OPTIMALISASI POLA ASUH MELALUI PkM PADA ORANG TUA DI SLB PEMBINA KOTA PALEMBANG

Authors

  • Muhamad Uyun Fakultas Psikologi, Psikologi Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20205

Keywords:

Optimalization, Parenting Patterns, Emotional Approach.

Abstract

Abstrak: Pendekatan emosional dan pola asuh orangtua dalam pengabdian masyarakat dapat menjadi salah satu strategi peningkatan pemahaman bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Program PkM ini bertujuan untuk optimalisasi pendekatan emosional dan pola asuh orangtua yang mempunyai anak luar biasa sehingga mampu membuat orang tua memahami anak-anak yang berkebutuhan khusus dan lebih mampu untuk mengontrol emosi pada saat anak tersebut sedang/ tidak dalam kondisi yang baik. Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, terdiri dari tiga tahapan yaitu berupa perencanaan, pelaksanaan, serta pasca pelaksanaan. Terdapat 80 responden dalam kegiatan ini yang meliputi orangtua/ wali dari siswa SLB. Lokasi pengabdian masyarakat dilakukan di SLB B Kota Palembang. Dalam pengumpulan data, peneliti menyebarkan angket tentang optimalisasi pola asuh orangtua siswa yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan soft-skill pada orangtua/wali siswa SLB dengan persentase pretest 40% ke posttest 80%. Artinya, orangtua siswa yang memiliki anak berkebutuhan khusus masih perlu mendapatkan sosialisasi dan pemberian pemahaman sehingga dapat berdampak positif pada optimalnya perkembangan anak di dalam keluarga dan menjadikan anak tidak merasa terasingkan dengan kekurangan yang ada pada dirinya.

Abstract: The emotional approach and parenting patterns in community service can be one of the strategies to enhance the understanding of parents with special needs children. This Community Service Program (PkM) aims to optimize the emotional approach and parenting patterns of parents with extraordinary children, enabling them to comprehend the unique needs of their children and better control their emotions when their children are not in good condition. The community service implementation comprises three stages: planning, execution, and post-implementation. There were 80 respondents in this activity, including parents/guardians of students in Special Education (SLB). The community service took place at SLB B in Palembang City. In data collection, the researchers distributed questionnaires on optimizing parenting patterns to parents before and after the community service activities. The results of this community service activity indicate an improvement in soft skills among parents/guardians of SLB students, with a percentage increase from 40% in the pretest to 80% in the posttest. This implies that parents of special needs children still need socialization and understanding to positively impact the optimal development of their children within the family, making the children feel integrated and not isolated due to their unique challenges.

References

Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). The effect of parenting style and genetic personality on children's character development. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 206–218.

Asmarani, N., Nurjanah, I., Auva, S., Islam, B. K., & Tarbiyah, F. (2022). Sosialisasi pentingnya pola asuh orangtua yang tepat sesuai dominasi kecerdasan anak (pemahaman kecerdasan majemuk) di paud al yumna batam. Jurnal Al Tamaddun Batam, 2(1), 1–7.

Herdian, & Septiningsih, D. S. (2020). Character-building training synergy between teachers and parents. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 167–173.

Jannah, M, N., Fitriani.,Herbiyantin N., Indrawan, A., Pratiwi, D., Jamilah., & Handayani, S. (2023). Think pair share as an effort to foster students’ literacy awareness and individual accountability character. Jurnal Pendidikan Karakter, 14 (2), https://doi.org/10.21831/jpka.v14i2.62480

Kusnadi, S. K. (2019). Optimalisasi Peran orang tua melalui edukasi parential emotional coaching dalam upaya meningkatkan keterampilan merespon emosi negatif anak tunarungu di slb x kecamatan karangpilang. Jurnal PKM-CSR, 2, (6)902–908.

Mahmudah, L. (2020). Disorder personality ( abnormalitas ) dan perkembangan sosial-emosional anak : Pola asuh orang tua terhadap program studi bimbingan dan konseling islam.

Mariah. (2022). Hubungan sikap, dukungan keluarga dan pola asuh terhadap status gizi balita usia 6-24 bulan di puskesmas menes. DOAJ : Dohara Publisher Open Access Journal, 02(03), 595–603.

Ridwan, Utomo, H. B., & Kurniawati, E. (2021). PKM Pengasuhan Positif Anak Usia Dini Di Desa Kedak Kabupaten Kediri. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 2(1), 1–8.

Santosa, A. B., Nugroho, W., & Nurmalasari, W. (2022). Peningkatan pemahaman pola asuh orang tua melalui program parenting education. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3818–3828.

Saudah, S., & Syafrudin. (2021). Penyuluhan pola asuh anak dengan bahasa positif pada ibu-ibu pkk dusun pilahan, rejowinangun, kotagede, Yogyakarta. DHARMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–28.

Senggighilang, G., Nainggolan, A. M., Rogahang, H. J., & Mandas, A. L. (2022). Penyuluhan pola asuh anak dari perspektif psikologi dan teologi di gmim senggighilang. Education Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 98–107.

Siahaya, A., Tomasoa, V. Y., & Tubalawony, S. L. (2022). PKM optimalisasi peningkatan keterampilan dan pemberdayaan kader dalam deteksi dini tumbuh kembang anak balita di kelurahan kudamati kecamatan Nusaniwe. MAREN: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 30–36.

Siswantari, H., Septiyani, R., & Sularso. (2023). Optimalisasi potensi seni menuju desa wisata di desa jatimulyo dlingo bantul yogyakarta indonesia optimizing the potential of art towards a tourism village in jatimulyo 2019 ).Aksiologinya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 10–23.

Supratman. (2023). Pendidikan kesehatan tentang reproduksi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3802–3812. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16386

Suwaryaningrat, N. D. E. (2021). PKM Pola asuh orangtua di masa pandemi covid 19 pada anak usia dini di tK ST. Tarsisius Tomohon. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 458–464.

Theresya, J., Latifah, M., & Hernawati, N. (2018). The effect of parenting style, self-efficacy, and self-regulated learning on adolescents ’ academic achievement. Journal of Child Development Studies, 03(01), 28–43.

Uyun, M. (2020). Peran psikolog dalam bidang pendidikan, pemerintahan dan industri. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 61–78. https://doi.org/10.15575/psy.v7i1.6349

Wahyuni, I. (2020). Optimalisasi pembinaan kelompok bina balita pada ibu yang memiliki bayi balita tentang masalah pertumbuhan: status gizi, stunting pada anak usia < 2 tahun di wilayah puskesmas payung sekaki pekanbaru. Journal of Character Education Society, 3(1), 45–55.

Zaman, R., Arslan, M., & Mehmood, A. (2014). Effect of parenting style on child behavior : A qualitative analysis. Journal of Education and Practice, 5(26), 112–119.

Published

2024-02-05