PENINGKATAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI MELALUI PELATIHAN FROZEN HEALTHY FOOD

Authors

  • Yani Rizal Fakultas Ekonomi, Samudra University
  • Muhammad Fuad Fakultas Ekonomi, Samudra University
  • Natasha Natasha Fakultas Pertanian, Samudra University
  • Rini Mastuti Fakultas Pertanian, Samudra University
  • Sorbakti Sinaga Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.18029

Keywords:

Community Empowerment, Frozen Healthy Food, Vegetable Nuget.

Abstract

Abstrak: Kelompok Wanita Tani (KWT) Citra Karsa merupakan UMKM yang bergerak dalam sektor produksi sayur-sayuran. Untuk meningkatkan pendapatan kelompok maka perlu adanya modifikasi produk. Nuget sayur merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi dan sehat serta memiliki nilai ekonomi namun masih dapat terjangkau oleh semuan kalangan. Tujuan dilakukannnya pengabdian ini adalah meningkatkan hardskill dan softskill mitra dalam hal mengolah sayuran menjadi produk frozen healthy food, pemasaran produk, dan peningkatan pendapatan mitra. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Focus Group Discussion (FGD), Pelatihan dasar-dasar kewirausahaan, pengolahan nilai tambah produk sayuran, promosi dan pemasaran, Pendampingan, Monitoring dan evaluasi, Pendampingan pasca kegiatan, dan Persiapan pengabdian tahap 2. Hasil pengabdian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa telah terjadi peningkatan hardskill dan softskill mitra hingga 90% serta mitra telah mampu memproduksi nuget sayur yang dapat diterima oleh pasar dan mitra telah mampu mendapatkan peghasilan Rp. 1.250.000 per bulan. Hasil pengabdian ini menunjukkan potensi yang sangat besar serta pentingnya pengabdian lanjutan untuk mengembangkan mitra KWT Citra Karsa lebih baik.

Abstract: The Citra Karsa Women Farmers Group (KWT) is an MSME operating in the vegetable production sector. To increase the group's income, it is necessary to modify the product. Vegetable nuggets are a food item with nutritional and healthy content, as well as economic value, while remaining affordable for all groups. The aim of carrying out this service is to improve partners' hard skills and soft skills in processing vegetables into frozen healthy food products, product marketing, and increasing partners' income. The methods used in this service include Focus Group Discussions (FGD), training on the basics of entrepreneurship, value-added processing of vegetable products, promotion and marketing, mentoring, monitoring and evaluation, post-activity assistance, and preparation for stage 2 of the service. The results of the service show that there has been a 90% increase in partners' hard skills and soft skills. Partners have successfully produced vegetable nuggets that are accepted by the market, and they have been able to earn an income of Rp. 1,250,000 per month. The results of this service show enormous potential and emphasize the importance of continued service to better develop KWT Citra Karsa partners.

References

Abdullah, Awaluddin, S. P., Nurani, Azis, I., & Muntasir. (2022). Pelatihan Produksi dan Pemasaran Produk Nugget Nabati untuk Membentuk Wirausaha Baru di Bonto Langkasa Kabupaten Pangkep. 3(2), 221–232.

Ameen, M., Latif, M., Iqbal, M. F., Ahmad, F., Ali, J., Yaqoob, I., Hasan, M. U., Sagheer, M., Ahmed, M., & Iqbal, Z. (2018). International Journal of Current Research in Biology and Medicine. Int. J. Curr. Res. Biol. Med, 3(3), 22–25. https://doi.org/10.22192/ijcrbm

Anwar, C. R. (2017). Fast Food: Gaya Hidup dan Promosi Makanan Siap Saji. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 54. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1615

BPS. (2021). Kecamatan Rantau dalam Angka. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Fuhrman, J. (2018). The Hidden Dangers of Fast and Processed Food*. American Journal of Lifestyle Medicine, 12(5), 375–381. https://doi.org/10.1177/1559827618766483

Ghofur, M. A., Mushollaeni, W., & Tantalu, L. (2022). Strategi Komunikasi Pengenalan Krokot melalui FGD Desa sebagai Produk Potensial Kreatif Desa Wonosalam. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(2), 288–297. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i2.132

Isa, R., Adam, N. A. M., Subari, S. A. A., Nordin, S. S., & Fauzi, R. (2022). Food Access and Fast-Food Consumption Behaviour among Health Sciences Students at Uitm Puncak Alam. Malaysian Journal of Nursing, 13(4), 3–9. https://doi.org/10.31674/mjn.2022.v13i04.001

Kristiandi, K., Mahmuda, D., Yunita, N. F., & Maryono, M. (2022). Pendampingan Pembuatan Dan Pengemasan Frozen Food Pada Ibu Rumah Tangga. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 216. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1037

Kusumandari, R., & Isrida Yul Arifiana. (2022). Pelatihan Studentpreneurship sebagai Upaya Peningkatan Lifeskill dan Efikasi Diri dalam Berwirausaha pada Pelajar SMA/SMK di Jawa Timur. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 139–146. https://doi.org/10.37802/society.v2i2.211

Lailiyah, W. N., Tanjung, G. S., Rifqiyyah, Q. Z., Suhaili, Zumroh, A., & Maulidah, A. W. (2023). Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan dalam Rangka Pencegahan Stunting di Desa Gintungan Lamongan. Journal of Community Service, 5(2), 143–149.

Laksono, R. A., Mukti, N. D., & Nurhamidah, D. (2022). Dampak Makanan Cepat Saji Terhadap Kesehatan pada Mahasiswa Program Studi “X†Perguruan Tinggi “Y.†Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 14(1), 35–39. https://doi.org/10.52022/jikm.v14i1.282

Majabadi, H. A., Solhi, M., Montazeri, A., Shojaeizadeh, D., Nejat, S., Farahani, F. K., & Djazayeri, A. (2016). Factors influencing fast-food consumption among adolescents in Tehran: A qualitative study. Iranian Red Crescent Medical Journal, 18(3), 7–9. https://doi.org/10.5812/ircmj.23890

Mastuti, R., & Fuad, M. (2023). Penerapan Feed Technology pada Kelompok Peternak Kambing Mawah Farm Aceh. 7(1), 1–2.

Mastuti, R., Fuad, M., Alamsyah, W., & Fadhil, E. (2023). Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Melalui Program Kosabangsa. 7(4), 3455–3467.

Mulyani, P. A., Sudiartini, N. W., & Sariani, N. L. P. (2020). Perilaku masyarakat kota denpasar dalam mengkonsumsi makanan cepat saji (Fast food). JUMA: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 91–103.

Novita. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Frozen Food pada Kelompok Usaha Bersama. Pengabdian Kompetitif, 1(1), 9–17.

Patel, & Goyena, R. (2019). Strategi Bisnis Frozen Food dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga pada Mitra Usaha Peternakan di Desa Bontosunggu Kec. Bajeng Kab. Gowa. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25.

Patimang, A., & Saraswaty, A. (2022). Pengolahan Dan Pemasaran Nugget Ikan Pada. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2–8.

Pengolahan, P., Sayuran, N., Meningkatkan, U., Pendamping, A., Harapan, K., Desa, D., Azis, R., Nahdlatul, U., & Blitar, U. (2018). Pelatihan Pengolahan Nugget Sayuran untuk Meningkatkan Produktivitas Anggota Pendamping Keluarga Harapan Di Desa Jatinom-Blitar. 3(1), 230–236.

Ramadhani, S. P., Wibowo, P., Rahmawati, I. N., Aisyah, N., & Hidayanti, R. S. (2022). Pelatihan Pengolahan Nugget Vegetarian pada Kelompok Penggerak PKK Dusun Balekambang Desa Paseban. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 69–83. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.5899

Sadek, M. A. samie, Daoud, J. R., Ahmed, H. Y., & Mosaad, G. M. (2018). Nutritive value and trans fatty acid content of fast foods in Qena city, Egypt. Nutrition and Food Science, 48(3), 498–509. https://doi.org/10.1108/NFS-11-2017-0235

Sasongko, P., Yuniningsih, S., & Yasak, E. M. (2017). Aplikasi Frozen Food Technology Untuk Menurunkan Tingkat Kerugian Produk. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 1(1), 8–17.

Sula, A. E., Leapatra, N., Universitas, B., & Madura, T. (2021). Analisis Bisnis dan Tren Konsumsi Masyarakat Kabupaten Bangkalan Terhadap Frozen Food pada Masa Pandemi Covid 19. 14.

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles