PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI EDUKASI MEDIA POSTER BERBASIS APLIKASI CANVA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17585Keywords:
Canva App, Poster Media, Professional Competence of Teachers.Abstract
Abstrak: Canva merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu guru dalam mendesain media pembelajaran yang menarik. Aplikasi ini juga daat diakses seluruh fiturnya secara gratis bagi guru-guru. Hanya saja dilokasi mitra, guru-guru masih belum mengerti dan paham cara akses dan penggunaannya. Inilah yang menjadi tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan kompetensi profesional guru melalui edukasi media poster berbasis Canva. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada akhir bulan Juni 2023, yang pesertanya adalah guru-guru di SMP Negeri Fatumfaun berjumlah 19 orang. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan edukasi melalui pelatihan dan pendampingan langsung kepada guru-guru secara langsung dalam membuat media poster menggunakan. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan produk berupa media poster yang dibuat oleh peserta pengabdian. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengisi kuesione r yang bersisi 7 pertanyaan bagi peserta untuk melihat respon terhadap kegiatan pengabdian. Dari hasil evaluasi diperoleh secara keseluruhan respon peserta sebesar 88,72% yang berarti berada pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini telah mencapai tujuan yakni mengembangkan kompetensi profesioanl guru melalui edukasi media poster menggunakan Canva. Selain itu, kegiatan ini juga telah menambah wawasan dan pengetahuan guru-guru untuk memanfaatkan aplikasi canva dalam pembuatan perangkat dan media pembelajaran yang lebih menarik.
Abstract: Canva is one application that can help teachers in designing interesting learning media. This application can also be accessed all its features for free for teachers. It's just that at the partner location, teachers still don't understand and understand how to access and use it. This is the purpose of this activity, which is to develop teacher professional competence through Canva-based poster media education. This service activity will be carried out at the end of June 2023, with 19 teachers at Fatumfaun State Junior High School. This method of service is carried out by providing education through training and direct assistance to teachers directly in making poster media using. This service activity produces products in the form of poster media made by service participants. Evaluation of activities is carried out by filling out a questionnaire with 7 questions for participants to see the response to service activities. From the evaluation results, the overall response of participants was 88.72%, which means it is in the very good category. This shows that this service activity has achieved the goal of developing teacher professional competence through poster media education using Canva. In addition, activities.
References
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model media pembelajaran e-komik untuk SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43–59.
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Ambaryani, A., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 19–28.
Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563-572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238
Ekowati, M. A. S., Dananti, K., Wening, S., & Ningrum, E. D. P. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Canva pada Matakuliah Jaringan Komputer. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 7(1), 10-19. https://doi.org/10.36596/jitu.v7i1.1005
Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar. 1-8. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744
Fahrozi, W., & Hts, D. I. G. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pada Siswa SMA. JICS : Journal Of International Community Service, 2(01 Juni), 59-68.
Fatihah, W., & Ruhiat, Y. (2023). Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis Canva pada Pokok Bahasan Asam-Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 57-61. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.36674
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14-25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Husaini, H. (2021). Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid-19 di Kota Lhokseumawe. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(2), 299-322. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i2.408
Kaffah, L. S., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 482–492.
Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan desain aktivitas pembelajaran matematika digital dengan menggunakan Desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 192–199.
Laelasari, L. (2013). Upaya Menjadi Guru yang Profesional. Edunomic, 1(2), 271674.
Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760-768. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084
Mila, N., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 181–188.
Mudinillah, A., & Isnain, D. N. I. (2021). Pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas III madrasah ibtidaiyah. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 55–65.
Natsir, S. R., Samritin, S., Sari, E. R., Lestari, A. A., Justia, J., & Rahmawati, R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar Negeri Pesisir Pantai Kota Baubau dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5014-5023. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1472
Nurinayati, F., Sartono, N., & Evriyani, D. (2014). Development of digital comic as learning media on immune system topic in SMAN 13 Jakarta. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 47–52.
Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.
Pratama, H. P., Fuada, S., Sari, N. T. A., Putri, D. I. H., Maulana, F., Salmadiina, A., Rabbani, R. F., Subagja, B., Kholidatuzzahra, Z., & Baha’udin, M. (2021). A training on digital book production for teachers at Lab School of UPI, Purwakarta. Community Empowerment, 6(9), 1585–1599.
Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, F., Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi MIPA SMA Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 179–186.
Ratnasari, D. T., & Ginanjar, A. (2019). Pengembangan komik digital sebagai media edukasi penanggulangan bencana alam. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 481–488.
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energ. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 2(1), 14-18.
Saputro, A. D. (2016). Aplikasi komik sebagai media pembelajaran. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(1), 1–19.
Setyaningsih, H. A., & Winarno, M. H. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar PPKn Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM. Jurnal Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(2), 129-140.
Sugiarti, D. Y. (2019). Pengelolaan profesionalisme guru. Jurnal Genta Mulia, 10(1), 106-111.
Suharyanto, E., Tristianto, C., & Persada, G. N. (2022). Cara Desain Poster Promosi Dari Aplikasi “Canva†Pada SMP PGRI 1 Ciputat. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 171-177. https://doi.org/10.53769/jai.v2i2.218
Utami, M. Z., Setiawan, I., Risdianto, E., & Viona, E. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi alat-alat optik. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. 15 Januari 2021, 344-350.
Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91-102. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211-221. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Wiyanti, D. T., Rosyida, I., Kharis, M., Munahefi, D. N., & Azmi, K. U. (2021). Application of Mobile-Based Visual Content for Schools During a Pandemic. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 508–513.
Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Guru Dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 229-234. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.127
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).