UPAYA PENINGKATAN TATA BAHASA INGGRIS DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI ENGLISH LEARNING GRAMMAR BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20156Keywords:
Android, Basic English, English Learning Grammar Application, MTsN Fakfak.Abstract
Abstrak: Membimbing siswa/i untuk menguasai tata bahasa Inggris sesuai dengan yang mereka butuhkan merupakan tantangan untuk para guru. Mempelajari grammar/tata bahasa bahasa Inggris cenderung dianggap sulit serta membosankan bagi kebanyakan siswa. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Inggris dasar siswa/i MTs Negeri Fakfak menggunakan aplikasi learning English grammar berbasis Android. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pre test, penyampaian materi (pengenalan aplikasi English learning grammar), tanya jawab/kuis, praktik penggunaan aplikasi, dan post test. Kemudian, evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pembagian angket untuk mengetahui persepsi peserta dalam mengikuti kegiatan. Berdasarkan hasil pre test dan post test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan tata bahasa Inggris dasar siswa dari skor rata-rata pada pre test (36.56) ke (70.62) pada post test. Ini berarti ada peningkatan skor rata-rata sebanyak 33.77. Hal ini juga sejalan dengan hasil angket mengenai persepsi siswa setelah pelaksanaan kegiatan. Rata-rata siswa (89%) menyatakan bahwa penggunaan aplikasi membuat mereka berminat dan tertarik untuk belajar tata bahasa Inggris dasar. Secara keseluruhan, para siswa merasa cukup puas and antusias mengikuti kegiatan pengabdian ini (91%). Disamping itu, hasil kegiatan ini juga dapat membentuk pemahaman siswa dalam belajar tata Bahasa Inggris dan menyediakan pengetahuan baru tentang pembelajaran grammar menggunakan aplikasi.
Abstract: Guiding students to master English grammar according to their needs is a challenge for teachers. Studying English grammar tends to be considered difficult and boring for most students. Therefore, the aim of this community service activity is to improve the basic English grammar skills of MTSN Fakfak using an Android-based English grammar learning application. The implementation of this progam started with a pre-test, delivery of material (introduction to the English learning grammar application), quiz, practice using the application, and post-test. Then, evaluation of the implementation of the activity was carried out by distributing questionnaires to determine participants' perceptions of participating in the activity. Based on the results of the pre-test and post-test, it shows that there is an increase in students' basic English grammar skills from the average score on the pre-test (36.56) to (70.62) on the post-test. This means there is an increase in the average score of 33.77. This is also in line with the results of a questionnaire regarding student perceptions after following the activity. On average, students (89%) stated that using the application made them interested in learning basic English grammar. Overall, the students felt quite satisfied and enthusiastic about participating in this service activity (91%). Apart from that, the results of this activity can also shape students' understanding in learning English grammar and provide new knowledge about learning grammar using applications.
References
Aulia, V. (2019). Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di Jenjang SD Sederajat untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 359–378.
Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan guru dalam penggunaan website grammar sebagai media pembelajaran selama pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55.
Darman, D., & Lapu, L. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Untuk Meningkatkan Kemahiran Bahasa Inggris Siswa Di SMP Negeri 11 Mimika. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 86–91.
Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 21(1), 62–72.
Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106.
Hasanah, H. U. (2016). Respon mahasiswa terhadap pembelajaran grammar berbasis website. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 13(1), 49–74.
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353.
Magfirah, T., Arridha, R., & Ismail, O. Z. (2022). Android-based Introduction to Indonesian Heroes Application. Jurnal Mantik, 6(3), 3880–3891.
Magfirah, T., Arridha, R., Lanja, S., & Rumanama, N. (2022). Android-based English teaching material application at State Polytechnic of Fakfak. Sinkron: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 7(1), 136–146.
Muyaroah, S. (2017). Efektifitas Mobile learning sebagai alternatif model pembelajaran. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 23–27.
Putri, N. R., & Sari, F. M. (2021). Investigating English teaching strategies to reduce online teaching obstacles in the secondary school. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 23–31.
Rodiyana, R. (2018). Pengaruh penerapan strategi quantum learning terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 45–57.
Suhardiana, I. P. A. (2019). Peran teknologi dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92–102.
Wahyuni, I. (2019). Persepsi Siswa Sekolah Menengah Atas Tentang Penggunaan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2.
Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).