MENDESAIN ULANG STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA DERIJI CRAFT

Authors

  • Ratih Kusumawardhani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Ignatius Soni Kurniawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Enggar Kartikasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2709

Keywords:

Covid 19, DERIJI Craft, HandyCraft, Digital Marketing, Social Media, Mendong

Abstract

Abstrak: Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada UMKM DERIJI Craft yang berlokasi  di Dusun Plembon Yogyakarta. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membuat program sebagai upaya penyelamatan DERIJI Craft ditengah masa pandemi Covid 19, khususnya terkait dengan “social media marketing strategyâ€. Sehingga, materi yang disampaikan lebih menitikberatkan terhadap edukasi dan praktik pembuatan sosial media DERIJI Craft. Materi pelatihan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh DERIJI Craft. Sehingga saat pelaksanaan kegiatan para peserta aktif dan antusias mengikuti pelatihan hingga akhir sesi. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bertahap, baik secara luring maupun daring. Mekanisme pelaksanaan kegiatan secara luring dilaksanakan dengan penyelenggaraan pelatihan secara langsung yang bertempat di showroom DERIJI craft dengan pemilik DERIJI craft sebagai peserta kegiatan. Sementara, pelaksanaan kegiatan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan WAG. Peserta kegiatan sejumlah 23 peserta yang terdiri dari pemilik DERIJI Craft, organisasi pemuda lokal dan masyarakat setempat. Hasil pelatihan dan penyuluhan adalah dimilikinya pengetahuan tentang pentingnya penggunaan sosial media sebagai strategi pemasaran DERIJI Craft, penggunaan sosial media berupa website, Instagram, dan Facebook DERIJI Craft, serta produk DERIJI Craft telah terdaftar dalam Bukalapak.

Abstract:  Community service is carried out at DERIJI Craft SMEs that is located in Minggir District, Sleman Regency, Yogyakarta Special Province. This service activity aims to save and redesign DERIJI Craft by proposing new marketing strategy time of Covid 19 pandemic, especially the use of social media marketing strategy. Thus, the material delivered is more focused on education and practice of making DERIJI Craft social media. The training material is in accordance with the problems faced by DERIJI Craft. So that during the implementation of the activity the participants were active and enthusiastic in attending the training until the end of the session. The activity is carried out in stages, both offline and online. Participants in the activity consisted of DERIJI Craft owners, local youth organization, and the general public. The result of training and counseling knowledge on how to create and implement social media as a marketing strategy of for DERIJI Craft, such as websites, Instagram, and Facebook DERIJI Craft, and marketplace Bukalapak

Author Biographies

Ratih Kusumawardhani, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Manajemen

Ignatius Soni Kurniawan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Manajemen

Enggar Kartikasari, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

PKK

References

Ali, S., Inggriyani, F., & Fauzy, D. M. (2018). Pemanfaatan website pemasaran bagi pelaku kerajinan usaha anyam Mendong di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal SOLMA, 7(2), 193. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2009

Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153. Retrieved from https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Bappenas. (2020). Rancangan Teknokratik: Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Retrieved from https://www.bappenas.go.id/id/data-dan-informasi-utama/publikasi/rencana-pembangunan-dan-rencana-kerja-pemerintah/

BPS. (2019). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan: Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/2019/03/05/66912048b475b142057f40be/analisis-hasil-se2016-lanjutan-potensi-peningkatan-kinerja-usaha-mikro-kecil.html

Elena, C. A. (2016). Social media-a strategy in developing customer relationship management. Procedia Economics and Finance, 39(November 2015), 785–790. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30266-0

Fiansyah, R. (2020). 10 E-Commerce Terpopuler di Indonesia: Tokopedia Terdepan, Shopee Geser Bukalapak. Retrieved August 28, 2020, from inews.id website: https://www.inews.id/finance/bisnis/10-e- commerce-terpopuler-di-indonesia-tokopedia-terdepan-shopee-geser-bukalapak

Irham, M. (2020). Virus corona: UMKM diterjang pandemi Covid-19 sampai “kembang kempis.†Retrieved August 28, 2020, from Bbc Indonesia website: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51946817

Irrubai, M. L. (2015). Strategi labeling, packaging dan marketing produk hasil industri rumah tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.15408/sd.v3i1.3794

Kannan, P. K., & Li, H. A. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kemp, S. (2020). Special Reports: Digital 2020: 3.8 Billion People Use Social Media. Retrieved from https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social- media%0ASPECIAL

Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Imiah Informatika, 3(I), 15.

Narto, & Basuki, G. (2020). Penguatan strategi pemasaran pudak di tengah pandemi covid-19 untuk meningkatkan keunggulan bersaing usaha mikro kecil menengah kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Sawicki, A. (2016). Digital Marketing. World Scientific News, 48, 82–88.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Sudaryanto, Ragimun, & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas ASEAN. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, 1, 1–32. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/6227

Sutanto, felix A., Supriyanto, A., & Purwatiningtiyas. (2015). Penerapan e-commerce berbasis CMS dan SEO untuk toko online UMKM. Abdimas, 19, 91–100.

Published

2020-09-07

Issue

Section

Articles