PENGUATAN PEMAHAMAN DALAM PENYUSUNAN RPP KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SMA

Authors

  • Tuti Iriani Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Santoso Sri Handoyo Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Anisah Anisah Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17557

Keywords:

Learning Implementation Plan, Merdeka Curriculum, Strengthening Understanding, Community Service.

Abstract

Abstrak: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru bertujuan agar proses pembelajaran berlangsung secara ideal dan sistematis. Adanya kehadiran kurikulum merdeka memberikan tantangan tersendiri bagi guru karena RPP yang selama ini disusun guru berganti menjadi modul ajar dengan isi dan komponen yang lebih lengkap. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman kepada guru-guru SMAN 1 Muara Gembong terutama dalam hal penyusunan RPP Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan presentasi materi, tanya jawab dan diskusi yang diikuti sebanyak 31 peserta yang terdiri dari guru guru SMA dari berbagai bidang studi. Hasil kemampuan awal berdasarkan kuesioner penilaian diri menunjukkan 50% dari guru merasa sulit untuk memahami perangkat pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran dan merancang pembelajaran. Setelah kegiatan dilaksanakan dengan diskusi afktif dan penugasan, maka hasil penguatan pemahaman menunjukan 73% dari peserta dapat menyusun tujuan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dengan cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini telah tercapai.

Abstract: The Learning Implementation Plan (RPP) created by the teacher aims to ensure that the learning process takes place ideally and systematically. The presence of an independent curriculum presents its own challenges for teachers because the lesson plans that teachers have been preparing have changed into teaching modules with more complete content and components. This Community Service activity aims to strengthen understanding for the teachers of SMAN 1 Muara Gembong, especially in terms of preparing the Independent Curriculum RPP. The method used was presentation of material, questions and answers and discussions attended by 31 participants consisting of high school teachers from various fields of study. Initial ability results based on self-assessment questionnaires show that 50% of teachers find it difficult to understand learning tools, develop learning objectives and design learning. After the activities were carried out with active discussions and assignments, the results of strengthening understanding showed that 73% of the participants were able to prepare independent curriculum-based learning objectives quite well. Thus, it can be concluded that the objectives of this community service activity have been achieved.

References

Andriani, S., Hidayat, S., & Indawan, I. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 457–471.

Indarwati, N. (2021). Pelaksanaan Workshop untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Membimbing Kegiatan Ekstrakurikuler Tulis dan Baca Puisi Kepada Siswa Melalui Teknik Asosiasi dan Fantasi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 782–791. https://doi.org/https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.160

Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 2 (2019) (testimony of Kementerian dan Kebudayaan).

Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 3 (2016) (testimony of Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Keputusan Kementerian Nomor 033/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka, 1822 (2022) (testimony of Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Kemeristekdikti. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. IMG Akademik Universitas Gadjah Mada. https://img.akademik.ugm.ac.id/

Muspawi, M. (2015). Profesionalitas guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) pada sekolah dasar negeri no. 76/ix desa mendalo darat kec. jaluko kab. muaro jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 17(1), 43491.

Mustika, D., Putra, E. D., & Febriyanti, D. A. (2018). Pelatihan Penyusunan RPP Tematik bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 183–188.

Nisa, S., Lena, M. S., Thayyiba, G. H., & Puspita, I. D. (2023). Analisis Penyusunan Capaian Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka di SDS Trisula Perwari. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5).

Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Buku Panduan Guru: Pengembangan Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–104.

Ramli, M., Widoretno, S., Dwiastuti, S., Sugiharto, B., Prayitno, B. A., Mumpuni, K. E., Prabowo, C. A., Auliananda, S. S., Basuki, Z. A. Y., & Ciptaningrum, P. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Penyusunan RPP dan Asesmen Berbasis Learning Progression bagi Guru Biologi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 338–349.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27.

Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum (Kurikulum Merdeka). Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(1), 32–41.

Suttrisno, S., & Yulia, N. M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mendesain Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka/Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum. Al-Mudarris: Journal Of Education, 5(1), 30–44.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles