PROGRAM MERETAS BUTA HIJAIYAH MELALUI BIMBINGAN IQRA’ DAN TA’LIM AL-QUR’AN PADA LANSIA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.18905Keywords:
Al-Qur'an, Guidance, Hijaiyah, Iqra', Ta'lim.Abstract
Abstrak: Program Pengabdian pada masyarakat adalah implementasi dari Tri dharma perguruan tinggi. Di samping sebagai tugas pokok dosen, program ini juga sebagai jembatan untuk misi dakwah amar ma’ruf nahi mungkar. Program ini sangat urgen karena berorientasi pada pemberantasan buta hijaiyah pada lansia, penanaman nilai-nilai ilmu keislaman, pembinaan akhlaqul karimah dan mendampingi para lansia dalam memanfaatkan usia tuanya pada aktivitas yang lebih positif (‘amal solih). PKM ini dilaksanakan di TPQ Darul Mustofa Lombok Tengah, Dusun Murbaya, Kecamatan Pringgarata. Dan yang menjadi mitra dalam Pendampingan ini adalah Pembina TPQ Darul Mustofa dan Kepala Desa setempat. Adapun peserta pembinaan sebanyak 25 orang. Kegiatan ini berlangsung selama tujuh pekan dengan metode bimbingan yang terbagi ke dalam beberapa tahapan, yaitu (a) Tahsin makhraj dan sifat huruf; (b) Tahsin Makhraj dan sifat huruf dalam kata; dan (c) Tahsin bacaan panjang-pendek (tahsin tajwid), serta penggalian makna ayat al-Qur’an yang telah ditadarrus tersebut. Adapun hasil evaluasi dari bimbingan ini adalah (1) peserta bimbingan mampu membaca al-Qur’an dengan benar dan lebih baik, fasih serta dapat memahami beberapa kandungan dari ayat al-Qur’an dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan social. Prosentase kemampuan lansia dalam membaca al-qur’an meningkat dari 30% menjadi 75%; (2) Memiliki tambahan media belajar; dan (3) Kesejahteraan guru bisa lebih baik dengan pemberian insentif dari desa setempat.
Abstract: The Community Service Program is an implementation of the Tri Dharma of Higher Education. Apart from being the main task of lecturers, this program is also a bridge for the mission of preaching amar ma'ruf nahi munkar. This program is very urgent because it is oriented towards eradicating hijaiyah blindness in the elderly, instilling Islamic knowledge values, developing morals and accompanying the elderly in using their old age in more positive activities ('amal solih). This PKM was carried out at TPQ Darul Mustofa Central Lombok, Murbaya Hamlet, Pringgarata District, which is also a partner in this assistance TPQ Advisor Darul Mustofa and local Village Head, and There were 25 training participants. This activity lasted for seven weeks with a guidance method which was divided into several stages, namely (a) Tahsin Makhraj and the nature of letters; (b) Tahsin Makhraj and the nature of letters in words; and (c) Tahsin long-short reading (tahsin tajwid), as well as exploring the meaning of the verses of the Koran that have been recited. The evaluation results of this guidance are (1) Guidance participants are able to read the Koran correctly and better, fluently and can understand some of the contents of the verses of the Koran and can apply them in social life. The percentage of elderly people's ability to read the Koran increased from 30% to 75%; (2) Has additional learning media; and (3) Teacher welfare can be better by providing incentives from local villages.
References
Adiva Syaifullah, Farah Maulida Rahmah, Fathatus Salamah, T. S. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Quran Untuk Mengembangkan Bacaan Al-Quran. UMJ Semnaskat, Volume.1(nomor.1), 93–98. https://doi.org/10.31334/semnaskat.v1i1.10844
Ali, M. (2023a). Esensial Nilai-Nilai Keagamaan. In D. Adi Wijayanto (Ed.), Buku F (cet. 1, p. 147). Akademia Pustaka.
Ali, M. (2023b). observasi lapangan.
Amin, S. (2018). Ilmu Tajwid Lengkap. el-Ameen Publisher.
Amir, M. A. (2019). Ilmu Tajwid Praktis. Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid.
Anugrah Arifin, D. (2023). Buku Panduan Baca Tulis Al-Qur’an. In book 3 (5th ed., pp. 1–14). LP3IK UMMAT.
Asy-Syami, S. A. (2019). Tengakan Pikiran dan Hatimu setiap saat dengan Petuah bijak. PT. Rene Turos Indonesia.
Azaiz, A. (2020). al-Qur’an Hafalan. Cordoba.
Baqi, M. F. A. (2017). Hadis Shoheh Bukhori Muslim Terjemahan kitab lu’lu wal Marjan. Elex Media Komputindo.
Djalaludin, H. (2012). Cara Cepat Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tunjuk Silang (cet. 1). Kalam Mulia.
Drajat, A. (2017). Ulumul Qur’an Pengantar Ilmu Al-Qur’an (Cet,1). kencana.
Fauzan, M. (2020). 3. Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Perspektif Tajwid dan Makhraj Huruf Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Mashdar, volme.3(no.2), 305-3202. https://doi.org/DOI: 10.29300/mashdar.v3i2.1664
Hidayah, N. (2020a). 5. Pengaruh Metode Al-Barqy dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Pendidikan Agama Islam, volume.8(no.2), 151–168. https://doi.org/10.15408/jpai.v8i2.18375
Hidayah, N. (2020b). Pengaruh Metode Tahsin Tilawah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsN 1. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Risalah, vol.18(no.2), 263-2781. https://doi.org/10.32693/jpai.v18i2.3298
Hidayah, N. (2021). 4. Pengaruh Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, volume. 9(no.1), 1–18. https://doi.org/10.15408/jpai.v9i1.20394
Karim, A. (2022). Tajwid, tahsin Talaqqi. Fatawa Media.
Koko Adya Winata, D. (2020). J-PAI Jurnal Pendidikan Agama Islam. J-PAI, Vol.6(2).
Mawaddah, S. (2023). Jurnal Mudarrisuna. Media Kajian Pendidikan Agama Islam, vol.13(1).
Rizqi, M. (2023). Mengenali Waqof dan Ibtida’ dalamm al-Qur’an. NU ONLINE Jabar, 23(8).
Sinada, S. (2020). Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada Lansia (Studi Kasus di Desa Besole Tulungagung). Attarbiyah, volume.9(nomor.1), 1–12. https://doi.org/10.17509/attarbiyah.v9i1.21501
Suparta. (2023). Ilmu Tajwid. Sinar5news, 23(8).
Thomas Lickona. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter (Education For Character). Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).