STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHA PEMUDA PRODUKTIF GUNUNGKIDUL

Authors

  • Agus Dwi Cahya Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Bernadetta Diansepti Maharani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Putri Dwi Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2105

Keywords:

ideas, innovations, motivation, digital marketing, packaging, financial management, synergy

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan ide, inovasi produk, memotivasi dan mengembangkan wirausaha dengan memaksimalkan perkembangan teknologi informasi melalui penjualan online serta pentingnya bijak mengelola keuangan serta  membangun sinergi usaha bagi pemuda-pemuda di Gunungkidul. Pelatihan dilaksanakan dengan memberikan materi ide, motivasi dan mengembangkan usaha, digital marketing dan packaging, bijak mengelola keuangan dan kreatif menciptakan sinergi, mengadakan kunjungan langsung ke pelaku usaha dan mendiskusikannya bagaimana implementasi  di lapangan dan kendalanya, juga praktik langsung penjualan produk melalui online yakni forum jual beli facebook dan sosial media lainnya. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatnya motivasi peserta dalam mengembangkan usaha, pemanfaatan e-marketing serta mengaplikasikan digital marketing dalam usahanya, dan peserta lebih memahami pengelolaan keuangan usaha. Luaran pengabdian ini  adalah terbentuknya kepengurusan Kelompok Usaha Pemuda Produktif Gunungkidul dan wadah silaturahmi sharing usaha dan saling memotivasi secara keberlanjutan melalui whatsapp group. Abstract:  This community service’s aims to cultivate ideas, product innovations, motivate and develop entrepreneurship by maximizing the development of information technology through online sales and the importance of wisely managing finance and establishing a synergy of business for young people in Gunungkidul. The training was carried out by providing idea materials, motivation and developing business, digital marketing and packaging, wisely managing finance and creative to create synergy, conduct direct visits to the business actors and discuss how the implementation in the field and its operations, also direct practice of product sales through online that is a Facebook buy and sell Forum. The results of this community service activity increased the motivation of participants in developing their businesses, utilizing and applying digital marketing in their businesses, and participants were more understanding in business financial management. The output of this community service is the formation of the management of Kelompok Usaha Pemuda Produktif Gunungkidul and a place for gathering business sharing and motivating each other sustainably through Whatsapp groups.

References

Alma. (2011). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Assauri, S. (2013). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Manajerial, 184-207.

Febriyantoro,Arisandi. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 61-76.

Hapsoro, Palupiningdyah, & Slamet. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 117-120.

Harahap & Yenni Ramadhani. (2014). Kemampuan menyusun Laporan Keuangan yang Dimiliki Pelaku UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM. Jurnal Riset Akutansi Dan Bisnis, 52-65.

Kader, Mulyatini, & Setianingsih. (2018). Model Pemasaran Digital Marketing FB_Ads dan Email Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan . Jurnal Ilmu Manajemen, 299-305.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kurniawan, Khafid, Pujiati. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, Dan Kepribadian Terhadap Minar Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal Of Economic Education, 100-109.

Mudjiarto, dkk. (2015). Pembinaan Usaha Menengah, Kecil & Mikro (UMKM) Melalui Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) BUMN. Jurnal Abdimas Vol 1 No 2.

Neti, S. (2011). Social Media and its role in Marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems, 1-15.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal JIBEKA, 46-53.

Prameswari, Suharto, Afatara. (2017). Developing E-Commerce for Micro Small Medium Enterprise (MSME) to Cope with Cultural Transformation of Online Shopping. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol 8, No 2.

Purba, Dian Islami Septiana; dkk. (2018). Mencetak Wirausaha Muda di Wilayah Pedesaan untuk Mengoptimalkan Potensi Desa. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1-17.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 51-58.

Sudarmadji, Dillak, & Kadja. (2018). PPPE Kerajinan Tangan (Handicraft) Berbahan Limbah Perca Kain Tenun Ikat. . JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK, 17-26.

Utomo, T. J. (2011). Persaingan Bisnis Retail: Tradisional VS Modern (The Competition of Retail Business:Traditional VS Modern). Fokus Ekonomi, 122-133.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV Universitas Pendidikan Indonesia, 327-337.

Wibowo, Arifin, & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 59-66.

Published

2020-09-06

Issue

Section

Articles