PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN SESUAI PRINSIP PRODUCTIVE USE OF VIDEO FRAMEWORK

Authors

  • Laily Rosdiana Pendidikan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Arif Mahdiannur Pendidikan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Pendidikan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Beni Setiawan Pendidikan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Martini Pendidikan IPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17510

Keywords:

Video, Productive Use of Video Framework.

Abstract

Abstrak: Mitra yang terlibat dalam kegiatan pelatihan berasal dari 17 SMP Kota Mojokerto sebanyak 40 peserta yang dilakukan di Dinas Kota Mojokerto dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru IPA dalam membuat video pembelajaran, Salah satu masalah utama yang dihadapi para guru berdasarkan hasil diskusi adalah kesulitan dalam membuat video pembelajaran yang sesuai materi. Agar permasalahan yang dihadapi oleh para mitra tersebut berhasil diatasi, maka perlu diadakan pelatihan mengenai pembuatan video pembelajaran. khususnya dalam pembelajaran IPA sesuai dengan prinsip productive use of video framework. Metode pelaksanaan untuk menyelesaikan masalah ini dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap inisiasi/persiapan, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan, serta pasca-pelatihan/pendampingan. Evaluasi ini dilakukan dengan mengukur normalized change berdasarkan hasil tes. Sebanyak 82,61% dari total peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh tahapan, tugas, dan tes, sehingga dapat dikatakan pelatihan pembuatan video pembelajaran ini berhasil dan meningkat.


Abstract: The partners involved in the training activities came from 17 junior high schools in Mojokerto City, totaling 40 participants, which were carried out at the Mojokerto City Department with the aim of improving the skills of science teachers in making learning videos. One of the main problems faced by the teachers based on the results of the discussion was the difficulty in making learning videos. appropriate material. In order for the problems faced by these partners to be successfully overcome, training needs to be held regarding making learning videos. especially in science learning in accordance with the principle of productive use of video framework. The implementation method for solving this problem is divided into three stages, namely the initiation/preparation stage, implementation of training and mentoring, and post-training/mentoring. This evaluation is carried out by measuring normalized change based on test results. As many as 82.61% of the total participants successfully completed all stages, assignments and tests, so it can be said that this learning video making training was successful and improving.

References

Astrida, D. N., Nasyith, A., & Lestari, W. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcasting System (OBS) Sebagai Upaya Menciptakan Media Pembelajaran yang Efektif Pasca Pandemi COVID-19. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2272. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11723

Ardianti,Y., Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 6(3), 399–407.

Devi, N. S., Efendi, I., & Samsuri, T. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif. Reflection Journal, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.36312/RJ.V1I1.530

Faiz, A., Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education, nama judul?3(3), 649–55.

Hamdan, A., & Attika, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi OBS Studio Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 208–216. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V7I2.7472

Kay, R., & Kletskin, I. (2012). Evaluating the use of problem-based video podcasts to teach mathematics in higher education. Computers & Education, 59(2), 619-627.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementeri. Pendidik. dan Kebud., 1–50.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mahdianur, M.A., et all. (2022). Buklet pelatihan pembelajaran berdiferensiasi sesuai kerangka kurikulum merdeka. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Prihantini, Y. A., Untari, R. S., & Sidoarjo, U. M. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1905–1914. https://doi.org/10.23969/JP.V8I2.9631

Rahmalina, W., Gusteti, M. U., & Desmariani, E. (2020). Pelatihan membuat video pembelajaran menarik dengan smartphone pada guru adzkia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(1), 26-35.

Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. Kesatria : Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 4(1), 48–57. https://doi.org/10.30645/KESATRIA.V4I1.116

Salsabila, U. H., Ramandhani, D. M., Ayunissa, R., Qurrata’ayun, A., & Sadiah, H. (2023). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Merdeka Belajar. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 260–270. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V6I1.512

Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167-185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tomlinson, C.A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. VA: ASCD. 3rd ed. Alexandria

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Astrida, D. N., Nasyith, A., & Lestari, W. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcasting System (OBS) Sebagai Upaya Menciptakan Media Pembelajaran yang Efektif Pasca Pandemi COVID-19. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2272. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11723

Devi, N. S., Efendi, I., & Samsuri, T. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif. Reflection Journal, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.36312/RJ.V1I1.530

Hamdan, A., & Attika, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi OBS Studio Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 208–216. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V7I2.7472

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Prihantini, Y. A., Untari, R. S., & Sidoarjo, U. M. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1905–1914. https://doi.org/10.23969/JP.V8I2.9631

Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. Kesatria : Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer Dan Manajemen), 4(1), 48–57. https://doi.org/10.30645/KESATRIA.V4I1.116

Salsabila, U. H., Ramandhani, D. M., Ayunissa, R., Qurrata’ayun, A., & Sadiah, H. (2023). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Merdeka Belajar. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 260–270. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V6I1.512

Yuda, Y. P., Hapsari, E. D., Kurniawati, I. D., & Ekayudha, I. A. (2023). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran bagi Guru SD IT Adzkia Kare sebagai Optimalisasi Kurikulum Merdeka. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(3), 508–515. https://doi.org/10.36312/SASAMBO.V5I3.1333

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.

Published

2023-10-03

Issue

Section

Articles