PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK MASYARAKAT DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB

Authors

  • Rasyid Ridha Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Baiq Harly Widayanti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Akromul Huda Universitas Muhammadiyah Mataram
  • I Made Wahyu Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Eka Pasmidi Ariati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anan Tauladan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Arselinus Aset Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19983

Keywords:

System, Information, Web, Planning.

Abstract

Abstrak: Pesatnya perkembangan teknologi berdampak kepada sektor perdagangan yang mempengaruhi minat dan pola aktivitas masyarakat yang sebelumnya mengandalkan pasar konvensional beralih ke digital marketing. Dampak tersebut dialami juga oleh mitra kerjasama, mitra sasaran kelompok masyarakat serta Pemerintah Desa Sesait yang mengharuskan untuk beradaptasi melalui pelatihan dan pendampingan perancang sistem informasi kelompok masyarakat berbasis web sebagai upaya menigkatkan pengtahuan dan keterampilan mitra dalam penggunaan digital marketing sebagai media promosi dan pemasaran hasil produksi pertanian, peternakan dan potensi pariwisata yang berdaya saing. Metode pelatihan dan pendampingan yaitu metode Participatory Rural Appraisal (PRA), sedangkan dalam merancang sistem informasi menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Dimana kedua metode tersebut dilakukan kombinasi dalam pelaksanaanya sehingga di peroleh hasil dari evaluasi melalui pre-test dan post-test untuk 25 peserta yang mengikuti kegiatan yaitu tingkat pengetahuan dan pemahaman tentang web meningkat menjadi 100% dari yang sebelumnya tingkat pengetahuan 68% dan tingkat pemahaman 40%, sedangkan untuk tingkat penggunaan web dari yang sebelumnya tidak mengerti mengoperasikan web menjadi 92% peserta mampu mengoperasikan web.

Abstract: The rapid development of technology impacts the trade sector, influencing people's interests and activity patterns that previously relied on conventional markets to switch to digital marketing. This impact was also experienced by cooperation partners and target community groups as well as the Sesait Village Government, which required them to adapt through training and mentoring for web-based community group information system designers as an effort to increase partners' knowledge and skills in using digital marketing as a medium for promotion and marketing of competitive agricultural, livestock and tourism potential products. . The training and mentoring method is the Participatory Rural Appraisal (PRA) method while designing the information system uses the Software Development Life Cycle (SDLC) method with the Waterfall model. The two methods were combined in their implementation so that the results obtained from evaluation through pre-test and post-test for 25 participants who took part in the activity were that the level of knowledge and understanding of the web increased to 100% from the previous level of knowledge of 68% and level of understanding of 40 %, while the level of web usage went from previously not understanding how to operate the web to 92% of participants being able to operate the web.

References

Ahmia, M., & Belbachir, H. (2018). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Indian Journal of Pure and Applied Mathematics, 49(3), 549–557. https://doi.org/10.1007/s13226-018-0284-5

Arifin, R. W. (2016). Website Sebagai Media Promosi Untuk Memasarkan Produk Industri Kreatif. Information Management for Educators and Professionals, 1(1), 77–85.

Budhi, S. R., Submawati, A., Andriani, I., Faqih, A., Ila, N., & Fiani, O. (2022). Potensi Penggunaan GPS Sebagai Pelacak Lokasi Ternak Domba (Ovis aries) di Desa Tempurejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Cendekia Peternakan, 162–171. https://doi.org/https://doi.org/10.32503/senacenter.v1i1.20

Ditjen Bina Pemdes. (2020). Prodeskel Bina Pemdes (p. 2023).

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hasanah, F. N. (2020). Rekayasa Perangkat Lunak. In Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-89-6

Madre, J., Yudi Sukmono, H., & Gunawan, S. (2021). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Salah Satu Media Promosi Pada Perusahaan. Journal of Industrial and Manufacture Engineering, 5(2). https://doi.org/10.31289/jime.v5i2.5594

Marito. (2022). Pemulihan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Memalui Digital Marketing Di Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. 3, 80–83.

Maulana, R., Satirah, B. A., Ramdani, S., Ramdhani, M. R. J., Widayanti, B. H., & Arrahman, R. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Untuk Perempuan Dalam Menekan Angka Pernikahan Anak Di Desa Pengenjek. Journal of Community Empowerment, 1(2), 95–100. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mohammad Suryawinata, M. S. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. In S. B. Sartika (Ed.), UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-81-2

Mustanir, A. (2019). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif. Jurnal Moderat, 5(3), 227–239.

Pemerintah Desa Sesait. (2022). Profil Desa Sesait.

Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.15294/pls.v3i2.34913

Suryani, E., Permadi, L. A., & Serif, S. (2019). Kemiskinan Di Pulau Lombok: Basis Perumusan Intervensi Kebijakan. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 5(1), 27–41. https://doi.org/10.29303/jseh.v5i1.28

Tandirerung, V. A., Syahrul, S., & Padil, A. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Produk Pertanian berbasis Website. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(2), 121–128. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.35288

Wahyuningtyas, A. C. (2019). Berbisnis Online Melalui Media Sosial. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.18197

Widayanti, B. H., Susanti, F., Ridha, R., Yunianti, S. R., & Hidayatullah, R. (2022). Assistance In Mapping The Function Of The Area And Land Capability Of Gangga District. Journal of Character Education Society), 5(4), 181–190. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9804

Published

2023-12-06

Issue

Section

Articles