PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKSI DAN PEMASARAN PRODUK UMKM KERIPIK, KERUPUK, KEMPLANG

Authors

  • Dedi Setiadi Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Pagar Alam
  • Onne Akbar Nur Ichsan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Institut Teknologi Pagar Alam
  • Novi Susanti Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19422

Keywords:

Digital Marketing, Optimization, Training, Smart Packaging, MSMEs.

Abstract

Abstrak: Kelurahan Tebat Giri Indah merupakan salah satu daerah yang memproduksi keripik, kerupuk, dan kemplang, tetapi terdapat permasalahan yaitu alat produksi yang digunakan masih sederhana sehingga produksi kurang optimal. serta kemasannya masih biasa, dan juga mitra terkendala pemasaran yang hanya bisa menjangkau wilayah lokal saja. Tujuan dari pengabdian ini yaitu mengadakan pelatihan dan pengabdian untuk mengoptimalkan produksi dan pemasaran produk keripik, kerupuk dan kemplang, di kelurahan Tebat Giri Indah. Dengan tahapan-tahapan yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pendampingan dan implementasi, serta evaluasi. Peserta yaitu mitra dan masyarakat Tebat Giri Indah yang berjumlah 15 orang. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatkan hasil produksi keripik dari 3 tandan/minggu menjadi 5 tandan/minggu, produksi kerupuk dari 200 kg/minggu menjadi 300 kg/minggu, dan produksi kemplang dari 200 kg/minggu menjadi 350 kg/minggu. Hasil lainya yaitu keripik, kerupuk dan kemplang memiliki kemasan yang menarik dan kekinian dengan adanya merk pada kemasannya, serta mitra memiliki akun media sosial sebagai media pemasaran yang jangkauannya lebih luas.

Abstract: Tebat Giri Indah sub-district is one of the areas that produces chips, crackers and kemplang, but there is a problem, namely that the production equipment used is still simple so production is less than optimal. and the packaging is still ordinary, and partners are also constrained by marketing which can only reach local areas. The aim of this service is to provide training and service to optimize the production and marketing of chips, crackers and kemplang products, in the Tebat Giri Indah sub-district. With stages, namely needs analysis, design, assistance and implementation, and evaluation. Participants were partners and the Tebat Giri Indah community, totaling 15 people. The results of this activity are increasing chip production from 3 bunches/week to 5 bunches/week, cracker production from 200 kg/week to 300 kg/week, and kemplang production from 200 kg/week to 350 kg/week. Another result is that chips, crackers and kemplang have attractive and contemporary packaging with branding on the packaging, and partners have social media accounts as marketing media with a wider reach.

 

References

Arif, M., & Mesra, T. (2022). Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Produksi Keripik Pisang Salai Bu Atika Di Kelurahan Bukit Nenas. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8.

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen woles chips. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(4), 441–447.

Dewi, D. P. S., & Rahmat, M. (2022). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omzet Industri Keripik Di Bandar Labuhan Tanjung Morawa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3037–3042.

Ghazali, M., Rabbani, R., Sari, M., Rohman, M. H., Nasiruddin, M. H., Suherman, S., & Nurhayati, N. (2021). Pelatihan Pengolahan Kerupuk Ikan di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).halaman?

Indrawati, R. T., Putri, F. T., Rochmatika, R. A., & Prawibowo, H. (2021). Peningkatan kapasitas produksi melalui rancang bangun mesin semi otomatis pemotong adonan kerupuk. Jurnal Rekayasa Mesin, 16(3), 437–446.

Kusumawaty, Y. (2018). Strategi pemasaran produk makanan ringan khas Riau (keripik nenas dan rengginang ubi kayu). Jurnal Agribisnis, 20(2), 124–138.

Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155–163.

Nisa, F., Astuti, K. D., Maryanih, A., Taqila, A. S., Noviyanti, N., & Affanti, C. C. P. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Hijau Sebagai Kerupuk Kemplang Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Domas Kecamatan Pontang Provinsi Banten. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 103–108.

Oktarina, N., Widodo, J., & Fachrurrozie, F. (2019). Penguatan umkm Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh purwodadi. Jurnal Abdimas, 23(2), 170–174.

Putri, G. R., Lubis, R. F., Arsil, F., Sitorus, T. M., Zulhamidi, Z., & Siregar, R. S. (2023). Teknologi Desain Kemasan Dalam Upaya Peningkatan Value Added Produk Usaha Kecil dan Menengah. Journal of Industrial Community Empowerment, 2(1), 24–29.

Rianto, H., & Olivia, H. (2020). Penguatan Tata Kelola Dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Tiga Ras Danau Toba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 291–299.

Setiadi, D., Dhiniati, F., & Anggraini, L. (2022). Inovasi Dan Digitalisasi Untuk Optimalisasi Potensi Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti PUMI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 1–6.

Setiawan, H. (2017). Rekomendasi Intervensi Ergonomi Pada UKM Unggulan Provinsi Sumsel. Logic: Jurnal Rancang Bangun Dan Teknologi, 17(2), 86–91.

Tawakkal, M. I., & Cahyaningrum, V. D. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Produksi Keripik Pisang Varian Rasa Sebagai Produk Kewirausahaan Bagi Ibu Pkk Desa Kalianyar Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Al-Umron: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 43–50.

TIMUR, K. O. K. U. L. U. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Kemplang Panggang Di Kecamatan Martapura. Sumber, 125, 2016.

Witjaksono, G. S. B., Lius, M., Fauziah, A., Kusumawardhani, L. O., Darmawan, T. W., & Farishi, M. S. (2023). Sosialisasi dan Implementasi Pembuatan Mesin Spinner pada UMKM Keripik Menjes Kyu di Kelurahan Pakunden Blitar. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 173–183.

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles