MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN 4.0 MELALUI PELATIHAN APLIKASI GEOGEBRA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3102Keywords:
geogebra application, learning mediaAbstract
Abstrak: Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para guru matematika tentang media pembelajaran matematika di Era Pembelajaran 4.0, dan untuk memotivasi para guru dalam membelajarakan matematika dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Mitra yang terlibat pada pelatihan ini adalah guru-guru matematika pada sekolah menengah di Kota Jayapura. Metode pelaksanan pelatihan yang digunakan adalah penyuluhan, diskusi, dan workshop yang dilakukan secara daring. Hasil pelaksanakan pelatihan adalah teratasinya masalah mitra yaitu para guru terlatih mengintegrasikan Aplikasi GeoGebra sebagai media dalam pembelajaran matematika.
Abstract: This training aims to increase the knowledge of mathematics teachers about mathematics learning media in the Learning Era 4.0, and to motivate teachers to teach mathematics by utilizing technological developments. The partners involved in this training are mathematics teachers at high schools in Jayapura City. The training implementation method used is counseling, discussions, and workshops which are conducted online. The result of the training is the solution to partner problems, namely trained teachers to integrate the GeoGebra application as a medium in mathematics learning.References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran Edisi Revisi. PT Raja Grafindo Persada.
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan: Potensi, Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi, dan Pengembangan Profesional. Pendidikan Teknologi Kejuruan, 21(3), 269–284.
Fitzpatrick, J. (2017). Planning Guide for Creating New Models for Student Success Online and Blended Learning. Michiganvirtual.Org. https://michiganvirtual.org/wpcontent/uploads/2017/03/PlanningGuide-2012.pdf.
Hohenwarter, M. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. http://www.publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf.
Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras, 13(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/23595.
Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisa dan Interpretasi Data Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3(2). https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1196.
Isman, N. (2016). Pemanfaatan Program GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1). https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/236/0
Kania, N. (2018). Software Geogebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis pada Materi Graf. Journal Theorems, 3(1). http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/893
Lihu, I., Marufi, M., & Ilyas, M. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills Siwa Kelas VIII SMPN 6 Palopo. Proximan, 2(2). https://e-journal.my.id/proximal/article/view/222
Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program geogebra. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali M.pdf.
Mimbadri, Y., Suharto, & Oktavianingtyas, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah. Majamath, 2(2). http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/410
Permatasari, P., Dafik, & Arif, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Schoology Berbantuan Software Geogebra Materi Transformasi Geometri Kelas XI. Jurnal KADIKMA: Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5469
Santos, J., & Trocado, A. (2016). GeoGebra as a Learning Mathematical Environment. Revista Do Instituto GeoGebra de São Paulo, 5(1). https://revistas.pucsp.br/IGISP/article/view/26795
Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software GeoGebraSebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(3). https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/6421
Sriasih, S. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Tren Pendidikan Masa Kini dan Masa Datang. Explore, 7(1). https://ojs.stmikmataram.ac.id/index.php/explore/article/view/96
Sudihartini, E., & Wahyudin. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan GeoGebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 17(1). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/944
Sundayana, H. R. (2016). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Susanah, Wijayanti, P., Setianingsih, R., & Fiangga, S. (2018). Pelatihan Penggunaan Aplikasi GeoGebra pada Pembelajaran Materi Transformasi di SMPN 2 Gondang Tulungagung. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/view/2376
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).