SEKOLAH PEREMPUAN: PEMBERDAYAAN ORGANISASI AISYIYAH KABUPATEN LAMONGAN MELALUI PROGRAM WOMANPRENEUR BERBASIS E-COMMERCE

Authors

  • Ika Purwanti Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Umar Yeni Suyanto Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Muhammad Dzikri Abadi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Erna Nur Faizah Manajemen, Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17703

Keywords:

E-Commerce, Digital Marketing, Empowerment, Womanpreneur.

Abstract

Abstrak: Program pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pembinaan kewirausahaan menjadi salah satu pilar perjuangan Aisyiyah, Organisasi sosial kemasyarakatan Perempuan Muhammadiyah di kabupaten Lamongan. Para wirausaha Perempuan Aisyiyah Lamongan menghadapi beberapa kendala yakni kurangnya jaringan bisnis, keterampilan manajemen usaha dan pemasaran. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha dan meningkatkan jangkauan wilayah pemasaran. Metode pengabdian yang digunakan adalah Community Development, yang terdiri dari tahap observasi/survey awal, Focus Group Discussion/FGD dan sosialisasi kegiatan, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi kegiatan yang dilakukan dengan mengisi soal pre-test dan post-test. Mitra dalam pengabdian ini adalah Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Lamongan. Anggota Aisyiyah Lamongan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan manajemen usaha sebesar 86,7% dan pemasaran digital 95% sesudah kegiatan pengabdian. Peserta mengetahui dan dapat menerapkan perencanaan bisnis dan promosi digital untuk memperbaiki strategi usaha yang telah dibuat. PDA Lamongan juga menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan partisipasi Perempuan di sektor ekonomi melalaui teknologi digital.

Abstract: The women's economic empowerment program through entrepreneurship development is one of the pillars of Aisyiyah's struggle, the Muhammadiyah Women's social organization in Lamongan district. Aisyiyah Lamongan women entrepreneurs face several obstacles, namely the lack of business networks, business management and marketing skills. The aim of this service is to increase knowledge and skills in managing a business and increase the reach of marketing areas. The service method used is Community Development, which consists of an initial observation/survey stage, Focus Group Discussion/FGD and socialization of activities, training and mentoring, as well as evaluation of activities carried out by filling in pre-test and post-test questions. The partner in this service is the Regional Leadership of 'Aisyiyah (PDA) Lamongan. There were 60 Aisyiyah Lamongan members who took part in this activity. The results of the dedication show that there has been an increase in business management knowledge and skills by 86.7% and digital marketing by 95% after the service activities. Participants know and can apply business planning and digital promotions to improve the business strategies they have created. PDA Lamongan also shows a strong commitment to increasing women's participation in the economic sector through digital technology.

References

Akbar, R. R. N., Endayani, F., Salsabila, S., & ... (2022). Pengembangan Proposisi Nilai Bisnis Melalui Pelatihan Business Model Canvas Pada Godress Koffie Malang. Jurnal Pengabdian ….

Alawiah, E. T., Setyorini, D., & Hasanudin. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pelatihan Pembuatan Label Kemasan menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 279–285. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.163

Almuntaha, E., Mawadati, A., Lestari, N., Purwanto, Y., Raharjo, S., Setyaningsih, E., Rahayu, S. S., Purnawan, P., & Dzakiya, N. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital dan Pengembangan Web untuk Mendukung Penjualan Komoditas Porang pada Kelompok Tani Yin Porang di Wonogiri. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31599/jstpm.v3i1.920

Apasrawirote, D., Yawised, K., & Muneesawang, P. (2022). Digital marketing capability: the mystery of business capabilities. Marketing Intelligence & Planning, 40(4), 477–496.

Bangun, C. S., & Purnama, S. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826

Chinakidzwa, M., & Phiri, M. (2020). Exploring digital marketing resources, capabilities and market performance of small to medium agro-processors. A conceptual model. In Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR) (Vol. 14). www.jbrmr.comA

Kusumawardhani, R., Kurniawan, I. S., & Ningrum, N. K. (2020). Pelatihan Pemasaran Digital dan Manajemen Usaha Untuk Akselerasi Kinerja UKM Pengrajin Bambu di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman Digital Marketing Training And Business Management For The Acceleration Of The Performance Of Bamboo Craftsmen Smes In Tirtoadi Village. 5(1), 11. https://doi.org/10.30653/002.202051.306

Pandu Negoro, Y., & Salim Dahda, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Business Model Canvas Bagi Usaha Kecil Menengah Sidayu Gresik Business Model Canvas Development Training for Small and Medium Enterprises in Sidayu Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 207–214. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1488

Pimpinan Pusat ’Aisyiyah. (n.d.). Sejarah ‘Aisyiyah. Https://Aisyiyah.or.Id/Profile. Retrieved October 7, 2023, from https://aisyiyah.or.id/profile

Pramularso, E. Y., Nurhayaty, E., Susilowati, I. H., & Marginingsih, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Business Plan Dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas (Bmc) Pada Komunitas Perempuan Indonesia Maju. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 726. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8335

Purwanti, I., Lailyningsih, D. R. N., & Suyanto, U. Y. (2022). Digital Marketing Capability and MSMEs Performance: Understanding the Moderating Role of Environmental Dynamism. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 15(3), 433–448. https://doi.org/10.20473/jmtt.v15i3.39238

Saragih, S., Veronica, S., Margaretha, M., Lisan, H., Harianti, A., Sherlywati, Budiningsih, T., Herlina, & Zaniarti, S. (2022). Pengembangan Keahlian Manajerial Para Pelaku Usaha UMKM melalui Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 8(1), 27–34. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/4903%0Ahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/download/4903/3997

Sardanto, R., Damayanti, S., Muslih, B., Sumantri, B. A., & Khiftiyah, F. A. (2022). Pelatihan Penyusunan Bisnis Model Kanvas Untuk Peningkatan Daya Saing Kelompok Umkm Desa Karang Talun. In Abdimas Akademika (Vol. 3, Issue 02).

Sulastri, S., Adam, M., Saftiana, Y., Nailis, W., & Putri, Y. H. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Bisnis Model Kanvas Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 121. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6120

Suyanto, U. Y., & Purwanti, I. (2020). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 189–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.299

Utomo, H. S., & Susanta, S. (2020). The Effect of Digital Marketing Capability Against Marketing Performance with Innovation as mediation (Study on Batik SMEs during the Covid-19 Pandemic). 166–173. https://doi.org/10.31098/pss.v1i1.193

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik (Pertama, Vol. 1). Kencana Prenada Media Group. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4430/1/BUKU%20PENGEMBANGAN%20MASYARAKAT%20%281%29.pdf

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles