PENINGKATAN KEMAMPUAN ARITMATIKA UNTUK PERHITUNGAN CEPAT OPERASI ALJABAR SISWA MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Abdillah Abdillah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Vera Mandailina Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dewi Pramita Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mahsup Mahsup Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.1747

Keywords:

Algebra Operations, Arithmetic Count Training, Learning Modules

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan manfaat berupa bagaimana melakukan perhitungan dengan cepat untuk operasi-operasi aljabar, seperti penjumlahan, perkalian, pembagian termasuk penerepan-penerapannya dalam berbagai disiplin ilmu baik ilmu sosial maupun ilmu alam. Kegiatan dilaksanakan melalui kolaborasi dosen dan mahasiswa dengan melibatkan siswa MA sebanyak 34 orang. Pada tahap pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi empat tahap, yaitu pelatihan aritmatika sederhana, menggunakan bantuan sepuluh jari menghitung operasi bilangan puluhan, ratusan dan ribuan, tips-tips menghitung cepat untuk perkalian dan pembagian, dan penerapan aritmatika dalam berbagai disiplin ilmu. Kegiatan dilakukan selama empat kali pertemuan, dimana setiap pertemuan siswa dibekali dengan sebuah modul pembelajaran yang telah disusun oleh tim kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan sebanyak 98% terjadi peningkatan kemampuan aritmatika siswa dalam perhitungan cepat operasi aljabar.

Abstract:  This dedication activities aims to provide benefits in the form of how to do calculations quickly for algebraic operations, such as summation, multiplication, division including its application in various disciplines both social and natural sciences. The activities were carried out through the collaboration of lecturers and students with 34 Madrasah Aliyah students. At the implementation stage of the activity is divided into four phases, namely simple arithmetic training, using the aid of ten fingers count operations of tens, hundreds and thousands, quick counting tips for multiplication and division, and application of arithmetic in a variety of disciplines. Activities are conducted for four meetings, where each student meeting is equipped with a learning module that has been compiled by an activity team. Based on the results of activity evaluation as much as 98% increased arithmetic ability of students in the rapid calculation of algebraic operations.

References

Ansori, H., & Sutresna, W. B. O. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4630

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Denia, A., Mandailina, V., & Syaharuddin. (2018). Pengembangan Lks Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Aritmatika. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 214–219.

Dewanti, N. A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Faktor Intelektual Siswa Pada Kelas VIII B SMP N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 26. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2492

Ervin Oktavianingtyas. (2015). Media Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Pancaran, 4(4), 207–218.

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406

Hayatun nisa, N., & Nursuprianah, I. (2013). Pengaruh Pemahaman Konsep Aritmatika Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes ). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.39

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.

Kurniati, I., Said, H. B., & Hidayat, A. F. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 70. https://doi.org/10.33087/phi.v3i2.69

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rahmawati, P., & Apsari, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Pada Siswa SDN No.05 Suruh Tembawang (Perbatasan Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 7(2), 209. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1044

Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). The Anaysis Of Junior High School Students Mathematics Book 2013 Curriculum. Mosharafa, 6(2), 229–236.

Shalikhah, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Negeri 3 Pleret pada Materi Aritmatika Sosial. Academy of Education Journal, 10(1), 44–54.

Sutrisno, Prasetyowati, D., & Kartinah. (2018). Efektivitas Buku Ajar Matematika Smp Berbasis 3-D Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 56–60.

Syaharuddin, V. M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES, 1(1), 30–33.

Vera Mandailina, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika Berbasis OSM Tingkat SMP/MTs. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 77–82.

Published

2020-06-01

Issue

Section

Articles