PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Hamidah Suryani Lukman Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ana Setiani Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nur Agustiani Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478

Keywords:

Implementation of Merdeka Curriculum, Differentiated Teaching Modules

Abstract

Abstrak: Masih banyaknya sekolah yang belum memahami urgensi kurikulum Merdeka mengakibatkan rendahnya kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi guru SD di Sukabumi dalam menyusun modul ajar berdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik sebagai upaya meningkatkan kesiapan sekolah dalam implementasi kurikulum Merdeka jalur mandiri. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi seminar, workshop, dan pendampingan. Mitra yang terlibat adalah KKG Kecamatan Kadudampit, dengan total peserta 112 orang. Hasil evaluasi kegiatan ini tergolong efektif dengan pencapaian sebesar 91%. Berdasarkan hasil tugas penyusunan modul ajar yang dikumpulkan, sekitar 75% peserta sudah memahami komponen modul ajar pada kurikulum Merdeka, namun masih kesulitan melakukan asesmen awal dan mendiferensiasikan pembelajaran di perencanaannya. Selain itu, respon guru dalam kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi guru sebagai persiapan dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru. Kegiatan pendampingan ini juga memberikan pengalaman langsung kepada guru dalam memanfaatkan platform Merdeka mengajar dan mengadaptasi modul ajar untuk disesuaikan dengan kebutuhan di setiap satuan Pendidikan.

Abstract: There are still many schools that do not understand the urgency of the Merdeka curriculum, resulting in low school readiness in implementing it. Therefore, this community service activity aims to provide assistance to elementary school teachers in Sukabumi in developing differentiated teaching modules that suit the needs of students as an effort to increase school readiness in implementing the Independent Pathway curriculum. The approach method for implementing community service activities includes seminars, workshops and mentoring. The partners involved were the KKG of Kadudampit District, with a total of 112 participants. The evaluation results of this activity were classified as effective with an achievement of 91%. Based on the collected results of the teaching module preparation tasks, around 75% of participants already understand the components of the teaching modules in the Merdeka curriculum, but still have difficulty carrying out initial assessments and differentiating learning in their planning. Apart from that, the teacher's response to mentoring activities shows that this activity is useful for teachers as preparation for implementing the Merdeka curriculum in the new school year. This mentoring activity also provides teachers with direct experience in utilizing the Platform Merdeka Mengajar and adapting teaching modules to suit the needs of each educational unit.

 

Author Biographies

Hamidah Suryani Lukman, Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Ana Setiani, Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Nur Agustiani, Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

References

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Hariani, lilik S., Andayani, E., & Ain, N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 54–60.

Kesumawati, N., Octaria, D., & Ningsih, Y. L. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Bagi Guru SMA / SMK di Tebing Tinggi. 2(2), 246–256. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4586

Lukman, H. S., Sutisnawati, A., & Elnawati, E. (2022). Modul Ajar Matematika Sd Berdasarkan Perspektif Tpack-21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3225–3236.

Lukman, H. S., Sutisnawati, A., Setiani, A., & Muhassanah, N. (2022). Medel TPACK-21 Guru Sekolah Dasar di Kota Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398–418. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12712/5321

Maulana, F., Supriadi, & Ustafiano, B. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada SMK Negeri 5 Pekanbaru. Abdimas Lectura, 1(1), 39–59.

Nawawi, S., Antika, R. N., Wijayanti, T. F., & Abadi, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 42–46. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHPM/article/view/4

Nisa, C., Zulfan, I. V., Hidayat, M. T., Arifin, A. J., & Syaputra, R. A. (2023). Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru Mim Pk Tegalampel, Karangdowo, Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.37567/pkm.v3i1.1849

Nugroho, A. A., Hanik, N. R., & Wiharti, T. (2018). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Active Learning Bagi Kelompok Guru Smp Ta’Mirul Islam Surakarta. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 19. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2163

Rachman, F. A., Sukaryawan, M., & Sari, Di. K. (2019). Pelatihan Dan Pembimbingan Pembuatan Modul Bagi Guru Kimia SMA Di Lubuklinggau , Musirawas, dan Musiwawas Utara. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 1(1), 749–753.

Salamah, E. R., Rivayanti, Z. E. T., Trisnawaty, Wu., & Subaidah. (2023). Pelatihan penyusunan modul ajar siswa sekolah dasar berbasis kurikulum merdeka. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(Mei 2021), 28–35. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/307/308

Siregar, L. F., Sumanik, N. B., & Christianto, H. (2022). Analysis of Teacher’s Ability in Setting Learning Objectives, Flow of Learning Objectives, And Modules in The Merdeka Curriculum. SHS Web of Conferences, 149, 01005. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214901005

Sitorus, P., Simanullang, E. N., Manalu, A., Laia, I. S. A., Tumanggor, R. M., & Nainggolan, J. (2022). Effect of Differentiation Learning Strategies on Student Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2654–2661. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2114

Yuhaga, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Di Sd Negeri 1 Pandran Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. 22(1).

Zahri, M., Fuat, H., & Subakir. (2023). Kemampuan Menyusun Modul Ajar Guru SD Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Bangkalan. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 93–106. https://doi.org/10.36526/tr.v

Published

2023-10-01

Issue

Section

Articles