PSIKOEDUKASI BERMAIN EXPERIENTAL LEARNING PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KEAKASARAN DASAR ANAK KAMPUNG BATU LUBANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19398Keywords:
Psychoeducation, Play, Experiential Learning, Literacy.Abstract
Abstrak: Kurangnya fasilitas belajar serta tenaga pendidik menjadi alasan minimnya kemampuan literasi anak. Tujuan Pengabdian ini untuk meningkatkan keaksaran dasar atau literasi dengan menggunakan metode bermain experiental learning permainan tradisional. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan sosialisasi, penyuluhan, serta praktik bermain permainan tradisional yang ditujukan kepada anak-anak Kampung Batu Lubang Pantai sebanyak 35 anak dengan melakukan pretes dan postes dengan total 75 aitem untuk mengukur ketercapaian program. Hasil yang didapatkan adalah sebanyak 40% anak mengalami peningkatan literasi baca tulis, dan sebaganyak 34% anak mengalami peningkatan literasi numerasi yang mana hal ini berdampak pada penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Abstract: The lack of learning facilities and teaching staff is the reason for the lack of children's literacy skills. The aim of this service is to improve basic literacy by using traditional experiential learning game play methods. The method used in this service is socialization, counseling, and the practice of playing traditional games aimed at 35 children from Batu Lubang Pantai Village by conducting pre-tests and post-tests to measure the program's achievements. The results obtained were that as many as 40% of children experienced an increase in reading and writing literacy, and as many as 34% of children experienced an increase in numeracy literacy, which had an impact on the good and correct use of Indonesian.
References
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 52–58.
Ardiansyah, F., Sutikno, A. Y. W., & Wanda, R. F. (2023). Stimulasi Literasi Anak Prasekolah Di Distrik Misool Selatan Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 6(1), 72–77.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (S. Arikunto, Ed.). Rineka Cipta.
Asip, M., Riandra, N. M. I. K., Kurniawati, E. D., Ina, A., Purwanto, N., Owa, K., Rahayu, M., Yuniati, Y., & Sriasih, N. K. (2023). Pentingnya Alat Permainan Edukatif Bagi Anak (M. Martini, Ed.; 1st Ed.). Media Sians Indonesia.
Bp, A. R., Muunandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Darubekti, N., Hanum, H., Suryaningsih, P. E., & Waryenti, D. (2021). Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Literasi, Membentuk Karakter, Dan Membangun Cita-Cita Pada Anak-Anak Di Pulau Terluar-Enggano. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 97–102. Https://Kkp.Go.Id/Djprl/Artikel/13494-Profil-
Dayera, D., Sapulette, R., & Kusumawardana, A. R. N. (2023). Bengkel Daki-Ukip Mengajar Di Sd. Ypk Imanuel Kampung Batu Lobang, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong. Solideo: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.29408/Didika.V3i2.681
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun. (2020). Pengaruh Literasi Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2(1), 56–62.
Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi. Jurnal Thufula, 8(1), 112–124.
Ihsan, Pratama, L., & Hermawan, R. (2018). Peningkatan Kompetensi Literasi Dalam Keterampilan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Inpres 12 Kabupaten Sorong Papua Barat. Journal Of Character Education Society, 1(2), 9–17. Https://Doi.Org/10.31764/Jces.V3i1.1544
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara Journal Of Scientific Language Literature And Teaching, 5(1), 108. Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.V5i1.7842
Iswinarti, Windu Asrini, H., Hasanati, N., & Kartono, R. (2020). Program Story Telling Dengan Metode Berlian (Bercerita-Experiential-Learning-Anak) Untuk Menanamkan Moral Pada Anak-Anak (Studi Pada Guru Tpq). Journal Of Community Services, 1(2), 99–111.
Kasri, M. A., Ardiansyah, F., & Hatsamah, A. (2023). Pembelajaran Keaksaraan Dasar Menggunakan Metode Flash Card Di Kampung Batu Lubang Pantai. 6(1), 65–71.
Koesoema, D., Sutjipto, Setiawan, D. I., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Gerakan Literasi Nasional Pedoman Penilaian Dan Evaluasi.
Prasetyo, J. (2019). Permainan Pembelajaran Keaksaraan Dasar. Information Technology Journal, 5(1), 21–26.
Purwanto, N. (2020). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran (20th Ed.). Pt Remaja Rosdakarya.
Rekayanti, Rizqiya, N., & Arief, D. (2019). Game Edukasi Pengenalan Objek Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Buletin Poltanesa, 20(1), 6–10.
Solihin, L. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi (L. Silihin, B. Utama, I. Pratiwi, & Novirina, Eds.; 1st Ed.). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sutrisno, M. D. (2016). Penggunaan Media Permainan Sebagai Upaya Membangun Literasi Dini. Skripsi Universitas Airlangga.
Tabrani, Y. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii Mts. Marakit Ta’limat Mamben Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombik Timur [Skripsi]. In Universitas Islam Negeri Mataram. Universitas Islam Negeri Mataram.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).