PENINGKATAN USAHA “KEMBANG GOYANG†MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMASAN PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19376Keywords:
Performance, Improvement, Packaging, Product.Abstract
Abstrak: kembang goyang merupakan makanan tradisional yang digemari masyarakat. Kue kembang goyang memiliki rasa manis, gurih, renyah dan tidak menyerap minyak. Rumput laut memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh baik makronutien dan mikronutrien. Inovasi produk kembang goyang dengan menambahkan tepung rumput laut yang bertujuan meningkatkan umur simpan dan meningkatkan citarasa. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pendapatan/omzet penjualan produk kembang goyang dengan pelatihan dan pendampingan pengemasan. Metode yang digunakan dengan memberikan materi pengemasan yang baik dan benar, dan memberikan pendampingan cara mengemas menggunakan alat continues sealer. Mitra pengabdian masyarakat yaitu perempuan pesisir sebanyak 25 orang. Hasil yang telah dicapai peningkatan 80% dari 25 peserta yaitu (1) adanya peningkatan kemampuan mengemas produk menggunakan alat continues sealer, dan (2) peningkatan pengetahuan mitra terhadap kemasan yang baik dan benar yaitu kemasan yang menarik dan informatif.
Abstract: Kembang goyang is a traditional food that is popular with the community. Kembang goyang cake has a sweet, savory, crunchy taste and does not absorb oil. Seaweed has good nutrition for the body, both macronutrients and micronutrients. The innovation of the kembang goyang product is by adding seaweed flour which aims to increase shelf life and improve taste. The aim of this activity is to increase sales income/turnover of kembang goyang products with packaging training and assistance. The method used is to provide good and correct packaging materials, and provide assistance on how to package using a continuous sealer tool. The community service partners are 25 coastal women. The results achieved were an increase of 80% from 25 participants, namely (1) an increase in the ability to package products using a continuous sealer tool; and (2) an increase in partners' knowledge of good and correct packaging, namely attractive and informative packaging.
Â
References
Alisa, S. N., Asikin, A. N., Diachanty, S., Irawan, I., Rusdin, I., Studi, P., Hasil, T., Perairan, J. B., Mulawarman, U., Timur, K., Studi, P., Hasil, T., Vokasi, S., Sebelas, U., Surakarta, M., Surakarta, K., & Goyang, K. (2023). Fortifikasi Tepung Tulang Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Pada Kue Kembang Goyang Fortification Of Milk Fish Bone Meal (Chanos Chanos) In Kembang Goyang Crackers. Juvenil:Jurnal Ilmiah Kelautan Dan Perikanan, 4(2), 132–141.
Amin, F. (2019). pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan kembang goyang oleh kelompok usaha bersama (KUBE) Lentera di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan. In Skripsi (Vol. 2, Issue 1).
Anugrahati, N. A., & Naomi, J. (2021). Karakteristik Fisik Kue Kembang Goyang dengan Substitusi Jewawut (Setaria italica L. P. Beauv.) dan Variasi Konsentrasi Santan. AGRITEKNO: Jurnal Teknologi Pertanian, 10(1), 45–55. https://doi.org/10.30598/jagritekno.2021.10.1.45
Dewi, C. M., Hairiza, A., & Limbong, E. G. (2020). Warna sebagai Identitas Merek pada Kemasan Makanan Tradisional Kembang Goyang Khas Betawi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 2(01), 9–13. https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.150
Dwi, N., Asrie, W. Y., Nanik, S., & Vivi, N. (2021). Penyimpanan dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi mutu sensoris. Pengujian dilakukan dengan cara kembang goyang yang dikemas dengan plastik. 6(2), 52–63.
Fuadah, I. E., & Choirul, A. N. A. (2016). Pengaruh Penambahan Tepung Bekatul Terhadap Mutu Organoleptik Kue Kembang Goyang. E-Journal Boga, 5(3), 18–26.
Halim, K. I. (2021). Pendampingan Usaha Kue Kering Melalui Pengemasan Produk Dan Pemasaran Digital. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 732–736. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2568
Ismawati, I., Destryana, R. A., & Wibisono, A. (2019). Pelatihan Teknologi Pengemasan Tablet Effervescent. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains (SNasTekS), September, 289–298.
Natadjaja, L. (2002). Pengaruh Komunikasi Visual Antar Budaya Terhadap Pemasaran Produk Pada Pasar Ekspor Ditinjau Dari Warna Dan Ilustrasi Desain Kemasan. NIRMANA Jurusan Desain Komunikasi Visual, 4(2), 158–168.
Panjaitan, A., Silalahi, R. V., & Putra, F. P. (2020). Perbaikan Proses Produksi dan Kualitas Produk Kembang Goyang Di UMKM Ibu Supiyah. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 229–236. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.956
Pratama, A., Oktavima Wisdaningrum, & Magdalena Putri Nugrahani. (2020). Pendampingan dan Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Gula Semut. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 275–284. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3490
Putri Istiana Surgya, Y. H. S. (2022). Pengolahan Biskuit dengan Penambahan Rumput Laut ( Gracilaria sp.) Biscuit Processing with the Addition of Seaweed ( Gracilaria sp.) Putri Istiana Surgya  , Yuliati H Sipahutar. Prosiding Simposium Nasional IX Kelautan Dan Perikanan, 93–100.
Putri, R. D., Hanafi, I., & Wise, N. (2022). Teknologi Pengemasan Olahan Ikan Bandeng Pada Ukm “Adinda†Desa Gersik Putih Sumenep. Buletin Udayana Mengabdi, 20(4), 313. https://doi.org/10.24843/bum.2021.v20.i04.p07
Putri, Rika Diananing, & Hanafi, I. (2021). Pendampingan Penggunaan Kemasan “Vacum Sealer†Pada Produk Olahan Ikan Bandeng Di Desa Gersik Putih Kec. Gapura Sumenep. Jurnal Terapan Abdimas, 6(2), 140. https://doi.org/10.25273/jta.v6i2.7969
Sanger, G., Kaseger, B. E., Rarung, L. K., & Damongilala, L. (2018). Potensi beberapa Jenis Rumput Laut sebagai Bahan Pangan Fungsional, Sumber Pigmen dan Antioksidan Alami. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 21(2), 208. https://doi.org/10.17844/jphpi.v21i2.22841
Sari, M., Hatta, M., & Permana, A. (2016). Potensi rumput laut : Kajian komponen bioaktif dan pemanfaatannya sebagai pangan fungsional. Acta Aquatica Science Journal. Aquatic Sciences Journal, 3(1), 12–17.
Septiyadi, A. L., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14.
Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. STIE Semarang, 4(3), 19–28.
Yasid, R. (2016). Pengaruh warna kemasan, bahan kemasan, sedain kemasan terhadap perilaku pembelian konsumen mie instan indomi di Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).