PENINGKATAN KESADARAN REMAJA UNTUK MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK MELALUI KEGIATAN GERAKAN EDUKASI REMAJA AKTIF, BERPRESTASI, SEHAT, MANDIRI, DAN TANGGUH

Authors

  • Ramadhana Komala Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung, Lampung
  • Wiwi Febriani Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung, Lampung
  • Sofyan Musyabiq Wijaya Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung, Lampung
  • Andi Eka Yunianto Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung, Lampung
  • Rafi Gustra Alam Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20043

Keywords:

Nutrition Education, Physical Activity, Games.

Abstract

Abstrak: Masa remaja merupakan periode penting untuk membentuk gaya hidup dan perilaku menjadi aktif secara fisik. Peningkatan aktivitas fisik bagi remaja sangat penting dilakukan untuk membentuk kebiasaan olahraga. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa terkait pentingnya melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari serta meningkatkan frekuensi melakukan aktivitas fisik bagi siswa melalui kegiatan “GENERASI SMART†yaitu Gerakan Edukasi Remaja Aktif, Berprestasi, Sehat, Mandiri, dan Tangguh. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah dilaksanakan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang. Kegiatan pengabdian mencakup melakukan kegiatan aktivitas fisik, penyuluhan, dan permainan aktivitas fisik (Exercise Motion Spinner Game/ EM-SG). Evaluasi kegiatan diberikan melalui pre-test dan post-test. Metode analisis yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif dan analisis bivariat berupa paired sample t-test. Hasil pengabdian menunjukkan sebanyak 84% anak mengalami peningkatan pengetahuan terkait pentingnya aktivitas fisik. Hasil rata-rata skor pengetahuan siswa mengenai pentingnya aktivitas fisik sebelum dilakukan penyuluhan tergolong rendah yaitu 52.6 ± 8.1 poin. Pengetahuan siswa setelah penyuluhan mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 67.9 ± 10.4 poin. Peningkatan pengetahuan siswa juga dapat terlihat dengan jelas pada rata-rata perubahan skor pengetahuan yang tinggi yakni 15.0 ± 10.4. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan skor pengetahuan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penyuluhan (p<0,05). Hal ini berarti kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pentingnya aktivitas fisik cukup berhasil.

Abstract: Adolescence is an important period for physical activity, lifestyle, and behavior. Increasing physical activity is very important for teenagers. This community service activity aims to increase students' knowledge regarding the importance of performing physical activity for at least 30 minutes per day, as well as increasing the frequency of physical activity for students through the "SMART GENERATION" activity, namely, the Active, Achievement, Healthy, Independent, and Resilient Youth Education Movement. Service activities included physical activity, nutrition education, and physical activity games (Exercise Motion Spinner Game/EM-SG). Activities were evaluated through a pre-test and post-test. The analytical methods used were descriptive analysis and bivariate analysis in the form of a paired sample t-test. The results showed that 84% of children experienced increased knowledge regarding the importance of physical activity. The average score of students' knowledge regarding the importance of physical activity before counseling was low, namely 52.6 ± 8.1 points. Students' knowledge after counseling increased, with an average score of 67.9 ± 10.4 points. The increase in students' knowledge can also be clearly seen in the high average change in knowledge scores, namely 15.0 ± 10.4. The statistical test results showed that there was a significant difference in the knowledge scores before and after counseling (p<0.05). This means that community service activities regarding the importance of physical activity were successful.

References

Bauman, A. E., Grunseit, A. C., Rangul, V., & Heitmann, B. L. (2017). Physical activity, obesity and mortality: Does pattern of physical activity have stronger epidemiological associations? BMC Public Health, 17(1). https://doi.org/10.1186/s12889-017-4806-6

Febriani, W., Wati, Da., Komala, R., & Gustianing, D. (2021). Edukasi Gizi Seimbang Dan Pengembangan Kudapan Sehat Berbasis Pangan Lokal Pada Ibu Rumah Tangga Di De Desa Wonokriyo Kabupaten Pringsewu Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu (ABDI KE UNGU), 3(2), 84–88. http://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Abdi

Gao, Z., Chen, S., Sun, H., Wen, X., & Xiang, P. (2018). Physical Activity in Children’s Health and Cognition. In BioMed Research International (Vol. 2018). Hindawi Limited. https://doi.org/10.1155/2018/8542403

Istyanto, F., Aswar, S., Sitinjak, S. H., & Sarimole, J. D. E. (2023). Sosialisasi Pentingnya Aktivitas Fisik Untuk Menjaga Kesehatan Warga di Lingkungan Kampung Insrom Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Jurnal ABDIMAS KESOSI, 6(1), 1–7.

Kemenkes RI. (2013). Laporan Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Komala, R., Febriani, W., Nurrahmawati, E., & Ariska, K. (2023). Peningkatan Pengetahuan Gizi Ibu tentang Konsumsi Protein Hewani untuk Cegah Stunting melalui Penyuluhan dan Permainan Puzzle Isi Piringku. JPM Ruwa Jurai, 8(1), 35–40.

Komala, R., Nareswari, S., Zuraida, R., Dewi Puspita Sari, R., Wulan Sumekar Rengganis Wardani, D., Apriliana, E., Musyabiq Wijaya, S., Zakiah Oktarlina, R., & Wahyuni, A. (2022). Pemberdayaan Kader Kesehatan Cipadang Dalam Penilaian Status Gizi Ibu Dan Anak Serta Pencegahan Stunting Pada Komunitas Agromedicine Di Desa Cipadang Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. JPM (Jurnal Pengabdian Masyarakat) Ruwa Jurai, 100–103.

Kumar, B., Robinson, R., & Till, S. (2015). Physical activity and health in adolescence. Clinical Medicine, 15(3), 267–272. https://doi.org/10.7861/clinmedicine.15-3-267

Kusumo, M. P., Sakir, & Atmojo, M. E. (2022). Model Edukasi Program Aktivitas Fisik Berbasis Masyarakat dalam Menurunkan Glukosa Darah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 8–13. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Michel, J., Bernier, A., & Thompson, L. A. (2022). Physical Activity in Children. In JAMA Pediatrics (Vol. 176, Issue 6, p. 622). American Medical Association. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2022.0477

Sulistyorini, A., Chusniah Rahmawati, W., Paramita, F., Nanda Leilina, A., Putriningdyah, aini, Nuradela, N., & Kusuma Ayu, C. (2022). Perilaku hidup sehat di era pandemi covid-19 melalui latihan fisik low-impact dan asupan gizi seimbang pada siswa SMA. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21–35. http://journal2.um.ac.id/index.php/promotif

Sutrio. (2017). Hubungan Asupan Energi, Pengetahuan Gizi, dan Aktivitas Fisik terhadap Status Gizi Siswa Sekolah Menengah Atas Global Madani Kota Bandar Lampung Tahun 2016. The Journal of Holistic Healthcare), 11(1), 1–4.

Tomporowski, P. D., McCullick, B., Pendleton, D. M., & Pesce, C. (2015). Exercise and children’s cognition: The role of exercise characteristics and a place for metacognition. In Journal of Sport and Health Science (Vol. 4, Issue 1, pp. 47–55). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2014.09.003

UNICEF. (2018). UNICEF Programme Guidance for the Second Decade: Programming With and for Adolescents.

UNICEF Indonesia. (2021). Social and Behaviour Change Communication Strategy: Improving Adolescent Nutrition in Indonesia Social and Behaviour Change Communication Strategy: Improving Adolescent Nutrition in Indonesia.

WHO. (2022). Physical Activity. Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Physical-Activity.

Zaidah, L., & Riyanto, A. (2023). Aktifitas Fisik Remaja Sebagai Upaya Peningkatan Kebugaran Pada Masa Pandemi COVID-19. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad (Vol. 5, Issue 1).

Published

2024-02-02