PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA ANAK MELALUI IMPLEMENTASI POJOK BACA

Authors

  • Lailatur Rahmi Departement Geografi, Universitas Negeri Padang http://orcid.org/0000-0003-2783-3216
  • Syafri Anwar Departement Geografi, Universitas Negeri Padang
  • Rahmuliani Fitriah Departemen Sejarah, Universitas Negeri Padang
  • Yulia Permata Sari Magister Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19595

Keywords:

Literacy, Soft Skills, Reading Corner.

Abstract

Abstrak: kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilkansakan di Kabupaten Kepuluan Mentawai dimana banyak anak-anak usia sekolah dasar yang tidak emmiliki literasi membaca dan juga literasi budaya yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman dan kebutuhan membaca. Rendahnya tingkat kemampuan membaca dan pengetahuan measyarakat, menyebabkan lack of knowledge yang berdampak pada berbagai bidang kehidupan massyarakat. Kegiatan pengabdian bertujuan ini untuk menyediakan fasilitas membaca dan penerapan pojok baca agar berdampak pada peningkatan kemampuan literasi membaca anak-anak. Metode pengabdian adalah sosialisasi dan pendampingan dalam pemanfaatan pojok baca serta pelatihan keterampilan soft skill bagi siswa rumah cerdas. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini addalah siswa SD N 18 Tua Pejat sebanyak 85 orang dan guru sebanya 10 orang. Program pojok baca dan pelatihan soft skill bagi siswa di evaluasi melalui angket yang diberikan kepada siswa yang berisikan soal-soal tentang litrasi membaca mutra yang terlibat. Setelah dilakukan sosialisasi dan pendampingan dalam pemanfaatan pojok baca serta pelatihan keterampilan soft skill bagi siswa rumah cerdas didapatkan hasil bahwa pjok baca mempu meningkatkan literasi membaca siswa sebanyak 80% melalui buku-buku yang disalurkan kepada siswa.

Abstract: This community service activity was carried out in the Mentawai Islands Regency where many elementary school age children do not have reading literacy or cultural literacy due to a lack of understanding and need for reading. The low level of reading ability and community knowledge causes a lack of knowledge which has an impact on various areas of community life. This service activity aims to provide reading facilities and implement reading corners to have an impact on improving children's reading literacy skills. The service method is socialization and assistance in utilizing reading corners as well as soft skills training for smart home students. The partners involved in this community service activity are 85 students of SD N 18 Tua Pejat and 10 teachers. The reading corner program and soft skills training for students were evaluated through a questionnaire given to students containing questions about the literacy of the reading corners involved. After conducting socialization and assistance in the use of reading corners as well as soft skills training for smart home students, the results showed that reading corners were able to increase students' reading literacy by 80% through the books distributed to students.

Author Biography

Lailatur Rahmi, Departement Geografi, Universitas Negeri Padang

Departemen Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

References

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Junal Pascasarjana Undiksha. Vol.3 No. 2, Agustus 2019 ISSN:2613-9553

Ivani, R. N., & Wijayanti, O. (2023). Pemanfaatan Fungsi Pojok Baca Di Kelas V SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. JUnal Pendidikan Dasar ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online: 2548-6950 Volume 08 Nomor 02, September 2023 DOI:https;//doi.org/10.23969/jp.v8i2.9655

Kasim, H., Sabarudin, S., Mamonto, S. B., & Mokodongan, F. (2023). Analisis Manfaat Pojok Baca untuk Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Negeri Ringinsari. FONDATIA, 7(1), 169–177. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3095

Kurniawan, W., Anam Sutopo, & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31

Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002

Masfingatin, T., Pamungkas, N. B., & Anggraini, P. (t.t.). Penataan Ruang Pojok Baca Cendekia Di Desa Sundul Kecamatan Parang Magetan. Jurnal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UNSIQ, Vol 9 No 1, 100-106 ISSN(print): 2354-869X ISSN(online) 2614-3763

Monica, R., Wawan, K., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Multicultural Education. ISSN:10683844.https://www.mccaddogap.com/ojs/index.php/me/article/view/35

Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7, 1 (Feb.2023), 1397-1402. DOI:https:doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5433.

Rofiuddin, M. A. (t.t.). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol.6, no.1, pp. 281-290, jan. 2017

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 2. Multicultural Education. Vol.3 No 2, Agustus 2019 ISSN: 2613-9553 DOI: 10.31004/jpdk.vli2.602

Saputri, R. N., Pradana, F. G., & Apriliyanto, E. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SDN Jati 2 Masaran. JUrnal Keilmuan dan Keislaman. e-ISSN 2964-4941 Doi: 10.23917/jkk.v2il.57

Universitas Sriwijaya, Palembang, Subardin, M., Imelda, I., Universitas Sriwijaya, Palembang, Yuniarti, E., Universitas Sriwijaya, Palembang, Suhel, S., Universitas Sriwijaya, Palembang, Teguh, M., Universitas Sriwijaya, Palembang, Kartasari, S. F., Universitas Sriwijaya, Palembang, Sari, K., & Universitas Sriwijaya, Palembang. (2023). Pojok Baca sebagai Inisiasi Sentra Edukasi Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i1.1320

Yudha, R. K., & Lubis, E. (2023). Memperbaiki Pojok Baca Serta Meningkatkan Dan Menumbuhkan Minat Baca Siswa-Siswi SD Negeri 87 Kota Bengkulu Dengan Program Bedah Perpustakaan. Community Development Journal.Vol.4,No.2 Juni 2023, Hal.3932-3936 Doi Http:doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15645

Yuni Maulani Rahmah, Ujang Jamaludin, & Reksa Adya Pribadi. (2023). Optimalisasi Geraka Literasi Sekolah Dengan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas VA SD Negeri Rawu. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5291–5302. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1097

Published

2024-02-02