WAHANA PAPAN SELUNCUR SEBAGAI SARANA INTERAKSI ANAK DENGAN DUNIA LUAR

Authors

  • Zainal Arifin Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Rendy Adhi Rachmanto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Suyitno Suyitno Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Dominicus Danardono Dwi Prija Tjahjana Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Wibawa Endra Juwana Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Yudin Joko Prasojo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Singgih Dwi Prasetyo Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17476

Keywords:

Children, Playground, Papan seluncur

Abstract

Abstrak: Taman bermain merupakan lingkungan yang dirancang khusus untuk menyediakan kesempatan bermain, belajar, dan berinteraksi bagi anak-anak. Taman bermain tidak hanya merupakan tempat hiburan semata, tetapi juga berperan sebagai ruang pendidikan yang mendukung perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional anak-anak. Pengabdian ini bertujuan untuk merancang desain wahana bermain papan seluncur yang dirancang dengan mempertimbangkan faktor keselamatan, kenyamanan, dan pengembangan anak di Taman Mekarsari Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Papan seluncur merupakan sebuah wahana dengan bentuk seperti seluncuran yang difungsikan sebagai sarana anak-anak untuk berinteraksi pada lingkungan luar. Metode yang digunakan pada pengabdian ini berupa deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui tahapan wawancara dan observasi. Pengabdian ini merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta dengan Kelompok Tani (PokTan) Desa Kaligentong, Gladagsari, Boyolali sebagai pengelola Taman Mekarsari. Evaluasi yang dilakukan untuk wahana bermain ini yaitu dengan melakukan simulasi percobaan papan seluncur secara langsung. Dari kolaborasi ini didapatkan hasil berupa desain papan seluncur yang kokoh dan dibuatnya wahana bermain papan seluncur yang aman dan nyaman di Taman Mekarsari. Diharapkan dengan adanya wahana bermain ini dapat mendorong interaksi sosial dan pengembangan keterampilan anak-anak sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dengan memberikan kesempatan bermain dan belajar secara menyeluruh.

Abstract:  Playgrounds are environments specifically designed to provide opportunities for children to play, learn and interact. Playgrounds are not only places of entertainment, but also act as educational spaces that support children's physical, cognitive, social, and emotional development. This service aims to design a skateboard playground that is designed by considering safety, comfort, and child development factors at Mekarsari Park, Kaligentong Village, Gladagsari District, Boyolali Regency. Papan seluncur is a vehicle with a shape like a slide that functions as a means for children to interact with the outside environment. The method used in this service is descriptive qualitative which is carried out through interviews and observations. This service is a collaboration between lecturers and students of the Mechanical Engineering, Universitas Sebelas Maret, Surakarta with the Farmer Group (PokTan) of Kaligentong Village, Gladagsari, Boyolali as the manager of Mekarsari Park. The evaluation carried out for this playground is by simulating the papan seluncur experiment directly. From this collaboration, the results were obtained in the form of a sturdy papan seluncur design and the creation of a safe and comfortable papan seluncur playground in Mekarsari Park. It is hoped that this playground can encourage social interaction and skill development of children to improve the quality of life by providing comprehensive play and learning opportunities.

 

 

References

Arifin, Z., Prasetyo, S. D., Prabowo, A. R., & Cho, J. H. (2021). Preliminary Design for Assembling and Manufacturing Sports Equipment: A Study Case on Aerobic Walker. International Journal of Mechanical Engineering and Robotics Research, 10(3), 107–115. https://doi.org/10.18178/ijmerr.10.3.107-115

Arifin, Z., Prasetyo, S. D., Suyitno, S., Tjahjana, D. D. D. P., Rachmanto, R. A., Juwana, W. E., Apribowo, C. H. B., & Trismawati, T. (2020). Rancang Bangun Alat Elliptical trainer Outdoor. Mekanika: Majalah Ilmiah Mekanika, 19(2), 104–112. https://doi.org/10.20961/mekanika.v19i2.44325

Arifin, Z., Prasetyo, S. D., Triyono, T., Harsito, C., & Yuniastuti, E. (2020). Rancang Bangun Mesin Pencacah Limbah Kotoran Sapi. Jurnal Rekayasa Mesin, 11(2), 187–197. https://doi.org/10.21776/ub.jrm.2020.011.02.6

Arifin, Z., Prasetyo, S. D., Ubaidillah, U., Suyitno, S., Tjahjana, D. D. D. P., Juwana, W. E., Rachmanto, R. A., & Prabowo, A. R. (2022). Helmet Stick Design for BC3 Paramlympic Bocia Games. Mathematical Modelling of Engineering Problems, 9(3), 637–644. https://doi.org/10.18280/mmep.090310

Arifin, Z., Tjahjana, D. D. D. P., Rachmanto, R. A., Suyitno, S., Prasetyo, S. D., & Hadi, S. (2020). Penerapan Teknologi Biopori Untuk Meningkatkan Ketersedian Air Tanah Serta Mengurangi Sampah Organik Di Desa Puron Sukoharjo. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat, 9(2), 53–63.

Fadlillah, M., Rahmawati, I. Y., & Setyowahyudi, R. (2022). Desain Playground Budaya sebagai Media untuk Menanamkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3361–3368.

Firdaus, W., Refianto, R., & Heru, A. W. (2020). Perancangan Playground Untuk Sarana Bermain Anak Di Taman Gasibu. EProceedings of Art & Design, 7(3), 6204–6215.

Hantono, D., Purwantiasning, A. W., Nur’aini, R. D., & Sari, Y. (2020). Pengadaan Taman Bermain Anak Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda II Dusun Gunung Leutik Kabupaten Bogor. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 236–241.

Kirana, Y. A. (2018). Peranan Anggota Kelompok Wanita Tani (Kwt) Dalam Mewujudkan Desa Agrowisata Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.

Maryam, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka pada Kelompok B TK NW Lelupi Kecamatan Sikur. Nusantara, 1(1), 87–102.

Rahmiati, D., & Prihastomo, B. (2018). Identifikasi Penerapan Konsep Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pada Taman Kambang Iwak Palembang. Vitruvian, 8(1), 29–42. https://doi.org/10.22441/vitruvian.2018.v8i1.004

Safitri, W., & Mulyono, A. (2022). Manajemen Outbound Taman Wisata Matahari Di Cisarua Kabupaten Bogor tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 68–78.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114–130.

Setiawan, B., & Kurniawan, B. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Taman Bulak Kenjeran Di Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya. Publika, 9(4), 409–418.

Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10.

Swastiani, S. Y., Kohdrata, N., & Astawa, I. N. G. (2022). Desain Taman Bermain Anak Berbasis Daya Kembang Kognitif Anak di Taman Kota Sewaka Dharma. Jurnal Arsitektur Lansekap, 8(2), 21–30.

Tameon, S. M. (2018). Peran bermain bagi perkembangan kognitif dan sosial anak. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 26–39.

Tobing, M., & Weya, I. (2022). Analisis Penataan Obyek Wisata Kawah Putih Tinggi Raja Sebagai Sumber Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekuilnomi, 4(1), 37–61.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159–176.

Published

2023-10-02

Issue

Section

Articles