PENYULUHAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR SMP NEGERI 6 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.1867Keywords:
Drugs, Drugs abuse, Drug preventionAbstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada pelajar di SMP 6 Duampanua Kabupaten Pinrang tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba. Bentuk aktivitas dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan strategi penyuluhan, dimana seluruh aktivitas tersebut dirancang bersama-sama dan dilakukan dalam situasi formal terhadap 25 orang siswa yang merupakan perwakilan masing-masing kelas dan tingkatan. Hasil dari pelaksanaan PKM ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta mengenai bahaya narkoba serta bagaimana upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba tersebut. Hal ini dibuktikan melaui hasil perbandingan antara pre-test dan post-test, dimana terjadi peningkatan jumlah peserta penyuluhan yang mampu menyebutkan jenis-jenis narkoba, bahaya narkoba, dan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dari 30 % menjadi 95 % dengan rata-rata nilai mencapai 87 dari skor maksimal 100.
Abstract: This community service aims to provide counseling to students at SMP 6 Duampanua Pinrang District on the prevention of drug abuse. This form of activity in community service use counseling strategy, where all the activities are designed together and done in a formal situation of 25 students who are representatives of each class and level. The results of this activity can improve participants ' knowledge of drug hazards as well as the prevention of drug abuse efforts. This is evidenced through the comparison between pre-test and post-test, where there is an increase in the number of counseling participants who can mention the types of drugs, drug hazards, and drug abuse prevention efforts from 30% to 95% with an average value of 87 from a maximum score of 100.
References
Agustang, A., & Rasyid, R. (2017). IbM Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Makassar: Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar.
Amalia, R., & Tohirin, T. (2019). Kerjasama Guru Pembimbing dan Badan Narkotika Nasional Kota Pekanbaru dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Siswa SMK Negeri 2 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 2(1), 17. https://doi.org/10.24014/idj.v2i1.7868
Angriani, R., & Irwansyah, I. (2017). Upaya Pencegahan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba di SMA Negeri 1 Pangkajene Sidenreng Rappang. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM.
Aridhona, J., Bamawi, B., & Junita, N. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Pasca Kesembuhan Pada Remaja Penyalahgunaan Narkoba Di Banda Aceh. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 43–50. https://doi.org/10.17977/um023v6i22017p043
Bella, A. V., Hafiar, H., & Syuderajat, F. (2018). Sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantas, Penyalahgunaan, Dan Peredaran Gelap Narkotika Bagi Pelajar Di Kota Bandung. EDUTECH, 16(3), 348. https://doi.org/10.17509/e.v16i3.9893
Berthanilla, R. (2019). Pengenalan Bahaya Narkoba Melalui Penyuluhan Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Menyimpang Pada Anak. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.30656/ps2pm.v1i1.1043
Fidrayani, F., & Utami, D. (2019). Program Sekolah dalam Upaya Pencegahan NAPZA. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 15(1), 39–49. https://doi.org/10.15408/harkat.v15i1.10406
Juanda, J., Fauzan, R., Satriananda, S., & Yusnianti, E. (2018). Penyuluhan Pencegahan, Penyebaran Dan Penggunaan Narkoba Di Desa Meunasah Mesjid Punteut Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi - Politeknik Negeri Lhokseumawe, 1(2). https://doi.org/10.30811/vokasi.v1i2.686
Muhammad Ridwan Lubis, G. T. P. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Melakukan Tindak Pidana Narkotika. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 580–590. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v4i2.348
Muzakir, Y. C., Junaid, & Prasetya, F. (2018). Efektivitas Media Teka-Teki Silang Dengan Metode NHT (Number Heads Together) Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kendari Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(1).
Nurlia, R. (2019). Penyalahgunaan Narkoba di Yayasann Rumah Tenjo Laut Kabupaten Kuningan Tahun 2017. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(1), 1–10.
Prisaria, N., & Suharto, S. (2012). Hubungan Pengetahuan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Tindakan Pencegahan Penyalahgunaan Napza Pada Siswa Sma Negeri 1 Jepara. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 1(1), 104961.
Rahayu, S., Subiyantoro, B., Monita, Y., & Wahyudhi, D. (2014). Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Mahasiswa. Pengabdian Pada Masyarakat, 29.
Suhertina, S., & Darni, D. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 2(1), 9. https://doi.org/10.24014/egcdj.v2i1.7251
Widyati, M. A., & Achadiyah, B. N. (2016). Persepsi Siswa Tentang Pemanfaatan Fasilitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Journal of Accounting and Business Education, 1(1). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6010
Wulandari. (2016). Implementasi Kebijakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Perderan Gelap Narkoba (P4GN) Pada Kalangan Pelajar di Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).