PELATIHAN LITERASI BACA TULIS BERMUATAN PENDIDIKAN INKLUSIF DAN DISIPLIN POSITIF BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19477Keywords:
Training, Literacy Read and Write, Inclusive Education, Positive Discipline.Abstract
Abstrak: Rendahnya litrerasi baca tulis sekolah dasar di kabupaten sorong menuntut guru untuk melakukan perbaikan salah satunya metode pengajaran yang inovatif dan dapat mengakomodir seluruh karakteristik peserta didik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam pengajaran literasi baca tulis bermuatan pendidikan inklusif dan disiplin positif pada kelas bawah di sekolah dasar. Metode pengabdian meliputi tahap persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Peserta merupakan Guru Sekolah Dasar di kabupaten sorong sebanyak 7 sekolah total 20 guru kelas 1-3. Hasil Pelatihan menunjukkan bahwa pemahaman awal peserta saat dilakukan test mendapatkan interval skor 65-100 atau kategori baik yakni 1 peserta sama dengan 5% dan tes akhir yang meningkat signifikan yakni 16 peserta atau sama dengan 80% kategori baik, data tersebut diukur berdasarkan pemahaman pendidikan inklusif, disiplin positif dan keterampilan pengajaran literasi baca tulis dan diakhir Pelatihan terdapat sesi praktik pengajaran literasi pada sembilan komponen utama pengajaran literasi yang sangat baik oleh peserta sehingga pelatihan dapat disimpulkan dengan tingkat keberhasilan tinggi.
Abstract: The low literacy rate in primary schools in Sorong district requires teachers to make improvements, one of which is innovative teaching methods that can accommodate all the characteristics of students. This service aims to improve teachers' competencies and skills in teaching literacy with inclusive education and positive discipline in lower grades in elementary schools. The service method includes preparation, implementation, and evaluation stages. Participants are elementary school teachers in Sorong district as many as 7 schools totaling 20 teachers of grades 1-3. The results of the training showed that the initial understanding of the participants when the test was carried out got a score interval of 65-100 or a good category, namely 1 participant equal to 5% and a final test that increased significantly, namely 16 participants or equal to 80% of the good category, the data was measured based on understanding inclusive education, positive discipline and literacy teaching skills and at the end of the training there was a literacy teaching practice session on the nine main components of excellent literacy teaching by the participants so that the training could be concluded with a high success rate.
References
Amka, A. (2019). Inclusive Education For Special Needs Students. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4, 86–101.
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3036
Eni Desfitri, Risa Yulisna, & Fadhillah. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Membaca Bagi Siswa SD di Kampung Sungai Salak Pesisir Selatan. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.60041/integratif.v1i1.16
Fariz, M., Putra, P., Keolahragaan, F. I., & Cenderawasih, U. (2022). Belajar Mengenal Huruf , Membaca , dan Menulis Bersama Melalui 3P : Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Asli Papua. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 77–82.
Husain, R. (2019). Guru di Abad 21. In Prosding Seminar Nasional (Issue February).
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Islamiati, A., & Neviyarni, N. (2019). Memperkuat Karakter Melalui Landasan Filosofi Menggali Potensi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 2019(2157), 1–57.
Kafiar, E., & Lewaherilla, A. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Literasi Baca Tulis Dan Literasi Numerasi Kelas Awal Berbasis Pendidikan Inklusif Dan Disiplin Positif Bagi Mahasiswa Calon Guru Sd Pada Stkip Biak Elizabet. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 865–870.
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., Hawanti, S., Purwokerto, U. M., & Indonesia, P. B. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 65–73.
Listrianti, F., Kurianawan, R. S., Fauzi, M. A., & Damayanti, S. I. (2022). PKM Pelatihan dan Pendampingan Literasi (Baca Tulis) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan bagi Siswa MI Tarbiyatul Islam. Journal of Community Engagement, 3(2).
Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133
Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206
Nursalim, N., Witdianti, Y., & Rahayu, D. (2023). Pelatihan Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Kelas Awal Berbasis Pendidikan Inklusif Dan Disiplin Positif Bagi 7. Jurnal ABDIMASA, 6(1), 105–110.
Rusli, T. S., & Hidayah, H. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Cenderawasih. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 219–225. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.63
Samani, M., & H. (2013). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69%0Ahttp://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69
Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., Miftahussuri, Nento, M. N., & Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. Kemdikbud, 1–39.
Sirojjuddin, Hafid, A., & Mursalim. (2020). Pendampingan Literasi Melalui Program Penguatan Baca Tulis Kelas Awal Wilayah Pinggiran Dan Terpencil. Jurnal ABDIMASA, 3(1), 1–5.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
Ubaidillah, A., & Maryati, S. (2023). Upaya Mengatasi Learning Loss Baca Tulis Pada Anak-Anak Asli Papua ( Studi Kasus Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah Belajar KBLC Jayapura ). Jurnal Pendidikan Mandala, 8(1), 158–164.
Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267–274.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).