MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANGGOTA JARINGAN SEKOLAH DIGITAL INDONESIA MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN EDUWEB APP
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19336Keywords:
Development, Eduweb App, JSDI, Sahabat Guru Digital.Abstract
Abstrak: Beberapa kegiatan melalui kerja sama telah dilakukan dan mendapat respon yang positif. Namun, JSDI khususnya wilayah Aceh Timur belum mampu merekrut anggota secara luas dan memberikan pelayanan yang optimal kepada anggota dan calon anggota. Selain itu, website resmi organisasipun statusnya dalam perbaikan (maintenance) hingga sekarang. Sehingga, para guru yang bergabung menjadi anggota JSDI hanya berjumlah 6 orang. Tujuan PkM adalah: (1) memperbaiki fasilitas layanan mitra untuk mewujudkan tujuan mitra membantu guru mengimplikasikan kurikulum merdeka melalui produk aplikasi eduweb app media satu pintu yang mengoptimalkan program kerja mitra; (2) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra mengembangkan eduweb app sebagai media satu pintu mengoptimalkan program kerja JSDI. Bentuk kegiatan PkM ini berupa kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Evaluasi terhadap ketercapaian indikator keberhasilan diketahui dari pengumpulan data dilakukan, yaitu menggunakan lembar wawancara dan angket. Hasil kegiatan PkM berupa sebuah eduweb app bernama “sahabat guru digital†yang dapat membantu para guru terutama anggota JSDI dalam menerapkan kurikulum Merdeka. Selain itu, produk ini dapat menyelesaikan permasalahan mitra terkait perbaikan fasilitas penyampaian informasi kepada anggota dan masyarakat melalui media satu pintu, serta meningkatkan pelayanan dalam hal perluasan keanggotaan dan keterlibatan masyarakat pada setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh mitra. Berdasarkan jawaban peserta pelatihan dan pendampingan, pengetahuan dan keterampilan anggota mitra mengembangkan eduweb app meningkat dari 52% menjadi 72% setelah kegiatan.
Abstract: Several collaborative activities have been conducted, receiving positive responses. However, JSDI, especially in the East Aceh region, has not been able to recruit members widely and provide optimal services to its members and potential members. Furthermore, the official organization website is still undergoing maintenance to this day. As a result, the number of teachers who have joined as JSDI members is only six. The objectives of this Community Service Program (PkM) are as follows: (1) to improve partner service facilities to help partners achieve their goal of assisting teachers in implementing the independent curriculum through the Eduweb App, a one-stop media application that optimizes partner work programs; (2) to enhance the knowledge and skills of partners in developing the Eduweb App as a one-stop media to optimize JSDI's work programs. The PkM activities include socialization, training, and mentoring. Evaluation of the achievement of success indicators is known from data collection, namely using interview sheets and questionnaires.. The result of the PkM activities is an Eduweb app called "Sahabat Guru Digitalâ€, which can assist teachers, especially JSDI members, in implementing the independent curriculum. Furthermore, this product can address partner issues related to improving information delivery facilities to members and the public through a one-stop media, as well as improving services in terms of expanding membership and community involvement in every activity organized by the partners. Based on the answers of training and mentoring participants, the knowledge and skills of partner members developing eduweb apps increased from 52% to 72% after the activity.
References
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40 - 50. doi:https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803
Facebook, A. G. (2022, Februari). Jaringan Sekolah Digital Indonesia. Indonesia: Grup Facebook.
Indonesia, P. P. (2012, Agustus 10). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2012. PENDIDIKAN TINGGI. Jakarta, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta, Indonesia: MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA.
Kompasiana, A. (2022, Maret). Peran Guru dan Orang Tua dalam Kurikulum Merdeka. 01. Indonesia.
Kuppusamy, K. S., & Balaji, V. (2023, Mei). Evaluating web accessibility of educational institutions websites using a variable magnitude approach. Universal Access in the Information Society(22), 241–250. doi:https://doi.org/10.1007/s10209-021-00812-4
Kurniawan, W. D., Budijono, A. P., & Yunus. (2020, Maret). Pengembangan Web Sebagai Media Informasi dan Promosi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin UNESA. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 2(1), 41-49.
Mauko, I. C., Setiohardjo, N. M., & Noach, F. P. (2017, Desember ). Pengembangan Website Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Penerapan Jurnal Elektronik Berbasis Open Source di Politeknik Negeri Kupang. Jurnal Ilmiah FLASH, 3(2), 100-108.
Nurhafidhah, Rahmiati, Fitria, L., & Altasa, F. R. (2022). Web Builder: Solusi Alternatif Sebagai Media Pengembangan Bahan Ajar bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4856-4871.
Prami, U. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Daya Saing Lembaga Pendidikan di SDIT Muhammadiyah Cipete Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Pratiwi, D., Jubaidah, I., Julieta, D., & Putri, F. N. (2023 , Juni). Pelatihan Pemrograman Web Blog dalam Meningkatkan Kualitas Hidup untuk Masyarakat Kelurahan Pekojan Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 4(2), 695-702.
Rozi, F., & Listiawan, T. (2017, Desember). Pengembangan Website Dan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 2(2), 107 - 112.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi, 30-38.
Sinaga, A. S., Marbun, M., & Sitio, A. S. (2021, Agustus). Pengenalan Pemrograman Web Pada Karang Taruna Pemuda Pemudi Sejati Guna Mengembangkan Skill Information Technology Handal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1631-1639. doi:https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.4850
Widiastuti, I. (2022, September). Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web di Desa Wanajaya Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 2(3), 877-886. doi:http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.877-886.2022
Yoraeni, A., Basri, H., & Puspasari, A. (2022, October ). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Mewujudkan Smart Village. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4084-4094. doi:https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655
Youtobe. (2022). PKM-DRTPM: Pemberdayaan Masyarakat Usaha Ternak Ayam Melalui Teknologi Smart Eggs Incubator Hybrid. Indonesia: Unsam TV.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).