PELATIHAN PENGAMATAN DAN IDENTIFIKASI FITOPLANKTON AIR RAWA GAMBUT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM GURU BIOLOGI SE-KOTA PALANGKARAYA

Authors

  • Faridah Tsuraya Program Studi Biologi, Universitas Palangka Raya
  • Umi Novita Fitriah Program Studi Biologi, Universitas Palangka Raya
  • Widya Krestina Program Studi Biologi, Universitas Palangka Raya
  • Fadhila Aziz Program Studi Biologi, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20284

Keywords:

Biology, Phytoplankton, Identification, Observation, Teachers, Training.

Abstract

Abstrak: Praktikum biologi merupakan kegiatan yang penting dalam memberikan pemahaman dan pengalaman nyata kepada mitra sasaran didik. Salah satu kendala dalam praktikum biologi adalah kurangnya pihak sekolah dalam mengirim guru-guru biologi untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensinya. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru biologi terkait dengan beberapa topik praktikum biologi, seperti pengamatan dan identifikasi fitoplankton dari air rawa gambut. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan pengamatan dan identifikasi fitoplankton air rawa gambut untuk guru biologi SMA Se-Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah pemaparan materi, diskusi, praktikum, dan monitoring dan evaluasi kegiatan. Praktik mencakup pengambilan sampel, pengamatan, serta identifikasi fitoplankton yang dilaksanakan di laboratorium. Kegiatan pelatihan dilakukan pada bulan November 2023 dengan 14 orang mitra sasaran. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan wawasan dan keterampilan mitra sasaran dalam kegiatan sampling dan pengamatan fitoplankton air rawa gambut yang ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata 30 angka dari pre test ke post test untuk keseluruhan mitra sasaran.

Abstract: Experiments in biology is an important activity in providing real understanding and experience to students. One of the obstacles in the experiment was the lack of schools in sending biology teachers to participate in training activities that can improve their competence. Solution to this problem is to provide training to biology teachers related to several biology experiment topics, such as observation and identification of phytoplankton in peat swamp water. The purpose of this community service was to provide training on the observation and identification of phytoplankton in peat swamp water for high school biology teachers in Palangkaraya to improve practical skill in biology. The methods used in this community service were the presentation of material, discussion, practices, monitoring and evaluation of activities. Practices included sampling activity, observation, and identification of phytoplankton in the laboratory. Training activities were conducted in November 2023 with 14 participants. The results of the training showed an increase in participants' knowledge and skills in sampling and observing peat swamp water phytoplankton with an average of 30 numbers from pretest to post test for all participants.

References

Adam, C. (2022). Variety of Cell Size of Cosmarium spp. and Euastrum spp. (Desmidiaceae, Charophyte) from the Aquatic Environment around Palangka Raya, Central Kalimantan, Indonesia. Jurnal Biota, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.19109/biota.v8i1.8002

Adam, C., & Haryono, A. (2022). Morphological Study of Coelastrum cambricum from the Peat Water of Palangka Raya, Indonesia. 2022, 21–28. https://doi.org/10.11594/nstp.2022.2504

Agustina, P., Saputra, A., Qonitat, L. M., Utami, R. D., & Yohana. (2017). Kesesuaian Laboratorium Biologi sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah se-Surakarta dengan Standar Laboratorium Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 559–564. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/32612

Apriansyah, Safitri, I., Risko, & Arsad, S. (2021). Microalgae Community As Aquatic Quality Bioindicator. Saintek Perikanan: Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, 17(1), 65–73.

Dailami, M., Tahya, C. Y., Gyta, D., Harahap, S., Duhita, M. R., Sutrisno, E., Hidana, R., Supinganto, A., & Puspita, R. (n.d.). Biologi umum.

Degtyarev, V. (2018). Lena River Basin (Russia). In The Wetland Book II: Distribution, Description, and Conservation (Vol. 3). https://doi.org/10.1007/978-94-007-4001-3_96

Indah Sari Dewi, Siti Sunariyati, L. N. (2017). Mixed Method ). 2, 13–26.

Jumrodah, J., Meiana, N. A., Ashari, R., Awaluddin, A. M., Ajiza, P. D., Alia, R., Maharani, S. P., Karlina, S., & Anwar, M. S. (2023). Analisis Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Di SMA. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 92–104. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.5987

Panjaitan, D., Wardhana, V. W., Hadi, R., Tsuraya, F., & Naibaho, F. G. (2023). Pelatihan Karakterisasi Morfologi Bakteri Dan Fungi Sebagai Pengayaan Praktikum Biologi Bagi Guru Sekolah Menengah Atas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 556. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12355

Rahmah, N., Iswadi, Asiah, Hasanuddin, & Syafrianti, D. (2020). Faktor dan Solusi Terhadap Kendala Praktikum Biologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 84–95. https://jim.usk.ac.id/pendidikan-biologi/article/view/16251

Respati, R. (2022). Stabilisasi Tanah Gambut Palangka Raya Dengan Bahan Campuran Tanah Non Organik , Semen dan Zat Aditif. Jurnal Transukma, 05, 47–58.

Rosada, K. K., & Sunardi. (2021). Metode Pengambilan dan Analisis Plankton (p. 94).

Sartika Sari, D., Auliandari, L., Nawawi, S., & Biologi, P. (2020). Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Di Sma Negeri Bingin Teluk Dengan Analisis Model Rasch Practicum Implementation on Biology Learning in Bingin Teluk State Senior High School Using Rasch Model Analysis. 4(1), 45–50. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Setiawan, A., Mohadi, R., & Setiawan, D. (2018). Komposisi, Kekayaan, dan Kelimpahan Plankton di Perairan Sungai Simpang Heran dan Sungai Sugihan sebagai Instrumen Bioindikator Lingkungan Hidup. Journal Penelitian Sains, 20(1), 20–24. http://ejurnal.mipa.unsri.ac.id/index.php/jps/article/view/496

Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 1–23.

Published

2024-02-10