STRATEGI BRANDING DIGITAL MARKETING GUNA PENINGKATAN PENERIMAAN SISWA BARU BAGI SEKOLAH BARU JENJANG SMP
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20499Keywords:
Branding, Digital Marketing, Information System, SMPIT, New Student Admission.Abstract
Abstrak: Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Mutiara Hati merupakan sekolah tingkat menengah baru yang mengusung program unggulan khusus Tahfizul Qur’an (Hafalan Qur’an) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh mitra adalah upaya untuk mendapatkan siswa baru. SMP IT Mutiara Hati Semarang sebagai mitra telah melakukan publikasi melalui media sosial meskipun belum optimal. Selain itu, teknologi informasi yang mendukung program penerimaan siswa baru juga masih terbatas. Hal tersebut menjadi dasar perlunya peningkatan pemahaman terhadap digital marketing dan penerapan suatu sistem informasi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program terdiri dari identifikasi permasalahan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan pelatihan digital marketing dan pengembangan sistem penerimaan siswa baru dilaksanakan secara bersamaan. Umpan balik mitra melalui kuisioner menjadi instrumen dalam mengevaluasi program. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan program yaitu digital marketing dapat menjadi strategi bagi mitra dalam memperkuat upaya pengenalan instansi kepada masyarakat luas. Seluruh peserta pelatihan telah memahami dengan baik pemanfaatan digital marketing. Kegiatan pengabdian ini juga menghasilkan produk berupa sistem informasi berbasis web guna mendukung program penerimaan siswa baru pada instansi mitra. Hasil pengabdian ini juga menunjukkan bahwa mitra telah mampu menentukan prioritas sistem informasi yang tepat bagi sekolah.
Abstract: Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Mutiara Hati is a new secondary school that carries a special flagship program Tahfizul Qur'an (Qur'an memorization) in Gunungpati District, Semarang City. One of the big challenges faced by partners was trying to get new students. SMP IT Mutiara Hati Semarang as the partner had published via social media, although it was not yet optimal. Apart from that, information technology that supported new student admission programs was also still limited. This was what underlied the need to increase understanding of digital marketing and the application of information systems. The method used in implementing the program consisted of problem identification, implementation and evaluation. At the implementation stage, digital marketing training activities and development of a new student admission system were carried out simultaneously. Partner feedback through questionnaires became an instrument in evaluating the program. The results obtained from implementing the program was that digital marketing can be a strategy for partners in strengthening efforts to introduce the institution to the wider community. All training participants have gained a good understanding of the use of digital marketing. This service community activity also produced a product in the form of a web-based information system to support new student admission programs at partner institution. The results of this service also showed that partners had been able to determine the right information system priorities for schools.
Â
References
Astriani, L., & Ismah, I. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Learning Management System di Masa Pandemi COVID-19. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(1), 54–60.
Aula, S. , Hanoum, S., & Prihananto, P. (2022). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Resiliensi Organisasi: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(1), 143–148. https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i1.67483
Darwis, A. (2017). Sistem Informasi Manajemen pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education Management, 2(1), 64–77.
Diplan, D. (2019). Tantangan Pendidik di Era Digital. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 41–47.
Djusar, S., Asril, E., & Anggraini, K. (2023). Pemanfaatan Akun Belajar.id bagi Guru SMPN Binaan Khusus Kota Dumai. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 111–116. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.5400
Fahmiah, O. :, Dosen, A., & Bone, I. (2018). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 519–534.
Faulina, S. T., & Bherta, R. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian SMP N 38 OKU. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 9(2), 58–66.
Fitriani, I., & Fachrizal, M. R. (2019). Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web pada SMP Negeri 19 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 60–72.
Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1–8. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicomTelp.+62-21-3905050,
Khasbulloh, M. N., Pd, M. I., Iain, K.-J., Sunan, A. N., & Kediri, N. (2020). Preferensi Masyarakat dalam Pemilihan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Pada SD NU Insan Cendekia Kediri. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 51–66.
Mafruhat, A. Y., Haryatiningsih, R., Ramli, T. A., Haviz, M., Arif, M. F., Jihad, G., Sabilillah, F., Prameswari, K. A., Lesmana, L. D., & Farihatunisa, R. (2023). Sosialisasi dan Workshop Pentingnya Branding Produk UMKM Lokal di Desa Ciburial Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(2), 177–181.
Mashyuri, R. F., Amalia, F., & Arwan, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Sekolah (Studi Kasus: MTS Yanuris 1 Linggapura). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(12), 10906–10915. http://j-ptiik.ub.ac.id
Muhammad, R., Nurfauziya, A., & Hamdani, R. (2021). Penerapan Sistem Informasi Kepegawaian pada Amal Usaha Muhammadiyah Kota Magelang. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 147–153. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664
Nurelasari, E. (2020). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Web. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 9(1), 67–73. https://doi.org/10.34010/komputika.v9i1.2243
Nurhayati, D., & Ulfah, F. (2021). Tantangan Pendidikan di Bidang Pembelajaran di Era Digital, dan Solusinya. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (PRO-TRAPENAS), 327–338.
Prasetiyo, B., Hakim, M. F. Al, Purwinarko, A., Putra, A. T., & Subhan, S. (2023). Peningkatan Manajemen Ujian Online Bagi Guru di SMK Negeri 1 Karimunjawa. Jurnal Abdi Negeri, 1(1), 9–13.
Prihandoyo, M. T. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 3(1), 126–129.
Rayani, E. (2020). Survey Tentang Kebijakan Pemerintah Terhadap Jarak Sekolah dengan Rumah Menurut Prespektif Orang Tua. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(2), 34–37.
Salmiati, S., & Septiawansyah, R. (2019). Peranan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs DDI Cilellang Kabupaten Barru. Al-Musannif, 1(1), 47–64. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.18
Shodiq, S. (2021). Peran Sistem Informasi dan Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Edukasi, 8(1), 17–19.
Subhan, S., Jumanto, J., Hakim, M. F. Al, Ifriza, Y. N., & Prasetiyo, B. (2023). Penguatan Prestasi Mahasiswa Melalui Pendampingan dan Pembinaan Lembaga Kemahasiswaan di Jurusan Ilmu Komputer UNNES. Jurnal Abdi Negeri, 1(1), 26–34.
Suryandani, F., Basori, B., & Maryono, D. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Sebagai Sistem Pengolahan Nilai Siswa di SMK Negeri 1 Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(1), 71. https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14976
Suryatni, S. (2021). Teknologi Pendidikan Sebagai Pelaksanaan Sistem Informasi dalam Perkuliahan Online di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 31–46.
Ushansyah, U. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 13–22.
Zainal, M., Yanis, M., & Putra, R. A. (2023). Peningkatan Manajemen Wisata Berbasis Teknologi Informasi di Desa Iboih, Kota Sabang. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.5452
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).