PELATIHAN TAHSIN BACAAN SHOLAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN SHOLAT MELALUI METODE MUQOTHA’AH PADA IBU-IBU AISYIYAH RANTING PUJI MULIO

Authors

  • Abd Rahman Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Qorib Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zuliana Zuliana Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17846

Keywords:

Tahsin, Reading, Prayer.

Abstract

Abstrak: Kegiatan pelatihan tahsin bacaan sholat dalam program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan sholat dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada anggota Ranting Aisyiyah Puji Mulio tentang Tahsin atau perbaikan bacaan sholat mulai dari bacaan iftitah sampai Tasyahhud Akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sholat dari segi bacaannnya. Kegiatan ini diikuti oleh 67 peserta dari anggota Aisyiyah Puji Mulio. Metode yang digunakan meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Sistem evaluasi menggunakan metode lisan dengan indikator keberhasilan adalah ketepatan dalam mengucapkan bacaan dari segi makharijul huruf, mad dan waqaf. Hasil dari kegiatan ini adalah dari 67 peserta terdapat 48 peserta (72%) dapat membaca dengan baik dan meningkat dari sebelumnya, serta 19 peserta (14%) masih membutuhkan bimbingan.

Abstract: Tahsin prayer reading training activities in this community service program aims to improve the quality of prayer reading by providing training and mentoring to Aisyiyah Puji Mulio branch members about Tahsin or improvement of prayer readings ranging from Iftitah readings to final Tasyahhud. This activity aims to improve the quality of prayer in terms of reading. This activity was attended by 67 participants from Aisyiah Puji Mulio members. The methods used include preparation, implementation and evaluation. Evaluation system using the oral method with indicators of success is the accuracy in pronouncing the reading in terms of makharijul letters, mad and Waqf. The result of this activity is from 67 participants there are 48 participants (72%) can read well and improved from before, and 19 participants (14%) still need guidance.

References

Abd Rahim, Syuhaida Idha and Yakob, Mohd Asmadi and Mohd Mansor, S. K. and M. (2016). Rukiah, Talaqqi Method in Teaching and Learning Islamic Education at Pondok Institutions. Global Journal of Business and Social Science Review, 4(3), 68–73.

Abduh, M. (2015). Huruf Muqothoah dan hikmahanya.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (IV). Rineka Cipta.

Fitri Tanjung, E., Hayati, I., & Hasibuan, M. F. (2022). Application of Learning of The Quran With the Tartila Method in Class IX Students IX Students of MTs Muhammadiyah 04 Sibolga. Jurnal Pendidikan, 14(2), 1257–1270. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1187

Harahap, Y. P. (2013). Tuntunan Ibadah (Sesuai HPT Muhammadiyah dan Kesalahan-kesalahan dalam Sholat). Guepedia.

Harfiani, R. (2021). Learning Tahfidzul Qur’an At the Extraordinary School “Sahabat Al-Qur’an†in Binjai. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 2(39), 1–12. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/izdihar/index

Nurjannah. (2014). Lima Pilar Rukun Islam Sebagai Pembentuk Kepribadian Muslim. Jurnal Hisbah, 11(1), 39.

PT. Hidakarya Agung. (1990). Kamus Arab-Indonesia.

Rasyidin, A. (2015). Falsafah Pendidikan Islaman Aksiologi Praktik Pendidikan, Membangun Kerangka Ontologi Epistimologi, d (Ketiga). Citapustaka Media Perintis.

Romadhon, Y. . (2019). Pengembangan Alat Ukur Khusyuk Sholat Dalam Kaitan Pengaruh Positifnya Bagi Kesehatan. Magna Medika : Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan. Vol 6, No.1 89–90.

Romadhon, Y. A. (2018). Model Pengukuran Kekhusyukan Sholat Dengan Pemeriksaan Elektrofisiologi Kuantitatif’. Proceeding of The 8th University Research Colloquium : Bidang MIPA dan Kesehatan, 4.

Sabiq, S. (2015). Ringkasan Fikih Sunnah.

Sulastri, T., Ghazal, S. Al and Asikin, I. (2022). Pola Asuh Orang Tua dalam Ibadah Sholat Lima Waktu Anak Usia 7-10 Tahun. Bandung Conf. Ser. Islam. Educ, Vol. 2, No.2, 230–235.

Suwarno. (2016). Tuntunan Tahsin Al-Quran. Deepublish.

Tsalitsah, I. M. (2020). Rukun Islam Dalam Kajian Tekstual dan Kontekstual. Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama/Vol. 6, No. 1, (57-66). Muhammad Abduh. 2015. Huruf Moqothoah dan Hikmahnya.

Yahya, A. (2021). Huruf Muqathaah: Cara Baca dan Pembagiannya dalam Ilmu Tajwid.

Zailani, E. S. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs Madinatussalam Medan. AR-RASYID : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 114–120.

Published

2023-12-06

Issue

Section

Articles