PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA ANAK MELALUI IMPLEMENTASI POJOK BACA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19595Keywords:
Literacy, Soft Skills, Reading Corner.Abstract
Abstrak: kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilkansakan di Kabupaten Kepuluan Mentawai dimana banyak anak-anak usia sekolah dasar yang tidak emmiliki literasi membaca dan juga literasi budaya yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman dan kebutuhan membaca. Rendahnya tingkat kemampuan membaca dan pengetahuan measyarakat, menyebabkan lack of knowledge yang berdampak pada berbagai bidang kehidupan massyarakat. Kegiatan pengabdian bertujuan ini untuk menyediakan fasilitas membaca dan penerapan pojok baca agar berdampak pada peningkatan kemampuan literasi membaca anak-anak. Metode pengabdian adalah sosialisasi dan pendampingan dalam pemanfaatan pojok baca serta pelatihan keterampilan soft skill bagi siswa rumah cerdas. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini addalah siswa SD N 18 Tua Pejat sebanyak 85 orang dan guru sebanya 10 orang. Program pojok baca dan pelatihan soft skill bagi siswa di evaluasi melalui angket yang diberikan kepada siswa yang berisikan soal-soal tentang litrasi membaca mutra yang terlibat. Setelah dilakukan sosialisasi dan pendampingan dalam pemanfaatan pojok baca serta pelatihan keterampilan soft skill bagi siswa rumah cerdas didapatkan hasil bahwa pjok baca mempu meningkatkan literasi membaca siswa sebanyak 80% melalui buku-buku yang disalurkan kepada siswa.
Abstract: This community service activity was carried out in the Mentawai Islands Regency where many elementary school age children do not have reading literacy or cultural literacy due to a lack of understanding and need for reading. The low level of reading ability and community knowledge causes a lack of knowledge which has an impact on various areas of community life. This service activity aims to provide reading facilities and implement reading corners to have an impact on improving children's reading literacy skills. The service method is socialization and assistance in utilizing reading corners as well as soft skills training for smart home students. The partners involved in this community service activity are 85 students of SD N 18 Tua Pejat and 10 teachers. The reading corner program and soft skills training for students were evaluated through a questionnaire given to students containing questions about the literacy of the reading corners involved. After conducting socialization and assistance in the use of reading corners as well as soft skills training for smart home students, the results showed that reading corners were able to increase students' reading literacy by 80% through the books distributed to students.
References
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Junal Pascasarjana Undiksha. Vol.3 No. 2, Agustus 2019 ISSN:2613-9553
Ivani, R. N., & Wijayanti, O. (2023). Pemanfaatan Fungsi Pojok Baca Di Kelas V SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. JUnal Pendidikan Dasar ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online: 2548-6950 Volume 08 Nomor 02, September 2023 DOI:https;//doi.org/10.23969/jp.v8i2.9655
Kasim, H., Sabarudin, S., Mamonto, S. B., & Mokodongan, F. (2023). Analisis Manfaat Pojok Baca untuk Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Negeri Ringinsari. FONDATIA, 7(1), 169–177. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3095
Kurniawan, W., Anam Sutopo, & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Masfingatin, T., Pamungkas, N. B., & Anggraini, P. (t.t.). Penataan Ruang Pojok Baca Cendekia Di Desa Sundul Kecamatan Parang Magetan. Jurnal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat UNSIQ, Vol 9 No 1, 100-106 ISSN(print): 2354-869X ISSN(online) 2614-3763
Monica, R., Wawan, K., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Multicultural Education. ISSN:10683844.https://www.mccaddogap.com/ojs/index.php/me/article/view/35
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh Ruang Baca terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7, 1 (Feb.2023), 1397-1402. DOI:https:doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5433.
Rofiuddin, M. A. (t.t.). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol.6, no.1, pp. 281-290, jan. 2017
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 2. Multicultural Education. Vol.3 No 2, Agustus 2019 ISSN: 2613-9553 DOI: 10.31004/jpdk.vli2.602
Saputri, R. N., Pradana, F. G., & Apriliyanto, E. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SDN Jati 2 Masaran. JUrnal Keilmuan dan Keislaman. e-ISSN 2964-4941 Doi: 10.23917/jkk.v2il.57
Universitas Sriwijaya, Palembang, Subardin, M., Imelda, I., Universitas Sriwijaya, Palembang, Yuniarti, E., Universitas Sriwijaya, Palembang, Suhel, S., Universitas Sriwijaya, Palembang, Teguh, M., Universitas Sriwijaya, Palembang, Kartasari, S. F., Universitas Sriwijaya, Palembang, Sari, K., & Universitas Sriwijaya, Palembang. (2023). Pojok Baca sebagai Inisiasi Sentra Edukasi Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i1.1320
Yudha, R. K., & Lubis, E. (2023). Memperbaiki Pojok Baca Serta Meningkatkan Dan Menumbuhkan Minat Baca Siswa-Siswi SD Negeri 87 Kota Bengkulu Dengan Program Bedah Perpustakaan. Community Development Journal.Vol.4,No.2 Juni 2023, Hal.3932-3936 Doi Http:doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15645
Yuni Maulani Rahmah, Ujang Jamaludin, & Reksa Adya Pribadi. (2023). Optimalisasi Geraka Literasi Sekolah Dengan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas VA SD Negeri Rawu. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5291–5302. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1097
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).