PEMBERDAYAAN BUMDES MELALUI EDUKASI DIGITAL MARKETING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17584Keywords:
BUMDes, Digital Marketing, Local Economy, Education, Hardskill, Empowerment, Sales, Business Competition, Knowledge, Softskill.Abstract
Abstrak: Dalam upaya menghadapi persaingan global dan memperluas pasar produk lokal, pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi penting. Jadi, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang digital marketing, kemampuan softskill dan hardskill anggota BUMDes, serta pertumbuhan pendapatan BUMDes melalui peningkatan efektivitas pemasaran produk lokal. Pengabdian ini fokus pada BUMDes "KARYA BERSAMA" Desa Lombo, yang mengalami kendala dalam pemasaran produk dan kurangnya pemahaman tentang digital marketing. Metodenya melibatkan sosialisasi, penyuluhan, dan pelatihan digital marketing, melibatkan 15 anggota BUMDes serta tim pengabdian. Evaluasi dilakukan melalui pemantauan, wawancara, analisis penjualan, dan post-test. Hasilnya, terjadi peningkatan pemahaman tentang digital marketing dari 45,75% menjadi 75,43%, sementara kemampuan softskill dan hardskill mengalami peningkatan lebih dari 60%. Peningkatan ekonomi diukur dengan pertumbuhan pendapatan BUMDes melalui penjualan produk yang lebih efektif.
Abstract: In an effort to face global competition and expand the market for local products, empowering Village-Owned Enterprises (BUMDes) is important. Thus, the objective of this activity is to improve the understanding of digital marketing, softskill and hardskill capabilities of BUMDes members, as well as revenue growth of BUMDes through increasing the effectiveness of local product marketing. This service focused on BUMDes "KARYA BERSAMA" of Lombo Village, which experienced constraints in product marketing and lack of understanding on digital marketing. The method involved socialisation, counselling, and digital marketing training, involving 15 BUMDes members as well as the service team. Evaluation was conducted through monitoring, interviews, sales analysis, and post-test. As a result, there was an increase in understanding of digital marketing from 45.75% to 75.43%, while soft skills and hard skills improved by more than 60%. Economic improvement is measured by the growth of BUMDes' revenue through more effective product sales.
References
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital marketing excellence: planning, optimizing and integrating online marketing. Taylor & Francis.
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi†di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.
Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154–162.
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi pengembangan digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 9(1).
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40.
Mursalat, A., Irwan, M., Razak, M. R. R., & Asra, R. (2022). Pemberdayaan Panti Asuhan melalui E-commerce sebagai Media Bisnis untuk Menunjang Kreativitas dan Kemandirian Berwirausaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1228–1238.
Nursanty, E., Dasilva, T. M. F. B., Ambarwati, R., Fatarina, E., & Zhafira, F. I. (2023). Sosialisasi Pengembangan Umkm Untuk Menumbuhkan Potensi Kewirausahaan Di Kelurahan Wonoplumbon Kec Mijen Kota Semarang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3307–3316.
Purnomo, N. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376–381.
Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474.
Putra, I. G. S., Nababan, D., & Ligar, A. (2020). Dampak Pelatihan Manajemen Kreatif Industri Peci Menuju Sentra Peci Di Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 75–82.
Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V., Anggraini, I. D., Hermawan, H. D., Mukhlasin, L., & Kurniawan, D. (2022). Efektivitas Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Marketing di Konveksi BUMDes. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 123–132.
Saniyyah, S., Adviola, T. F., & Swasti, I. K. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM di Kota Blitar Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 30–39.
Setiyani, L., Effendy, F., Jajang, J., & Yulianto, R. M. (2021). Peningkatan Minat Digital Marketing Bagi Siswa SMK Teknologi Karawang Melalui Pelatihan Adobe Photoshop. Jurnal Abdimas: Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1), 23–29.
Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan pemasaran produk dalam memanfaatkan media sosial di era digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44.
Silajadja, M., Magdalena, P., & Nugrahanti, T. P. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100.
Silvana, S., Idris, M., & Maryadi, M. (2023). Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Lingkup Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sidrap. Cash Flow Jurnal Manajemen, 2(3), 496–508.
Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan Pendidik Sebagai Sumber Daya Manusia Untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital. Jurnal Sosial dan Teknologi, 2(6), 498–505.
Wahdati, A., Octaviani, F., & Komalasari, S. (2022). Pentingnya Analisis Jabatan Dalam Meningkatkan Kompetensi Organisasi. Jurnal Ecoment Global, 7(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).