PELATIHAN FOTOGRAFI KEMANUSIAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN CAKAP BERMEDIA DIGITAL

Authors

  • Rifma Ghulam Dzaljad Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Yulia Rahmawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17657

Keywords:

Digital Literacy, Humanitarian Photography, Social Media.

Abstract

Abstrak: Fotografi sebagai salah satu media komunikasi visual yang sangat signifikan dalam menyampaikan pesan di era digital, terutama nilai-nilai kemanusiaan. SMK Nusantara 1 Ciputat merupakan sekolah yang memiliki visi menguasai iptek, unggul, religius, inovatif, demokratis, dan berwawasan lingkungan. Keterampilan fotografi kemanusiaan menjadi suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh para pelajar selaku generasi muda dalam menggunakan media digital. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan fotografi kemanusiaan pada pelajar SMK Nusantara 1 Ciputat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat dengan ceramah, diskusi, praktik dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukan bahwa peserta terdiri dari 40 pelajar dari SMK Nusantara 1 Ciputat, dengan 14 perempuan dan 26 laki-laki. Kelas yang mengikuti dari kelas 10 dengan jumlah 16 pelajar dan kelas 11 dengan jumlah 24 pelajar. Dalam pengetahuan dasar fotografi dan kemanusiaan, seperti alat kamera, cara mengambil gambar, dan nilai kemanusiaan terdapat peningkatan dengan rentang 1 sampai 7 poin.

Abstract: Photography is a very significant visual communication medium in conveying messages in the digital era, especially human values. SMK Nusantara 1 Ciputat is a school that has a vision of mastering science and technology, excellence, religion, innovation, democracy and environmental insight. Humanitarian photography skills are an ability that students as the younger generation must have when using digital media. The aim of this service is to increase the knowledge and skills of humanitarian photography among students at SMK Nusantara 1 Ciputat. The methods used in community service include lectures, discussions, practice and evaluation. The results of the service showed that the participants consisted of 40 students from SMK Nusantara 1 Ciputat, with 14 women and 26 men. The classes that take place are from class 10 with a total of 16 students and class 11 with a total of 24 students. In basic knowledge of photography and humanity, such as camera equipment, how to take pictures, and human values, there is an increase in the range of 1 to 7 points.

Author Biography

Rifma Ghulam Dzaljad, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

References

Amaliah, R., Negara, R. A., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. In Apji.or.Od (Issue June). apji.or.id

Buku Panduan Pengabdian dan Pemberdayaan LPPM UHAMKA Tahun 2018

Enrieco, H. H. E. (2019). Analisis Human Interest Pada Pameran Foto Karya Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Dan Bahasa Ubsi. Komunika, 3(Vol 3, No 1 (2019)), 214–225. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Komunika/article/view/4652/2553

Hardianti, M., Latief, R., & Alamsyah, M. U. H. (2020). Nilai Kemanusiaan Dalam Esai Foto Jurnalistik “ Mereka Masih Butuh Bantuan †Pada Rubrik Esfos Surat Kabar Harian Fajar. Jurnal Washiyah, 1(2), 345.

Irsyad, T. M. (2022). Meningkatkan Kualitas Konten Fotografi Instagram Bunga Bali Craft. 2(2), 153–162.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Pramiswara, I. G. A. N. A. Y. (2021). Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Promosi Budaya. Danapati : Jurnal Komunikasi, 1(2), 126–138.

Rahmwati, D., Sariwaty, Y., Octaviani, F., & Rahmayani, R. (2020). Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Sosial & Abdimas, 2(1), 1–8.

Romadhoni, A. (2023). Pengertian Fotografi Jurnalistik Pada Media Online. Jurnal IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, Dan Media Baru, 3(1), 14–21. https://doi.org/10.52290/i.v14i2.115

Sabaruddin, S. (2022). Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347

Setyawan, D., Lukito, R., & Sirojudin, M. W. (2022). Pendidikan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung, 2, 139–144. https://ocs.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/340

Wening Sari, Y. (2019). Menciptakan Generasi Yang Bijak Dalam Penggunaan Media Sosial. El-Tarbawi, 12(1), 65–74. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss1.art5

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles