POJOK LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBUATAN POP UP SCRAPBOOK MEDIS SERTA KREASI BONEKA TANGAN GUNA MENINGKATKAN MINAT BACA

Authors

  • Galuh Ambar Pramudita Program Studi Farmasi, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Primanitha Ria Utami Program Studi Farmasi, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Maya Maghfirotur Rohmah Program Studi Farmasi, Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17561

Keywords:

Literacy Corner, Health Professions, Popup Book, Medical Hand Puppet.

Abstract

Abstrak: Saat ini, fenomena kurangnya minat baca siswa meningkat. Tidak hanya itu masyarakat juga kurang pengetahuan mengenai berbagai profesi kesehatan serta penggunaanobat. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah meningkatkan minat baca siswa serta pengetahuan terkait profesi kegiatan menggunakan media pop up scrapbook dan boneka tangan bertema Kesehatan serta Menyusun pojok literasi, yang bertujuan memberikan bekal kepada siswa guna mewujudkan pengetahuan siswa-siswi yang tidak paham menjadi paham serta dapat meningkatkan minat bacanya. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, (1) Tahap persiapan; (2) Tahap Pelaksanaan; dan (3) Tahap evaluasi. Kegiatan ini bekerja sama dengan guru dan siswa SDN Ngujungrejo. Untuk mengukur pengetahuan siswa evaluasi diberikan berupa pretest dan posttest. melalui hasil kuisioner pre-test persentase baik 25%, cukup 6,25% dan kurang 68,75% pada persentase minat baca didapatkan hasil baik 43,75%, cukup 12,5% dan kurang 43,75%. Setelah dilakukan post-test pengetahuan siswa naik presentase baik 68,75%, cukup 18,75% kurang 12,5% sedangkan pada minat baca presentase baik sebanyak 18,75%, cukup 6,25% dan kurang 68,75%.

Abstract: Currently, the phenomenon of students' lack of interest in reading is increasing. Not only that, the public also lacks knowledge about various health professions and the use of medicines. This community service activity is to increase students' interest in reading and knowledge related to professions, activities using pop-up scrapbook media and hand puppets with a health theme, as well as setting up a literacy corner, which aims to provide provisions for students to realize the knowledge of students who don't understand so they understand and can increase interest. read it. This training activity was carried out in several stages, namely, (1) Preparation stage; (2) Implementation Stage; and (3) Evaluation stage. This activity is in collaboration with teachers and students at SDN Ngujungrejo. To measure student knowledge, evaluation is given in the form of a pretest and posttest. Based on the results of the pre-test questionnaire, the percentage was good, 25%, fair, 6.25%, and poor, 68.75%. In the percentage of interest in reading, the results were good, 43.75%, fair, 12.5%, and poor, 43.75%. After carrying out the post-test, students' knowledge increased to a good percentage of 68.75%, fair to 18.75%, less than 12.5%, while in interest in reading, the percentage was good to 18.75%, fair to 6.25% and less than 68.75%.

References

Agung, A., & Dewi, I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3).

Anas Lubis, N. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Karya Seni Rupa Menggambar Imajinatif (Vol. 3, Issue 2).

Astutiningsih, C., Tjahjani, N. P., & Listyani, L. (2021). Pengenalan Profesi Apoteker dan Mengenali Obat Sejak Usia Dini. Jurnal Abdidas, 2(3), 713–719. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.344

Aswat, H., & Lely Nurmaya G, A. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78.

Azizah Muhtar, N., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT) (Vol. 7, Issue 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

elendiana, magdalena. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2).

Intani, R. T. (2015). Pengobatan Tradisional Di Kalangan Anak-Anak (Studi Kasus Di Kecamatan Soreang) Children Traditional Medicine (A Case Study In Soreang Regency).

Irawati Agustien, E., & Delimanugari, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sebagai Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. In QuranicEdu: Journal of Islamic Education (Vol. 1, Issue 1).

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Luh Rini Puspita, N., Almaidah, P., Rahmatya Tanaiyo, W., & Dunggio, R. A. (2022). Pojok Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iii Mi Almourky. Jurnal Jushpen, 1(3), 101–104.

Lumbangaol, W. A., Simanjuntak, H., Siagian, B. A., & Butar Butar, I. (2023). Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Journal on Education, 05(04), 16009–16022.

Nuryati. (2017). Farmakologi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK).

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1).

Ria Utami, P., Ristian Octavia, D., Rahmawati, E., & Fadia Putri, R. (2022). Empowerment of Aisyiyah Cadre in making medicine boxes and using medication reminder applications to create a drug-aware society.

Ricky Kwando, rendy. (2014). Pemetaan Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian Terkait Frekuensi Kehadiran Apoteker Di Apotek Di Surabaya Timur. 3(1).

Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Soedibyo, S., & Koesnandar, E. (2016). Pengetahuan Orangtua Mengenai Obat Puyer di Poliklinik Umum Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM. In Artikel Asli 397 Sari Pediatri (Vol. 10, Issue 6).

Utami, P. R., Rohmah, M. M., Pramudita, G. A., & Parvilia, C. E. (2022). Simulasi Media Wayang Kartun Sebagai Upaya Branding Apoteker Cilik Pada Siswa Sekolah Dasar Guna Mewujudkan Lamongan Peduli Kesehatan Sejak Dini. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4609. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10956

Yuningsih, R. (2014). Analisis Segitiga Kebijakan Kesehatan Dalam Pembentukan Undang-Undang Tenaga Kesehatan. www.who.int/topics/health_policy/en/

Zakaria, M. Pd. (2019). Implementasi Program Pojok Literasi di SDN Karang Tengah 7 Kota Tangerang (Vol. 2).

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles