PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA SEBAGAI INOVASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG BAGI SISWA SD

Authors

  • Cecilia Novianti Salsinha Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor http://orcid.org/0000-0001-6786-627X
  • Hendrika Bete Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Maria Naimnule Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor
  • Dominifridus Bone Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19199

Keywords:

Jarimatics, Counting Skills, Multiplication, Pretest, Posttest.

Abstract

Abstrak: Salah satu kemampuan berhitung yang penting adalah kemampuan perkalian. Namun, masih banyak siswa yang memanfaatkan kemampuan menghafal jika diberikan soal perkalian. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, pengabdi melaksanakan workshop metode Jarimatika. Meskipun metode ini sudah banyak digunakan namun masih terdapat siswa yang belum mengenal metode ini. Oleh karena itu pengabdian ini selain bertujuan untuk memperkenalkan jarimatika kepada siswa tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa khususnya perkalian. Pengabdian ini dilaksanakan di SDK Yaswari Niki-Niki pada siswa kelas VI yang berjumlah 24 orang. Pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pemberian pelatihan teknik berhitung dengan jarimatika. Pengabdian diawali dengan memberikan Pretest untuk mengetahui kemampuan operasi hitung dasar yang meliputi perkalian bilangan 1 sampai dengan 5 dan diakhiri dengan pemberian Posttest. Berdasarkan nilai Posttest yang diperoleh, hanya ada 2 orang siswa yang memperoleh nilai rendah masing masing 60 dan 40 sedangkan siswa lain memperoleh minimal 70 untuk nilai Posttest. Hal ini menunjukkan bahwa 83,33% siswa memahami dengan baik materi yang diberikan.

Abstract: One of the important counting skills is the ability of multiplication. However, there are still many students who take advantage of memorization skills if given multiplication questions. To solve this problem, devotees conducted workshops on the Jarimatics method. Although this method has been widely used, there are still students who are not familiar with this method. Therefore, this devotion not only aims to introduce jarimatics to students but also to improve students' numeracy skills, especially multiplication. This service was carried out at SDK Yaswari Niki-Niki for grade VI students totaling 24 people. This service is carried out in the form of providing training in counting techniques with jarimatics. The service begins with giving a Pretest to determine the ability of basic calculation operations which include multiplying numbers 1 to 5 and ends with giving a Posttest. Based on the Posttest scores obtained, there were only 2 students who obtained low scores of 60 and 40 respectively while other students obtained a minimum of 70 for Posttest scores. This shows that 83.33% of students understand the material provided well.

Author Biographies

Cecilia Novianti Salsinha, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor

Prodi Pendidikan Matematika

Hendrika Bete, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor

Prodi Pendidikan Matematika

Maria Naimnule, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor

Prodi Pendidikan Matematika

Dominifridus Bone, Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Timor

Prodi Pendidikan Matematika

References

Andi Quraisy, Ilhamuddin, I., Gaffar, A., Mahmud, R. S., Syahrir, A. A., & Muzaini, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Dan Perkalian Cepat Bagi Siswa Smp. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 286–293. https://doi.org/10.53769/jai.v2i2.248

Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97

Elita, S. (2021). Efektifitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(1), 23–34. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. 1(1), 57–68.

Intaniasari, Y., & Utami, R. . (2021). Menumbuhkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17752

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. In Perdana Publishing.

Mandailina, V. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung siswa sd menggunakan metode jarimatika. 1(1), 30–33.

Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66

Nugrahanta, G. A., Rismiati, C., Anugrahana, A., & Kurniastuti, I. (1997). Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa SD. 103–116.

Nurhopipah, A., Faizi, Z. A., & Asih, R. (2023). Simulasi Dan Gamifikasi Pembelajaran Ilmu Komputer Dasar Melalui Aplikasi Si Biner. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 340. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12090

PemKab TTS. (2018). Keagamaan - Website Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT. http://ttskab.go.id/kondisi-umum/keagamaan/

Rahmawati, E., & Wulan, M. A. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Dalam Bentuk Penjumlahan Berulang Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal EKSEKUTIF, 18(2), 168–178.

Ratna Widya, Fadillah, L. (2019). Pengenalan metode jarimatika dalam pembelajaran berhitung permulaan di Tk Negeri Pembina. Kajian Semantik Peristilahan Adat Dalam Upacara Perkawinan Batak Toba, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 2–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/37427/75676583928

Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Metode Jarimatika Di Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Neonbat Nusa Tenggara Timur Pendahuluan Dalam pembelajaran matematika , khususnya berhitung tidak jarang ditemukan banyak. Transformasi Jurnal Pengabdian Masyarakat,15(2), 73–84.

Yudha, F. (2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 32–40. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/

Zulfitria, Z. (2019). Upaya Meningkatkan Hafalan Perkalian Matematika Dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas 2 Sd Di Muhammadiyah 12 Pamulang Banten. Instruksional, 1(1), 17. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.17-24

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles