PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA SEBAGAI INOVASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG BAGI SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19199Keywords:
Jarimatics, Counting Skills, Multiplication, Pretest, Posttest.Abstract
Abstrak: Salah satu kemampuan berhitung yang penting adalah kemampuan perkalian. Namun, masih banyak siswa yang memanfaatkan kemampuan menghafal jika diberikan soal perkalian. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, pengabdi melaksanakan workshop metode Jarimatika. Meskipun metode ini sudah banyak digunakan namun masih terdapat siswa yang belum mengenal metode ini. Oleh karena itu pengabdian ini selain bertujuan untuk memperkenalkan jarimatika kepada siswa tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa khususnya perkalian. Pengabdian ini dilaksanakan di SDK Yaswari Niki-Niki pada siswa kelas VI yang berjumlah 24 orang. Pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pemberian pelatihan teknik berhitung dengan jarimatika. Pengabdian diawali dengan memberikan Pretest untuk mengetahui kemampuan operasi hitung dasar yang meliputi perkalian bilangan 1 sampai dengan 5 dan diakhiri dengan pemberian Posttest. Berdasarkan nilai Posttest yang diperoleh, hanya ada 2 orang siswa yang memperoleh nilai rendah masing masing 60 dan 40 sedangkan siswa lain memperoleh minimal 70 untuk nilai Posttest. Hal ini menunjukkan bahwa 83,33% siswa memahami dengan baik materi yang diberikan.
Abstract: One of the important counting skills is the ability of multiplication. However, there are still many students who take advantage of memorization skills if given multiplication questions. To solve this problem, devotees conducted workshops on the Jarimatics method. Although this method has been widely used, there are still students who are not familiar with this method. Therefore, this devotion not only aims to introduce jarimatics to students but also to improve students' numeracy skills, especially multiplication. This service was carried out at SDK Yaswari Niki-Niki for grade VI students totaling 24 people. This service is carried out in the form of providing training in counting techniques with jarimatics. The service begins with giving a Pretest to determine the ability of basic calculation operations which include multiplying numbers 1 to 5 and ends with giving a Posttest. Based on the Posttest scores obtained, there were only 2 students who obtained low scores of 60 and 40 respectively while other students obtained a minimum of 70 for Posttest scores. This shows that 83.33% of students understand the material provided well.
References
Andi Quraisy, Ilhamuddin, I., Gaffar, A., Mahmud, R. S., Syahrir, A. A., & Muzaini, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Dan Perkalian Cepat Bagi Siswa Smp. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 286–293. https://doi.org/10.53769/jai.v2i2.248
Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97
Elita, S. (2021). Efektifitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(1), 23–34. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. 1(1), 57–68.
Intaniasari, Y., & Utami, R. . (2021). Menumbuhkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17752
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. In Perdana Publishing.
Mandailina, V. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung siswa sd menggunakan metode jarimatika. 1(1), 30–33.
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66
Nugrahanta, G. A., Rismiati, C., Anugrahana, A., & Kurniastuti, I. (1997). Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa SD. 103–116.
Nurhopipah, A., Faizi, Z. A., & Asih, R. (2023). Simulasi Dan Gamifikasi Pembelajaran Ilmu Komputer Dasar Melalui Aplikasi Si Biner. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 340. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12090
PemKab TTS. (2018). Keagamaan - Website Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT. http://ttskab.go.id/kondisi-umum/keagamaan/
Rahmawati, E., & Wulan, M. A. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Dalam Bentuk Penjumlahan Berulang Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal EKSEKUTIF, 18(2), 168–178.
Ratna Widya, Fadillah, L. (2019). Pengenalan metode jarimatika dalam pembelajaran berhitung permulaan di Tk Negeri Pembina. Kajian Semantik Peristilahan Adat Dalam Upacara Perkawinan Batak Toba, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 2–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/37427/75676583928
Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Metode Jarimatika Di Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Neonbat Nusa Tenggara Timur Pendahuluan Dalam pembelajaran matematika , khususnya berhitung tidak jarang ditemukan banyak. Transformasi Jurnal Pengabdian Masyarakat,15(2), 73–84.
Yudha, F. (2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 32–40. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/
Zulfitria, Z. (2019). Upaya Meningkatkan Hafalan Perkalian Matematika Dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas 2 Sd Di Muhammadiyah 12 Pamulang Banten. Instruksional, 1(1), 17. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.17-24
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).