PENDAMPINGAN PEMBUATAN E-LKPD TERINTEGRASI PROJECT STEM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN GURU IPA DI KOTA LANGSA

Authors

  • Ratih Permana Sari Pendidikan Kimia, Universitas Samudra
  • Muhammad Yakob Pendidikan Fisika, Universitas Samudra
  • Molani Paulina Hasibuan Pendidikan Kimia, Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19685

Keywords:

e-LKPD, Project STEM, Science Education.

Abstract

Abstrak: Pada saat ini guru IPA di Indonesia membutuhkan kegiatan profesionalitas dibidang keilmuwan dibidang Pendidikan, diantaranya pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis karakter, pengembangan media pembelajaran berbasis digital, serta pengembangan media berbasis literasi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih guru IPA membuat bahan ajar berupa e-LKPD terintegrasi Project STEM yang mana produk hasil pelatihan dapat dijadikan referensi pembelajaran kurikulum Merdeka. Langkah-langkah yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu: (1) sosialisasi program; (2) pelatihan dan praktik dalam membuat dan menggunakan e-LKPD terintegrasi Project STEM; (3) pendampingan; dan (4) monitoring dan evaluasi. Mitra yang terlibat berasal dari MGMP IPA sebanyak 40 guru IPA dari seluruh SMP di Kota Langsa. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah raplikasi E-LKPD menggunakan platform liveworksheet terintegrasi Project STEM yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran dikelas. Secara umum, berdasarkan hasil analisis angket awal dan akhir ini dapat dikatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan keterampilan guru terhadap aplikasi E-LPKD terintegrasi proyek STEM dikategorikan berhasil. Berdasarkan aspek kebermanfaatan kegiatan pengabdian, hampir semua peserta pelatihan (75%) menyatakan bahwa kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan oleh tim pengabdian sangat bermanfaat.

Abstract: At this time science teachers in Indonesia need professional activities in the field of science in the field of education, including training in developing character-based learning media, developing digital-based learning media, and developing literacy-based media. The purpose of this service activity is to train science teachers to make teaching materials in the form of e-LKPD integrated with Project STEM, where the training products can be used as a reference for learning the Merdeka curriculum. The steps used to overcome partner problems are: (1) program socialization; (2) training and practice in making and using Project STEM integrated e-LKPD; (3) mentoring; and (4) monitoring and evaluation. The partners involved came from MGMP IPA as many as 40 science teachers from all junior high schools in Langsa City. The result of this service activity is the replication of E-LKPD using the Project STEM integrated liveworksheet platform which can be used in the classroom learning process. In general, based on the results of the pre-test and post-test data analysis, it can be said that the activities carried out in improving teachers' understanding of the E-LPKD application integrated with the STEM project are categorized as successful. Based on the aspect of the usefulness of service activities, almost all training participants (75%) stated that the service activities that had been carried out by the service team were very useful.

Author Biographies

Ratih Permana Sari, Pendidikan Kimia, Universitas Samudra

Pendidikan kimia

Muhammad Yakob, Pendidikan Fisika, Universitas Samudra

Pendidikan fisika

Molani Paulina Hasibuan, Pendidikan Kimia, Universitas Samudra

pendidikan kimia

References

Anshori, A. H., & Kosim, N. (2021). Pendampingan dan Penguatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran secara Daring. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 159. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v1i2.5044

Anwari, I., Yamada, S., Unno, M., Saito, T., Suwarma, I. R., Mutakinati, L., & Kumano, Y. (2015). Implementation of authentic learning and assessment through STEM education approach to improve students’ metacognitive skills. K-12 STEM Education, 1(3), 123–136. http://www.k12stemeducation.in.th/journal/article/view/23/24

Asih, P. (2015). Pengaruh Pelaksanaan MGMP IPA Terpadu dan Supervisi Akademik oleh kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru Bidang Studi IPA SMP/MTS Se-Kota Magelang. http://eprints.uny.ac.id/18921/%5Cnhttp://eprints.uny.ac.id/18921/1/ASIH PRATIWI.pdf

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Elvianasti, M., Roza, L., Anugerah, D., Maesaroh, M., & Irdalisa, I. (2021). Melatih Keterampilan Pedagogi Umum Guru MGMP IPA Jakarta Utara Pasca Covid-19. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 208–213. https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.14714

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Hayati, C. (2022). Urgensi Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Guru IPA yang Berkelanjutan Pada Tingkatan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 208–217. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50328

Itqan, M. S., Vaidah, N., Fatimah, S., & Rohaenti, N. (2022). Pelatihan dan pendampingan guru dalam pembuatan media pembelajaran interaktif. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 39–43. https://doi.org/10.34148/komatika.v2i2.568

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).halaman?

Rigianti, H. A., & Utomo, A. C. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum Ranah Literasi Membaca Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 11(1), 133–137. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4254

Sari, P. M., & Ritonga, R. F. (2018). Pelatihan Praktikum Ipa Bagi Guru-Guru Di Sdn. Prosiding Kolokium Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah UHAMKA 2018, 1,issue? 306–311.

Sartika, D. (2019). Jurnal Ilmu Sosail dan Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 89–93.

Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844

Wiyatmo, Y., Ruwanto, B., Suparno, S., & Jumadi, J. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA Sederhana Bagi Guru IPA SD di Kabupaten Sleman. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 1(1), 41–45. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12972

Yustina. (2020). The Effectiveness of Constructivism-based STEM Learning on Student Motivation and Learning Activity. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1). halaman?https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012050

Published

2024-02-05