M., Nahariah, N., & Kasmiati, K. (2022). Pendampingan Penerapan Halal Pada Pelaku Usaha UMKM di Kawasan Wisata Kota Parepare. Jurnal Dinamika Pengabdian, 8(1), 123–134. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/jdp.v8i1.23527

Malahayati, E. N., & Afro’ Faizah, N. (2023). Sosialisasi Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Skema Self-Declair bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Ringinrejo. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 427–434. https://doi.org/10.54082/jippm.102

Permana, I., Kurniawan, M. F., & Furqoni, H. A. (2022). Pendampingan Sertifikasi Halal bagi Peternak/Petani di Desa Pegundungan, Banjarnegara. Jurnal ABDIMAS: Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 123–129.

Puspita, N. F., Hamzah, A., Zuchrillah, D. R., & Karisma, A. D. (2021). Pendampingan Menuju Sertifikasi Halal pada Produk “Socolat†UMKM Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 17–24. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1611

Putri, D. N., Windiana, L., & Mardhiyah, N. (2021). Pendampingan Penerapan Sistem Jaminan Halal di Industri Kecil Menengah (IKM) UMM Bakery. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 173–181. https://doi.org/10.31960/caradde.v4i1.861

Rachman, A., Sunardi, S., Simatupang, A. D. R., Tidjani, S., & Azwar, M. (2023). Pendampingan Proses Produk Halal Dalam Program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) Bagi Pelaku UMKM Kedu Emas Tangerang. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/japi.v8i1.4558

Salsabilah, S. K., Handayani, D., Melati, R., Purbaningrum, R., Prayabina, R., Harefa, S., Widyastuti, R., Eryanto, N. S., & Aminullah, A. (2022). Pendampingan Sistem Jaminan Produk Halal Mekanisme Self Declare Dan Pembuatan Label Kemasan Pada UMKM Kanara (Karipik Singkong Ibu Nara). Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian kepada Masyarakat, 8(3), 248-253 https://doi.org/https://doi.org/10.30997/qh.v8i3.6506

Sampoerno, Mohd. N., Saadah, M., Irawan, T. A., Hardi, S. P., & Budianto, A. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), 312–319. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i2.191

Siebold, N. (2021). Reference points for business model innovation in social purpose organizations: A stakeholder perspective. Journal of Business Research, 125(1), 710–719. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.032

Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782–3793. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16383

Wahyuni, H. C., Handayani, P., & Wulandari, T. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 17–25. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i1.1271

Zuchrillah, D. R., Pudjiastuti, L., Karisma, A. D., Pradityana, A., & Tjahyanto, A. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal Program Self Declare pada UMKM Binaan Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Surabaya. Sewagati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 560–568. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i4.540

Published

2023-10-02

Issue

Section

Articles