PENGEMBANGAN UMKM MELALUI DIGITALISASI SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Authors

  • Anugrah Wing Nurcholis Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Alma Ata
  • Nina Noptrina Teknik Informatik, Fakultas Ilmu Teknik Komputer Universitas Alma Ata
  • Dimas Wibisono Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19352

Keywords:

Wangandalem Village, MSME Development, Digitalization.

Abstract

Abstrak: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki pengaruh yang penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia, karena UMKM memiliki kontribusi yang cukup besar baik dari segi pemberdayaan masyarakat, pendapatan negara (pajak usaha dagang) dan peluang munculnya pembinsis-pembisnis baru. Dengan banyaknya UMKM yang berkembang baik dari tingkat daerah sampai tingkat nasional, akan berdampak terhadap kondisi perekonomi masyarakat sekitar. Desa Wangandalem belum memiliki banyak kebijakan terkait pengembangan UMKM, oleh karena itu tujuan kami melakukan pengabdian ini agar bisa mendukung perkembangan UMKM yang sudah ada. Pada kegiatan pengabdian ini, kami melaksanakannya dua orang dengan menggunakan cara pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara dan praktik langsung di lokasi. Sistem evaluasi diagnotic evaluation, formatitiv evaluation dan summative evaluation, dengan indikator keberhasilan yaitu publikasi jurnal ilmiah. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari Desa Wangandalem terdapat 12 dari 54 UMKM dengan tingkat presentase 22,2% UMKM yang berhasil didaftarkan.

Abstract: Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important influence on economic development in Indonesia, because MSMEs have quite a large contribution both in terms of community empowerment, state income (trade business tax) and opportunities for the emergence of new businesses. With so many MSMEs developing from regional to national level, this will have an impact on the economic conditions of the surrounding community. Wangandalem Village does not yet have many policies regarding the development of MSMEs, therefore our aim in carrying out this service is to support the development of existing MSMEs. In this service activity, we carried it out with two people using data collection methods through field observations, interviews and direct practice at the location. Evaluation system for diagnostic evaluation, formative evaluation and summative evaluation, with indicators of success, namely scientific journal publications. Based on the results obtained from Wangandalem Village, 12 out of 54 MSMEs with a percentage rate of 22.2% MSMEs were successfully registered.

References

Ariprabowo, T., Masruroh, L., Rosita, I., & Fitriningisih. (2019). Pengembangan Umkm Melalui Manajemen Usaha Di Desa Gondang. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(Vol 2 No 2 (2019): Januari), 39–43. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas/article/view/1838

Asri Setiyani, Tri Yuliyanti, D. R. (2022). Pengembangan UMKM di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 425–433.

Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477–483. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.366

Berlilana, B., Utami, R., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi Industri 4.0 terhadap Perkembangan UMKM Sektor Industri Pengolahan. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(3), 87–93. https://doi.org/10.31940/matrix.v10i3.1930

Candra, E., Suryani, E., & Putra, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Kue Tradisional Dusun Junti Kaum. An-Nizam, 1(3), 157–164. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i3.5426

Faris Insani, S., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari Article Info. Jurnal Warta LPM, 25(1), 44–56. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139

Industri, E. R. A., Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi. 3(3), 651–659.

Lestari, A. S., Wahyuningsih, N., Maharani, N., Sanjaya, L., Putra, A. P., & Khomariah, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 887(3), 2022. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Oktorio Fadilla, D., Aplikasi Google Maps Sebagai Upaya Branding Umkm Di Desa Kebondalem Oleh Mahasiswa Kkn-T Upn, P., Timur, J., Athiyah Kurniawan, R., Bagus Anindya Hariwicaksana, I., Ayu Rashida, F., Hafsyah Maulidinna Nurrul, P., Heru Alfin Maulana, M., & Billah, tasim. (2023). The Use Of Google Maps As A Branding Effort For Small Businesses In Kebondalem Village By Kkn-T Students Of Upn “Veteran†East Java. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(2), 130–135.

Roldán-Ãlvarez, D., Bacelo, A., Martín, E., & Haya, P. A. (2020). Impact of different interaction protocols on group communication, satisfaction and learning outcomes of primary school children when using multitouch tabletops. Computers and Education, 152(July 2019). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103875

Todisco, L., Tomo, A., Canonico, P., Mangia, G., & Sarnacchiaro, P. (2021). Exploring social media usage in the public sector: Public employees’ perceptions of ICT’s usefulness in delivering value added. Socio-Economic Planning Sciences, 73, halaman 100858. https://doi.org/10.1016/j.seps.2020.100858

Walalayo, R., Manuputty, E. A. W., & ... (2022). Pemanfaatan Google Maps Dalam Mempromosikan Objek Wisata Tebing Makariki Negeri Yaputih Kecamatan Tehoru Kabupaten …. Jurnal Administrasi …, 1(1), 23–34. https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JAT/article/view/1168/562

Wibisono, D. (2020). Marketing Strategy of Madilog Coffee Shop using Influencers through Instagram Social Media. Jurnal Ad’ministrare, 7(1), 191. https://doi.org/10.26858/ja.v7i1.14664

Widiastuti, T. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional Umkm Di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Riptek, 15(1), 64–69. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i1.116

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles