MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS TPACK PENTING BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.18904Keywords:
Training, Multimedia, Interactive, Teacher, Language, Indonesian.Abstract
Abstrak: Kegiatan ini diperuntukkan bagi guru-guru di SMK Tritech Informatika Medan, dengan tujuan utama meningkatkan kapabilitas guru bahasa Indonesia dalam memanfaatkan dan mengembangkan kemampuan para guru yakni multimedia interaktif berbasis TPACK. Pembelajaran bahasa Indonesia akan kurang bermakna dan tidak berkesan serta membosankan tanpa sintegritas dalam pengelolaan pembelajaran yang tepat dan tidak efektif dilaksanakan tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Hasil Pelatihan terlihat bahwa kemampuan guru bahasa Indonesia sebelum menggunakan multimedia interaktif memperoleh 70,5 pada kategori baik. Kemampuan evaluasinya 75 atau cukup baik. Kemampuan reflesi dan remedial sebesar 75,01 atau cukup baik. Sedangkan kemampuan menggunakan media dan teknologi sebesar 65,05 atau rendah. Adapun, kemampuan pembelajaran setelah menggunakan multimedia interaktif sebesar 85,5, kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran 83,3, sedangkan kemampuan evaluasi sebesar 87,9, kemampuan pengguna media dan teknologi 88,7. Dari Hasil pelatihan tersebut, menunjukkan kombinasi pendapat dari para guru bahasa Indonesia sebagai peserta pelatihan tentang multimedia interaktif, tingkat kecenderungan kepuasan guru terhadap kegiatan pelatihan, terkhusus terhadap penggunaan multimedia interaktif Sangat baik.
Abstract: This activity is intended for teachers at SMK Tritech Informatika Medan, with the main objective of increasing the capability of Indonesian language teachers in utilising and developing the ability of teachers, namely TPACK-based interactive multimedia. Indonesian language learning will be less meaningful and memorable and boring without integrity in proper learning management and ineffective implemented without attractive learning media. Training results showed that the ability of Indonesian language teachers before using interactive multimedia obtained 70.5 in the good category. The evaluation ability is 75 or good enough. Reflection and remedial skills are 75.01 or quite good. While the ability to use media and technology is 65.05 or low. Meanwhile, the learning ability after using interactive multimedia is 85.5, the ability to implement learning is 83.3, while the evaluation ability is 87.9, the ability to use media and technology is 88.7. From the results of the training, showing a combination of opinions from Indonesian language teachers as trainees about interactive multimedia, the level of teacher satisfaction tendency towards training activities, especially towards the use of interactive multimedia is very good.
References
Dary, J.W. (2010). Metode Pembelajaran dan Pengelolaan Pendidikan. Pustaka Pelajar. Jogyakarta.
Griffith, (2007). International Relations Theory for the Twenty-First Century. Routledge.
Hammond, L.D. The Flat World and Education: How America’s Commitment to Equity Will Determine Our Future (New York, NY: Teachers College Press, 2010).
Hewitt, D.D and Zimmerman, M.A. Education and Management Theory, research, and application. American Journal of Community Psychology; Oct 2008; 23, 5; Research Library Core pg. 569
Kamaruddin Yusof. (2004). Kesan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Kreativiti Pelajar. International Malaysian Educational Technology Convention, 15–22. http://www.fp.utm.my/ePusatSumber/listseminar/20.KonventionTP2007-20/pdf/volume1/03-kamarudin.pdf
Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 7(3), 133–142. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Mailani, I. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 129. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6086
Nasriani. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di MTs Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2501–2510.
Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN Rao). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118. https://doi.org/10.1093/petrology/44.8.1433
Pasya, S. A., & saputro, ari. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Belajar Mengenal Hewan Sebagai Media Edukasi Pada Tk Budi Mulia Tangerang. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 1(5), 416–421. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1036
Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.26 Tahun 2015 Tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi
Rusmiyati, Ida, D. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMPN 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–14. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416.
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57
Tsania Nur Diyana, Edi Supriana, S. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Topik Prinsip Archimedes untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182.
Kamaruddin Yusof. (2004). Kesan Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Kreativiti Pelajar. International Malaysian Educational Technology Convention, 15–22. http://www.fp.utm.my/ePusatSumber/listseminar/20.KonventionTP2007-20/pdf/volume1/03-kamarudin.pdf
Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 7(3), 133–142. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Mailani, I. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 129. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6086
Nasriani. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Mts Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2501–2510.
Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN Rao). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118. https://doi.org/10.1093/petrology/44.8.1433
Pasya, S. A., & saputro, ari. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Belajar Mengenal Hewan Sebagai Media Edukasi Pada Tk Budi Mulia Tangerang. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 1(5), 416–421. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1036
Rusmiyati, Ida, D. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMPN 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–14. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416.
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57
Tsania Nur Diyana, Edi Supriana, S. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Topik Prinsip Archimedes untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).