PENDAMPINGAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK GURU MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA

Authors

  • Andi Dian Angriani Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Kusumayanti Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fitriani Nur Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar http://orcid.org/0000-0003-0131-0994
  • Lisa Kurnia Syam Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19640

Keywords:

PKM, Teaching Materials, Ethnomathematics.

Abstract

Abstrak: Tujuan pengabdian ini, untuk meningkatkan kemampuan guru matematika dalam membuat bahan ajar berbasis etnomatematika dengan cara memberikan pendampingan terhadap guru untuk membuat bahan ajar berbasis etnomatematika dan mengetahui respon peserta terhadap kegiatan pendampingan yang dilakukan. Kegiatan ini dilakukan di Pesantren Madani Alauddin dengan jumlah mitra sebanyak 14 instansi. Pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan ini berbentuk service learning, yakni suatu aktivitas pendampingan dengan beberapa tahapan baik secara synchronous (pembelajaran daring secara langsung dalam satu waktu) ataupun secara asynchronous (pembelajaran daring secara tidak serentak dalam satu waktu). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon partisipan. Kegiatan pendampingan dianalisis dengan mengkategorikan respon partisipan pendampingan dalam 4 kategori yaitu sangat kurang, kurang, baik, dan sangat baik, selanjutnya dianalisis berdasarkan 3 indikator yaitu: kesesuaian materi pilihan dengan kebutuhan, kebermanfaatan materi dalam kehidupan, dan indeks kepuasan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkabahwa seluruh rangkaian kegiatan pendampingan yang dilakukan termasuk dalam kategori sangat baik dengan indeks rata-rata sebesar 4. Selain itu, diperoleh hasil meningkatnya pemahaman peserta terhadap pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika, dimana terjadi penurunan frekuensi peserta yang memiliki pemahaman yang sangat tidak mendalam dan tidak mendalam masing-masing sebesar 37,5% dan terjadi peningkatan frekuensi pemahaman yang sangat mendalam sebesar 12,5% serta peningkatan frekuensi pemahman mendalam sebesar 62,5%. Maka direkomendasikan untuk melakukan kegiatan serupa dengan jumlah partisipan yang lebih banyak.

Abstract: The purpose of this service, to improve the ability of mathematics teachers to make ethnomathematics-based teaching materials by providing assistance to teachers to make ethnomathematics-based teaching materials and find out the participants' responses to the mentoring activities carried out. This activity was carried out at Pesantren Madani Alauddin with a total of 14 partners. The approach applied in this activity is in the form of service learning, which is a mentoring activity with several stages either synchronously (online learning directly at one time) or asynchronously (online learning not simultaneously at one time). The data collection instrument used was a participant response questionnaire. Mentoring activities were analyzed by categorizing the responses of mentoring participants in 4 categories, namely very less, less, good, and very good, then analyzed based on 3 indicators, namely: the suitability of the selected material to the needs, the usefulness of the material in life, and the index of participant satisfaction with the implementation of the activity. The results of the service showed that the entire series of mentoring activities carried out were included in the excellent category with an average index of 4. In addition, the results obtained increased participants' understanding of the making of ethnomathematics-based teaching materials, where there was a decrease in the frequency of participants who had a very in-depth and not deep understanding of 37.5% each and an increase in the frequency of very deep understanding by 12.5% and an increase in the frequency of deep understanding by 62.5%. So it is recommended to carry out similar activities with a larger number of participants.

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Abi, Alfonsa M. 2017. “Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah.†JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 1(1):1. doi: 10.26737/jpmi.v1i1.75.

Agustian Kiden Lewar, Suhartini. 2023. “Pengembangan Modul Berbentuk Scrapbook Pada Materi Sistem Saraf Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI Agustina Kiden Lewar *, Suhartini Pendahuluan.†11(1):96–112.

Aisyah, Siti et al. 2020. “Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.†Jurnal Salaka 2(1):62—65.

Akbar, Ady et al. 2021. “Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Alat Pertanian Tradisional Suku Bugis Di Kabupaten Pinrang.†Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05(02):1399–1409.

Ali Imran, Risda Amini, Yanti Fitria. 2021. “Jurnal Basicedu.†5(1):343–49.

Ambarsari, Desi. 2016. “Keterampilan Mengkomunikasikan dan Prestasi Belajar Ipa†112–21.

Ariski, Elsa Tia et al. 2023. “Pengembangan Modul Matematika Bernuansa Islam Dan Lingkungan Pada Materi Bilangan Bulat.†06(01):5364–76.

Bachri, Syamsul et al. 2021. “E-Module in Blended Learning : Its Impact on Students ’ Disaster Preparedness and Innovation in Developing Learning Media.†14(4):187–208.

Baist, A., Firmansyah, M. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Desain Bahan Ajar Komputasi Matematika Berbantuan Software Mathematica Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 29. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.29-36

Charitas, Rully et al. 2021. “Ethnomathematics: Pranatamangsa System And The Birth-Death Ceremonial In Yogyakarta.†Journal on Mathematics Education 12(1):93–112.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

D’Ambrosio. 1985. “Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics.†For the Learning of Mathematics 5(1):44–48.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fajriah, Noor et al. 2023. “Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah Untuk Meningkatkan Wawasan Kearifan Lokal Guru Matematika.†5(1):313–25.

Fitri, Ainil et al. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Digital Informatika Jaringan.†7(1):33–38.

Hanan, R. A., Fajar, I., & Pramuditya, S. A. (2018). Desain Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Bidang Datar. Prosiding SNMPM II, 2(1), 287–299.

Hasibuan, Akhirunnisa et al. 2023. “Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Islami Materi Hak Dan Kewajiban Terhadap Hasil Belajar Siswa.†4:105–14.

Lakapu, Meryani et al. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Linear Satu Variabel.†FIGMA: Jurnal Pendidikan IV(1):50–55.

Maula, I., & Indra, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Desain Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 1595–1603. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/288/333

M. Yusriadi, Mery Berlian, Zubaidah Amir M. .. 2023. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal Budaya Kampar.†6(4):1513–22. doi: 10.22460/jpmi.v6i4.16296.

Nelawati et al. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Etnomatematika Suku Komering Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar.†Pp. 407–14 in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Prahmana, Rully Charitas Indra et al. 2020. “Learning Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta, Indonesia.†Journal on Mathematics Education 11(3):439–56. doi: 10.22342/jme.11.3.12949.439-456.

Putri, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Risdiyanti, Irma et al. 2018. “Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Permainan Tradisional Jawa.†Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2(1):1–11.

Sari, Eka Fitri Puspa et al. 2018. “Etnomatematika Pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan.†Journal of Medives 2(1):137–44.

Sarwoedi et al. 2018. “Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa.†Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 03(02):171–76.

Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 17. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.431

Somakim et al. 2021. “Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Untuk Guru Matematika Di Indonesia.†Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 17(1):1–12.

Swasono, Pujianto. Rahardjo. 2019. “Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas XII SMA Pada Materi Kaidah Pencacahan.†225–29.

Tandililing, Pitriana. 2015. “Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometris Budaya Toraja).†Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya 1(1):47–57.

Turmudi, Turmudi et al. 2021. “Ethnomathematics: Mathematical Concept in the Local Game of Tong Tong Galitong Ji for High School.†Participatory Educational Research 8(1):219–31. doi: 10.17275/per.21.12.8.1.

Umbara, Uba et al. 2021. “How to Predict Good Days in Farming: Ethnomathematics Study with an Ethnomodelling Approach.†JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 6(1):71–85. doi: 10.23917/jramathedu.v6i1.12065.

Published

2024-02-02