SOSIALISASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN TANPA ENTITAS PUBLIK GUNA PENINGKATAN KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN PADA UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19191Keywords:
Bookkeeping, MSMEs, Accounting, Financial Statements.Abstract
Abstrak: UMKM ialah suatu usaha berbasis kemasyarakatan dengan bermacam-macam jenis usahanya serta berlokasi di kelurahan kotabumi – Kabupaten Tangerang. UMKM di kelurahan kotabumi memiliki permasalahan dalam proses usahanya, yakni: belum memiliki pemahaman akuntansi sesuai dengan SAK ETAP. Maka dari itu, Tim PkM mengadakan kegiatan sosialisasi akuntansi sesuai SAK ETAP untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penyelenggaraan pembukuan akuntansi sesuai SAK ETAP dalam pengkondisian usaha pegiat UMKM. Tahap pertama, adalah Tahap Persiapan. Tahap kedua, adalah tahap pelaksanaan. Dan tahap ketiga, adalah evaluasi program. Agar pelaksanaan tersebut dapat berjalan dengan baik, maka dilakukan dua pendekatan, yakni, sosialisasi dan diskusi, dengan melibatkan 15 pegiat UMKM. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, diketahui bahwa pemahaman Pengenalan akun dasar pembukuan akuntansi sesuai SAK-ETAP mengalami peningkatan sebesar 90% dari sebelumnya yakni 15%. Kedua, Pengenalan mengenai pemahaman akuntansi terkait dari alur proses akuntansi sesuai SAK – ETAP mengalami peningkatan sebesar 75% dari sebelumnya yakni 50%. Dan ketiga, Pengenalan tata cara pembuatan pembukuan akuntansi sesuai SAK – ETAP mengalami peningkatan sebesar 65% dari sebelumnya yakni 50%.
Abstract: MSME is a community-based business with various types of businesses and is located in the village of Kotabumi – Tangerang Regency. MSMEs in Kotabumi Village have problems in their business processes, namely: do not have an understanding of accounting in accordance with SAK ETAP. Therefore, the PkM Team held accounting socialization activities according to SAK ETAP to increase knowledge and understanding of the implementation of accounting bookkeeping according to SAK ETAP in conditioning the business of MSME activists. The first stage, is the Preparatory Stage. The second stage, is the implementation stage. And the third stage, is program evaluation. In order for the implementation to run well, two approaches were carried out, namely, socialization and discussion, involving 15 MSME activists. Based on the evaluation conducted, it is known that the understanding of the introduction of basic accounting bookkeeping accounts according to SAK-ETAP has increased by 90% from the previous 15%. Second, the introduction of related accounting understanding from the flow of the accounting process according to SAK – ETAP has increased by 75% from the previous 50%. And third, the introduction of accounting bookkeeping procedures according to SAK – ETAP has increased by 65% from the previous 50%.
References
Abbas, D. S., Basuki, Immawati, S. A., & Mulyadi. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Pada UKM KSPPS Abdi Kerta Raharja. Journal of Community Dedication and Development, 1(1), 11–18.
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146.
Anwar, K. (2021). 10.238 UMKM di Kota Serang Terdampak Wabah COVID-19. IDN Times.
BPS, B. P. S. (2021a). Ekonomi Indonesia tahun 2020 turun 2,07 persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html
BPS, B. P. S. (2021b). Indikator Konstruksi, Triwulan III-2020. https://www.bps.go.id/publication/2021/02/11/be518bf28fbcd8fd91386346/indikator-konstruksi-triwulan-iii-2020.html
Dasir, Utami, D., & Fahmi, I. A. (2019). Strategi Usaha Selama Pandemi Pada Umkm Pempek Di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 17(1), 24–30.
Fajrin, H. R., Rachmawati, P., & Lagaendo, A. F. (2021). Strategi Pemasaran Dan Promosi Produk Umkm 3D Ngudi Rejeki Di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2266–2272.
IAI. (2017). PSAK 1 (Laporan Keuangan). Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.
Mirzal, Ina, & Tjipto. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Produk Kerajinan di Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat. Jurnal Abdi Masyarakat, 4(2), 46–54.
Mistriani, N., Tutik, T., & Yuliamir, H. (2021). Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Informasi Bagi Karang Taruna, Umkm Masyarakat Lokal Dalam Strategi Pemasaran “ …. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(2), 505–516. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4084
Pakpahan, A. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan katalog produk untuk meningkatkan penjualan umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2–9.
Salim, E., Hendri, H., & Robianto, R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Dan Peningkatan Kinerja Dalam Menghadapi Era Digital Pada Umkm Café Tirtasari Kota Padang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 10. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1461
Syarizka, D. (2019). Kontribusi UMKM terhadap PDB 2019 Diproyeksi Tumbuh 5%. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190109/12/876943/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-2019-diproyeksi-tumbuh-5
Taqi, M., Zulfikar, R., Mulyasari, W., Ismail, T., Abbas, D. S., Dharmayanti, N., & Andriani, R. (2022). Strategi Pengelolaan Keuangan, Tata Kelola, Dan Akuntabilitas Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1283–1295.
Yarlina, V. P., Huda, S., & ... (2021). Pengembangan Dan Pemasaran Produk Pangan Lokal Secara Digital Di Era Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(4), 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4645
Yazfinedi. (2018). Usaha mikro, kecil, dan menengah di indonesia: permasalahan dan solusinya. Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, XIV, 33–41.
Yunia, D., Mulyasari, W., Nofianti, N., & Astuti, K. D. (2020). Pelatihan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Smartphone. ARSY : Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 1(1), 58–64.
Yunia, D., Muttaqin, G. F., & Mulyasari, W. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Berbasis Sak Emkm. Jurnal Warta Desa, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i2.133
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).