PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK DAN METODE PEMASARAN PADA AGROINDUSTRI KOPI WULAN KABUPATEN BONDOWOSO

Authors

  • Elida Novita University of Jember
  • Luh Putu Suciati University of Jember
  • Nian Riawati University of Jember
  • Idah Andriyani University of Jember
  • Hendra Andiananta Pradana University of Jember

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i5.3027

Keywords:

sale, online, wasterecycle, social media, diversification and product innovation

Abstract

Abstrak: Produk olahan yang diupayakan di Agroindustri Kopi Wulan baru berupa kopi bubuk danu[A1] [A2] kegiatan pemasarannya berjalan kurang efektif. Penjualan produk di agroindustri tersebut masih bersifat konvensional sehingga memiliki keterbatasan waktu dan jangkauan pemasaran. Salah satu alternatif metode promosi dan penyebaran informasi adalah implementasi teknologi informasi serta komunikasi berupa pemanfaatan websitedan media sosial.Tujuandari Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang dilaksanakan di Tanah Wulan, Kecamatan Maesan, Bondowoso yaitu melakukan pendampingan pembuatan inovasi produk dengan memanfaatkan daun kopi sisa pemangkasan dan limbah kulit buah kopi sertapengmebangan metode pemasaran serta penyebaran informasi menggunakan websitedan media sosial pada produk Agroindustri Kopi Wulan.Tahapan pendampingan berupa pembuatan teh dari kulit buah kopi (casacara) dan daun kopi (konoha) serta pengembangan sarana promosi dalam jaringan yaitu inventarisasi kondisi dan kegiatan agroindustri kopi, dokumentasi kegiatan, dan pembuatan konten serta pemeliharaan website. Hasil pendampingan pembuatan tehcascara dan konoha berpotensi meningkatkan antusiasme dan pengetahuan peserta pelatihan dalam pemanfaatan limbah dari pengolahan komoditi kopi Media online yang sudah dibuat dan digunakan sebagai media promosi produk Agroindustri Kopi Wulan yaitu Website, Instagram, Facebook, YouTube, dan e-commerce Shopee. Capaian dari kegiatan perluasan pemasaran ini berupa potensi peningkatan penjualan produk Agroindustri Kopi pada Tahun 2019 diperkirakan sebesar 500% dari tahun 2018.  

Abstract: The sale of products in the Wulan Coffee Agroindustry is still conventional, so it has limited time and marketing reach. The objectives of the PPPUD were to assist in product innovations created by utilizing waste and developing marketing methods using online media (websites and social media) on Wulan Coffee Agroindustry products in Maesan District, Bondowoso Regency. Several stages of assisting the coffee pulp tea (cascara) and leaves coffee tea (konoha) production and development of promotional tools in the network, i.e. an inventory of the conditions and activities of the coffee agroindustry, taking documentation of activities, and creating content and maintaining the website. The results of assistance in cascara and konoha tea production showed the potential to increase the enthusiasm and skill of participantsin waste management fromcoffee processing. The online media that has been created and used as a promotional media for Wulan Coffee Agroindustry products, i.e. the Website, Instagram, Facebook, YouTube, and Shopee e-commerce. The achievement of this activity is the potential to increase the sales of Wulan Coffee Agroindustry products in 2019, an estimated 500% from 2018.

Author Biographies

Elida Novita, University of Jember

Jurusan Teknik Pertanian

Luh Putu Suciati, University of Jember

Jurusan Agribisis

Nian Riawati, University of Jember

Administrasi Bisnin

Idah Andriyani, University of Jember

Jurusan Teknik Pertanian

Hendra Andiananta Pradana, University of Jember

Jurusan Teknik Pertanian

References

Dewi, S. K., & Garside, A. K. (2014). Perancangan Website sebagai Media Promosi dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 170–181. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol15.No2.170-181

Fattarani, A. A., Iskandar, E., & Fajri, F. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Kopi Arabika (Studi Kasus: Usaha Kampung Kupi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(4), 323–333. https://doi.org/http://doi.org/10.17969/jimfp.v2i4.5405

Imaniawan, F. F. D., & Nur, H. M. (2019). Perancangan dan Pembuatan Website Penjualan Biji Kopi Pada Society Coffee House Purwokerto. EVOLUSI - Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(1), 61–67. https://doi.org/http://doi.org/10.31294/evolusi.v7i1.5030

Muzaifa, M., Hasni, D., Arpi, N., Sulaiman, M. I., & Limbong, M. S. (2019). Kajian Pengaruh Perlakuan Pulp dan Lama Penyeduhan Terhadap Mutu Kimia Teh Cascara. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 23(2), 136–142. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jtpa.23.2.%25p.2019

Nafisah, D., & Widyaningsih, T. D. (2018). Kajian Metode Pengeringan dan Rasio penyeduhan pada Proses Pembuatan Teh Cascara Kopi Arabika (Coffee arabika L.). Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 6(3), 37–47. https://doi.org/http://doi.org/10.21776/ub.jpa.2018.006.03.5

Novita, R., Kasim, A., Anggraini, T., & Putra, D. P. (2018). Survei Proses Pembuatan Minuman Khwa Daun di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 22(1), 32–36. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jtpa.22.1.32-36.2018

Permatasari, P. C., Basith, A., & Mulyati, H. (2018). Model Bisnis Inklusif Rantai Nilai Kopi Arabika di Bondowoso Jawa Timur. Jurnal Manajemen Teknologi, 17(2), 111–125. https://doi.org/http://doi.org/10.12695/jmt.2018.17.2.3

Rezki, M. A., & Hapsari, D. R. (2019). Efektivitas Strategi Promosi Produk Kopi Lokal di Rumah Kopi Ranin. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 38–54. https://doi.org/http://doi.org/10.29244/jurnalkmp.17.1.38-54

Ridhania, F. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Gaya Keputusan Konsumen Pada Produk Starbucks. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 93. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/jppp.011.13

Santos, F. F., De Queiroz, R. D. C. S., & De Almeida Neto, J. A. (2018). Evaluation of the application of Cleaner Production techniques in a dairy industry in Southern Bahia. Gestao e Producao, 25(1), 117–131. https://doi.org/10.1590/0104-530X2234-16

Srihidayati, G., Baharuddin, M. R., & Masni, E. D. (2018). Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Peningkatan Nilai Guna Rumput Alut Gracilaria sp. di Kecamatan Wara Timur Kota Palopo. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 154. https://doi.org/http://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1335

Sudjana. (2018). Implikasi Perlindungan Indikasi Geografis Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 terhadap Pengembangan Ekonomi Lokal. Veritaset Justitia, 4(1), 30-58. https://doi.org/10.25123/vej.2915

Yessiningrum, W. R. (2015). Perlindungan Hukum Indikasi geografis sebagai Bagian dari Hak Kekayaan Intelektual. Kajian Hukum dan Keadilan, 3(7), 42-53. http://dx.doi.org/10.12345/ius.v3i7.198

Zainura, U., Kusnadi, N., & Burhanuddin. (2016). Perilaku Kewirausahaan Petani Kopi Arabika Gayo di Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Jurnal Penyuluhan, 12(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i2.11606

Zakaria, A., Aditiawati, P., & Rosmiati, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Tani Kopi Arabika (Kasus pada Petani Kopi di Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat). Jurnal Sosioteknologi, 16(3), 325–338. https://doi.org/http://doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2017.16.3.7

Published

2020-11-17

Issue

Section

Articles