PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS WEB SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA KELOMPOK KELOMPOK PENGRAJIN ASOKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.2955Keywords:
Website Development, Entrepreneurship, MarketingAbstract
Abstrak: Kelompok pengrajin Asoka merupakan kelompok usaha rumahan yang banyak terdapat dilingkungan Tanjung piayu kota Batam, Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok pengrajin asoka yaitu tingkat pejualan penjualan yang rendah, serta lemahnya pada aspek pemasaran produk terutama dalam saluran distribusi penjualan bagi produknya. Kegiatan PKM ini bertujuan Memperluas pangsa pasar kelompok pengrajin Asoka melalui penyediaan media promosi berbasis web, Meningkatkan produktiditas melalui bantuan stimulant peralan, Meningkatkan keahlian dan keterampilan kewirausahaan, Meningkatkan keahlian dan keterampilan melalui pendampingan dalam memasarkan produk hasil kerajinan tangan. Metode kegiatan dalam pkm ini meliputi pelatihan (Pembuatan dan operasional web, bantual stimulus produk, pelatihan kewirausaan, dan pelatihan dan pendampingan manajemen pemasaran). Hasil dari kegiatan PKM kepada kelompok pengrajin Asoka berupa tersedianya media promosi berbasis web sehingga pangsa pasar produk kelompok pengrajin asoka menjadi lebih luas, meningkatnya produktifitas kelompok pengrajin Asoka dari bantuan stimulant peralan yang diberikan serta meningkatnya keahlian dan keterampilan dalam memasarkan produk hasil kerajinan tangan
Â
 Abstract: The Asoka craftsmen group is a home-based business group that is widely found in the Tanjung Piayu of Batam City. The problems faced by the Asoka craftsmen group are low levels of sales, and weakness in the aspect of product marketing, especially in the distribution channels of sales for their products. This PKM activity aims to expand the market share of the Asoka craftsmen group through the provision of web-based promotional media, Increase productivity through the assistance of instructional stimulants, Increase entrepreneurial expertise and skills, Increase expertise and skills through assistance in marketing handicraft products. The method of activities in this pkm includes training (web creation and operation, product stimulus assistance, entrepreneurship training, and marketing management training and assistance). The results of PKM activities for the Asoka craftsmen group were the availability of web-based promotional media so that the market share of the Asoka craftsmen group's products became wider, the increase in the productivity of the Asoka craftsmen group from the assistance provided by the stimulant tools and increased expertise and skills in marketing handicraft products.
References
Angelina, Wahyuningsih, & Herawati. (2019). Peranan analisis biaya kualitas dalam meningkatkan efisiensi biaya produksi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 7(1), 1–8.
Arliman. (2017). Perlindungan hukum umkm dari eksploitasi ekonomi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6, 387–402.
Arsyad, Himawan, & Adam. (2015). Pengembangan Kewirausahaan Umkm : Suatu Tantangan Di Era Ekonomi Digital. In Proceeding Seminar Nasional & Call for Papers. Universitas jenderal soedirman. Retrieved from http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/viewFile/623/pdf_67
BPS. (2019). Batam Dalam Angka. Batam.
Dodo. (2019). Wisatawan Asal Singapura Dominasi Kunjungan Wisman ke Kepri. Batamnews. Retrieved from https://www.batamnews.co.id/berita-46439-wisatawan-asal-singapura-dominasi-kunjungan-wisman-ke-kepri.html
Hadipermana. (2009). Model Kewirausahaan Koperasi Dan Implikasinya Terhadap Program Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).
Maghfirah, O. S., & Fitri, Y. (2019). Analisis Efisiensi Biaya Produksi Dengan Penggunaan Biaya Standar Dalam Meningkatkan Rasio Net Profit Margin ( Studi Empiris Pada Umkm Dendeng Sapi Di Banda Aceh ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 4(2), 334–343.
Maslan, A., Elisa, E., & Raymond. (2019). Pembuatan Media Promosi Berbasis Web , Sistem Administrasi dan Manajemen Pemasaran pada Mitra Kelompok Usaha Bersama ( KUB ) Nelayan di Kelurahan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 491–500. https://doi.org/10.30653/002.201944.230
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.
Ramdani. (2012). Penetapan Harga Jual Produk Dengan Pendekatan Full Costing Dan Variabel Costing Pada Umkm Gunung Jaya Makassar. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3), 337–345.
Ranto. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm Bidang Kuliner Di Yogyakarta. JBMA, III(2), 1–11.
Raymond. (2018). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Pelatihan Perencanaan Pemasaran Bagi Kelompok Usaha Kerajinan Taufan Handrycraft Di Kota Batam. J-Abdipamas, 01(2), 1–6.
Raymond. (2019). Pembinaan Perencanaan Pemasaran Produk Bagi Anggota Pkk Asoka Dikota Batam, 1–5.
Rokhmah, B. E., & Almaidah, S. (2018). PKM Peningkatan Produktivitas Dan Manajemen Pemasaran Pada Usaha Kecil Penghasil Roti Dan Kue Basah Di Kadipiro Banjarsari Surakarta. Senadimas, 210–216.
Rusdianto. (2015). Rp106 miliar bagi PAD di Kota Batam. Kepri.antaranews. Batam. Retrieved from https://kepri.antaranews.com/berita/32177/pariwisata-kota-batam-sumbang-pad-rp127-miliar
Wibowo, Arifin, & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm ( Studi pada Batik Diajeng Solo ). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).