PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 MELALUI PERMAINAN KONSERVASI MATEMATIKA

Authors

  • Valeria Suryani Kurnila Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng http://orcid.org/0000-0002-6571-5918
  • Hildegardis Mulu Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Viviana Murni Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Sebastianus Fedi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Eufrasia Jeramat Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Bedilius Gunur Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.2718

Keywords:

Early Childhood, Conservation Ability, Math Conservation Game

Abstract

Abstrak: Kegiatan  pengabdian ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan pada tahun 2019 di Kelompok Basis Gereja Santu Fransiskus Kegiatan ini dikemas dalam bentuk permainan konservasi matematika yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konservasi bilangan bagi anak usia dini yang berusia 4-5 tahun. Kemampuan konservasi adalah salah satu tahap perkembangan anak yang menyatakan sesuatu (suatu objek) tetap konstan meskipun ditempatkan dalam berbagai posisi yang berbeda. Permainan konservasi matematika bagi anak usia 4-5 tahun di prioritaskan pada konservasi bilangan, sebagai salah satu hal  penting saat mereka mengenal bilangan. Kegiatan pengabdian dilakukan saat pandemi COVID 19 sedang melanda seluruh dunia melalui tahapan observasi, perencanaan, tindakan dan evaluasi. Sehingga pelaksanaannya dilakukan dengan kunjungan rumah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan. Berdasarkan hasil kegiatan, kemampuan konservasi bilangan anak usia 4-5 tahun meningkat, yang ditunjukkan oleh semakin meningkatnya jumlah konserver setelah kegiatan tersebut dilaksanakan.

Abstract: This community service activity was a follow-up of the activities that had been conducted in 2019 at Kelompok Basis Gereja Santu Fransiskus. The activity was  carried out in the form of a mathematical conservation game that aimed to improve the ability to conserve numbers for young children aged 4-5 years. The ability of conservation is one of children's development stage which indicates that something (an object) remains constant even though placed in a variety of different positions. The mathematics conservation games for children aged 4-5 years were prioritised on conservation of numbers, as one of the important things when they recognise numbers. The community service activities were done during the COVID 19 pandemic through the stages of observation, planning, action and evaluation, so the activities were conducted with a home visit method and under strict health protocols. This program was conducted for 3 months. Based on the results of the activity, the conservation ability of numbers of children aged 4-5 years increased, which is indicated by the increasing number of concervers after the activity was carried out.

References

Agger, C. (2007). Conservation of Number Task with Small and Large Quantities on Male and Female Preschool Children. Indiana Undergraduate Journal of Cognitive Science, 2, 28–32.

Ahmad, A., Tabassum, R., & Farooq, R. A. (2017). An Investigation of Curriculum Relevancy with the Cognitive Development (Number Conservation Ability ) During Early Childhood Education. Journal of Early Childhood Care and Education, 1, 1–14.

Antini, N. K. A., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 143. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18884

Dewi, M. M., Manuaba, I. B. S., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Di Tk Ikal Widya Kumara Sidakarya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 90. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18762

Fedi, S., & Kurnila, V. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Visual Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 110–120. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551665

Kurnia, R. (2012). Konsepsi Bermain dalam menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Educhild, 01(1), 77–85.

Kurnila, V. S., & Ramda, A. H. (2017). Analisis Kemampuan Konservasi Liquid Dan Substansi Anak Usia 6-8 Tahun Se-Kabupaten Manggarai. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, 5, 22–27. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004

Kurnila, V. S., Ramda, A. H., Mulu, H., Jeramat, E., & Jundu, R. (2019). Permainan Interaktif Berkarakter bagi Anak Kelompok Basis Gereja Santu Fransiskus dalam Mengembangkan Kemampuan Konservasi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 226. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3373

Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Mathematic Skills Mahasiswa pada. 1, 65–73.

Pamed, Y. liska, Kamid, & Asrial. (2013). Proses Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar Bertipe Kecerdasan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika Logical. Edu-Sains, 2(2).

Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMat, 2(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1977

Ramda, A. H., Prahmana, R. C. I., Mulu, H., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Konservasi Panjang Pada Siswa Usia 6-7. Jurnal Gantang, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.480

Sari, E. F., Nugraheni, N., & Trimurtini. (2018). Pengembangan Media Geometry Fun Activity. Penelitian Pendidikan, 35(2), 113–120.

Usman, & Fiana, W. (2020). Implementation Of Playdough Game Can Improve The Cognitive Abilities. Jurnal Smart PAUD, 3(1), 10–17.

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 25–32. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/220

Published

2020-12-14

Issue

Section

Articles