PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA KE PESONA ALAM DANAU TALANG

Authors

  • Robby Usman Fakultas Desain Komunikasi Visual/Desain Komunikasi Visual/ Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Widia Marta Fakultas Desain Komunikasi Visual/Desain Komunikasi Visual/ Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17808

Keywords:

Solok Regency, Talang Lake, Tour, Video Promotion.

Abstract

Abstrak: Sumatera Barat memiliki wisata alam yang beragam, dari indahnya pegunungan hingga daerah tepian pantai. Salah satu daerah yang menjadi fokus dalam pengabdian ini ialah Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Daerah Kampung Batu, Kabupaten Solok, adalah rumah bagi pesona alam Danau Talang, sebuah destinasi wisata alam yang potensial namun belum sepenuhnya tergali. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan merancang video promosi kreatif sebagai inisiatif pengabdian kepada masyarakat, dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisata ke Danau Talang. Metode pengabdian dilaksanakan dengan proses pendampingan untuk merancang dan menciptakan video promosi dengan teknis melibatkan antara mitra yaitu Pokdarwis, masyarakat, dengan tim pengabdian. Tahap awal melibatkan survei dan identifikasi masalah terkait wisata Danau Talang. Selanjutnya, pengabdian ini akan bekerja sama dengan pengelola dalam mengumpulkan materi visual, cerita lokal serta merekam keindahan alam sekitar Danau Talang. Video ini mencakup pemandangan alam yang menakjubkan dan aktivitas wisata. Hasil dari pengabdian ini berupa video promosi kreatif yang bisa menjadi alat promosi Danau Talang kepada wisatawan. Persentase kunjungan di Danau Talang naik menjadi 40% dari bulan sebelumnya. Pengabdian ini memberikan kontribusi langsung dalam mendukung pengembangan pariwisata lokal, meningkatkan partisipasi komunitas dalam promosi pariwisata, dan pemerintah daerah dapat memajukan sektor pariwisata di daerah tersebut.

Abstract: West Sumatra boasts diverse natural attractions, ranging from majestic mountains to coastal areas. One of the areas of focus in this community service is Solok Regency, West Sumatra. The Kampung Batu area in Solok Regency is home to the natural beauty of Lake Talang, a potentially stunning tourist destination that has yet to be fully explored. This community service aims to develop and design a creative promotional video as a community service initiative, with the goal of increasing tourism visits to Lake Talang. The community service method involves collaboration between the service team, the local community, and the local government. The initial stage involves surveys and identifying issues related to tourism at Lake Talang. Subsequently, this community service will work with local stakeholders to gather visual materials, local stories, and capture the natural beauty surrounding Lake Talang. The video will showcase breathtaking natural landscapes and tourist activities. The outcome of this community service is a creative promotional video that can serve as a marketing tool for Lake Talang to attract tourists. This community service directly contributes to supporting local tourism development, enhancing community participation in tourism promotion, and enabling the local government to advance the tourism sector in the region.

References

Alimuddin, Dedi Supendra, Liza, M. S. R. (2022). PKM Inovasi Desa Wisata Kreatif Berbasis Sport Tourism di Kawasan Wisata Danau Talang , Nagari Kampung Batu Dalam , Kecamatan Danau Kembar , Kabupaten Solok PKM Innovation for Creative Tourism Villages Based on Sport Tourism in the Talang Lake Tourism Are. Panrita Abdi LP2M Universitas Hasanudin, 7(1), 91–98.

Andreana, Angelika Gita; Aprianti Nurhidayah, Amelia, Ardianto Randa Bunga, Drista Putra Triadito, Rizal Pangestu, S. K. F. (2023). Perencanaan Aset Video Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Wisata Kampung Malahing Bontang. 4(2), 1089–1097.

Andyko, M., Musthofa, M., Ansyorie, A., Aris, M., Suwarno, E., Ayu, V., Dewi, K., Amadea, A., Ira, N., Maharani, M., & Hasan, F. I. (2022). Media Informasi Signage System Di Kawasan. Prosiding Hapemas, 3(1), 189–195.

Azman, H. A., Putri, S. L., & Sari, P. E. (2023). Strategi Pengembangan desa wisata dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal ( PRA) pada Nagari Talang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 25(1), 140–152. https://doi.org/10.47233/jebd.v25i1.745

Hasyim, M., Kuswarini, P., Promosi, P. V., Khas, K., Selatan, S., & Asing, W. (2023). Perancangan Video Promosi Kuliner Khas Sulawesi. 4(2), 2951–2958.

Hendrizal. (2023). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat. Jurnal Kajian Ruang, 3(April), 52–63. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kr

Hidayat, A., Ananda, E. T., Ardiningrum, A., Fadhilah, A., Gunawan, M. R., Fachraeni, D., Asyanto, H., & Andini, Y. P. (2022). Pengembangan Wisata Danau Talang Melalui Perbaikan Sarana dan Prasarana Tahun 2021. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 7–16. https://doi.org/10.54082/jamsi.553

Ichsan, Reza Nurul, D. S. (2022). Sosialisasi Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pariwisata Di Dinas Pariwisata Kota Medan. 53(2), 19–24.

Khairat, A., Politeknik, N., & Padang, N. (2022). Pemetaan Potensi Pengembangan Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok Sebagai Destinasi Wisata Rural. Padang, 3(1), 11–22.

Latiep, I. F., & Putri, A. R. F. (2023). Penggunaan Video Konten Dalam Memperkuat Promosi Produk. 1(2), 1–6.

N. Neni Triana, Afif Hakim, Muhamad Sayuti, Annisa Indah Pratiwi, L. R. K. (2023). Pembuatan Video Promosi Kerupuk Aphe. 2359–2371.

Putra, A. W. (2023). Kata Kunci: Model Alih Wahana, Puisi Berjalan ke Arahmu, Seni Pertunjukan Multimedia. 7(April).

Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). Strategi Pengembangan Objek Wisata. Akrab Juara, 5(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Syafrianto, D., Permata Sari, A., Alimuddin, Chaeroni, A., & Arifan, I. (2023). Pengembangan Potensi Wisata Sport Tourism di Kawasan Wisata Danau Talang Kabupaten Solok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Olahraga Dan Kesehatan (Jaso), 2(2), 57–63. https://doi.org/10.24036/jaso.v2i2.24

Wiraseptya, T., & Adinda, L. P. (2023). Perancangan Video Promosi Cafe Aling Bao Menggunakan Teknik Short Movie. 2, 31–35.

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles